fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

5 Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang dan Bisa Muncul Kembali

Wiliam

Apakah Bizzie salah satu pengguna perangkat laptop? Jika iya, pastinya kerap mengalami berbagai masalah, salah satunya kursor laptop yang hilang secara tiba-tiba. Masalah ini tentu membuat repot, apalagi kalau Bizzie pengguna laptop aktif dan memerlukan kursor untuk mengakses semua fitur yang tersedia. Tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara mengatasi kursor laptop hilang efektif yang bisa Bizzie lakukan.

Kursor laptop yang menghilang tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adanya masalah pada software atau hardware perangkat laptop tersebut. Selain itu, kursor laptop yang hilang tiba-tiba bisa saja terjadi di bermacam versi Windows. Oleh sebab itu, Bizzie harus segera menemukan cara mengembalikan kursor yang hilang sesegera mungkin dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang dengan Mudah?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak cara mengatasi kursor laptop hilang efektif dan bisa Bizzie terapkan dengan mudah. Sebagai informasi, masalah seperti ini kerap dialami oleh laptop yang ngehang karena sistem tengah bermasalah, driver mouse dalam keadaan tidak baik, touchpad laptop tidak berfungsi, sampai mouse yang tidak mendapat respon dari sistem laptop.

Walaupun banyak pemicunya, bukan berarti kursor laptop yang hilang tidak bisa dibenarkan dengan mudah. Pasalnya Bizzie bisa melakukan cara apapun untuk memperbaiki kursor laptop yang menghilang tanpa harus buru-buru membawanya ke jasa service. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi kursor laptop yang hilang dengan efektif dan mudah? Berikut ada rekomendasi selengkapnya untuk Bizzie.

1. Merestart Laptop

Pertama dalam cara mengatasi kursor laptop hilang yang efektif adalah dengan merestart laptop tersebut. Sebab bisa saja kursor yang tidak mampu terdeteksi saat sistem di laptop Bizzie tak merespon. Cara mudah agar bisa menyegarkan sistem laptop adalah dengan merestartnya. Karena kursor Bizzie sedang tak berfungsi, maka harus memakai keyboard. Bizzie bisa menerapkan cara merestartnya di bawah ini.

  • Bizzie bisa langsung restart dengan tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan
  • Selain itu, Bizzie juga bisa tekan tombol Power di keyboard hingga laptop dalam kondisi mati

2. Memeriksa Kondisi Mouse Laptop

Berikutnya dalam cara mengatasi kursor laptop hilang adalah dengan memeriksa kondisi mouse. Sebagai informasi, mouse saat ini kebanyakan telah dilengkapi dengan bluetooth yang membuat Bizzie tak perlu repot memakai colokan USB. Namun saat terjadi kursor hilang, kemungkinan Bizzie akan mengalami fungsi bluetooth pada mouse bermasalah dan membuatnya tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sedangkan para kursor yang tak berfungsi saat memakai mouse model USB, kemungkinan terdapat koneksi yang kondisinya terputus pada soket atau kabel. Untuk mengatasi masalah tersebut, Bizzie bisa mengganti mouse lama dengan mouse baru. Sesudah itu, Bizzie bisa melakukan pengecekan ulang pada kursor di laptop apakah sudah kembali seperti sedia kala atau tidak.

3. Membuka Kunci Pada Touchpad

Opsi berikutnya dalam cara mengatasi kursor laptop hilang yaitu dengan membuka kunci yang terdapat di touchpad. Sebagai informasi, untuk model laptop keluaran terbaru biasanya telah dilengkapi dengan tombol pengunci touchpad. Adapun letak tombol tersebut berada di sisi touchpad atau tombol keyboard yang memiliki logo touchpad di dalamnya. Untuk membuka kunci touchpad, Bizzie hanya perlu mencari letak tombol itu.

Selain itu, Bizzie juga bisa memakai tombol keyboard agar bisa mengaktifkan touchpad dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama silahkan cek tombol F1 sampai F12 untuk menemukan logo touchpad
  • Setelah itu, klik tombol touchpad + FN
  • Kemudian periksa lagi kursor yang ada di laptop sudah bekerja atau tidak.

4. Instal Ulang Driver Melalui Device Manager

Cara mengatasi kursor laptop hilang yang bisa Bizzie lakukan lainnya adalah dengan menginstal ulang driver lewat device manager. Harap diingat, jika Bizzie pernah melakukan instalasi driver baik itu mouse atau touchpad, bisa saja driver itu mengalami masalah. Oleh sebab itu, Bizzie bisa memunculkan lagi kursor yang hilang dengan Device Manager lewat cara-cara di bawah ini.

  • Pertama-tama tekan bersamaan tombol Windows  + R agar dapat membuka menu Run
  • Setelah itu, tuliskan devmgmt.msc dan tekan Enter
  • Kemudian klik tombol Tab
  • Lanjutkan dengan menggunakan tombol panah agar bisa membuka opsi Mice and Other Pointing Devices
  • Sesudah itu, klik Enter di driver muse
  • Lalu buka tab driver dan klik menu Update Driver

5. Membawa ke Service Center

Apabila semua cara mengatasi kursor laptop hilang di atas sudah Bizzie lakukan dan tidak membuahkan hasil, maka solusi terakhir yang bisa dicoba adalah dengan meminta bantuan kepada service center resmi sesuai brand laptop yang bermasalah tersebut. Apalagi jika semua caranya sudah Bizzie lakukan dan justru tidak berefek apapun, jangan memaksakan karena bisa menambah masalah pada laptop.

Sebab mungkin saja sistem laptop yang berkaitan dengan fungsi mouse atau kursor tengah mengalami kerusakan. Adapun hal ini menjadi bagian khusus untuk para profesional yang ada di service center untuk para pengguna. Selama masih garansi, besar kemungkinan Bizzie tak akan dikenakan biaya perbaikan.

Itulah beberapa cara mengatasi kursor laptop hilang yang paling efektif dan bisa dengan mudah Bizzie terapkan sekarang juga. Dengan cara-cara tersebut, Bizzie sudah tak perlu khawatir jika tiba-tiba mendapati kursor laptop dalam kondisi hilang.

Baca Juga