fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

5 Cara Membuat Undangan Digital serta Contoh Konsepnya

Yanti puspita

Teknologi yang canggih memungkinkan kamu membuat undangan digital dengan mudah sehingga tidak perlu pergi ke printer. Faktanya, kamu bisa melakukannya di rumah karena ada banyak platform, mulai dari website hingga aplikasi di hp yang bisa kamu gunakan.

Lalu bagaimana cara membuat undangan digital? Dan apa saja contohnya? Tidak perlu khawatir, karena kamu akan menemukan semua jawabannya di sini. Jadi baca artikelnya sampai akhir!

5 Cara Membuat Undangan Digital

Kamu dapat membuat undangan digital menggunakan beberapa situs website hingga aplikasi di hp. Beberapa website tersebut ada yang tersedia secara gratis, namun ada juga yang memerlukan biaya tertentu untuk mengaksesnya.

Terlepas dari hal itu, berikut ini beberapa cara membuat undangan digital yang bisa kamu ketahui. Yaitu:

1. Menentukan Konsep Undangan Digital

Cara pertama yang perlu kamu lakukan saat membuat undangan digital adalah menentukan konsep undangan. Konsep undangan ini bisa tercipta dengan mengetahui terlebih dahulu jenis acara yang akan di selenggarakan.

Misalnya untuk pernikahan, ulang tahun, atau acara kantor. Setelah mengetahui acaranya, kamu bisa menentukan detail konsep undangan lainnya seperti gambar, warna bahkan font.

2. Tentukan Penerima Undangan

Setelah menentukan konsep undangan, kamu dapat menentukan penerima undangan. Karena di era digital ini, terdapat berbagai aplikasi dan website yang dapat di akses dan di bagikan. Melalui hp, komputer, dan laptop.

3. Tentukan Rencana Desain Undangan Digital

kamu bisa memulai membuat undangan dengan membuat desain undangan digital yang sesuai dengan seleramu. Jika bingung bagaimana membuat sketsa sebuah desain, jangan khawatir.

Karena ada beberapa aplikasi dan website yang sudah memiliki template. Sehingga kamu hanya perlu mengubah warna, gambar, dan teks saja.

4. Usahakan Untuk Mengisinya dengan Informasi Lengkap

Dalam undangan, pastikan untuk mengisi informasi lengkap. Tujuannya agar para tamu undangan mengetahui waktu, tempat dan siapa yang mengundangnya. Karena ini adalah informasi penting, pastikan tidak ada kesalahan dalam konten untuk menghindari kebingungan.

5. Periksa Kembali

Setelah membuat undangan digital, kamu dapat melakukan pengecekan terakhir untuk memastikan tidak ada kesalahan yang dapat merugikan tamu dan undangan.

Setelah memastikannya, kamu bisa menyimpan undangan tersebut. Dan segera membagikannya kepada orang-orang yang ingin di undang ke acara tersebut.

Contoh Konsep Undangan Digital

Mendefinisikan konsep undangan digital bukanlah tugas yang mudah bagi sebagian orang. Ada beberapa pertimbangan harus didiskusikan secara matang sebelum memilih konsep yang akan di gunakan. Sebagai bahan referensi, berikut beberapa contoh konsep undangan digital yang bisa di jadikan referensi, yaitu:

1. Minimalis

Konsep undangan digital yang paling umum adalah minimalis. Konsep ini biasanya hanya terdiri dari dua hingga tiga warna saja, misalnya hitam, putih, krem, atau abu-abu. Ikon tidak di gunakan secara berlebihan, bahkan informasi di simpan sangat singkat namun informatif.

2. Elegan

Undangan yang menggunakan konsep elegan biasanya hanya memadukan warna emas, coklat, dan putih. Konsep elegan ini juga di tunjukkan pada font tulisan dan ikon yang di gunakan. Biasanya konsep ini di gunakan untuk undangan pernikahan.

3. Sederhana

Konsep undangan ini sekilas terlihat minimalis karena hanya memadukan beberapa warna saja. Bedanya, konsep undangan sederhana hanya menggunakan sedikit simbol dan menggunakan font yang tidak kuat dan berani. Konsep undangan ini sering di gunakan untuk undangan pernikahan.

4. Modern Islami

Contoh lain dari konsep undangan digital adalah modern islami. Konsep ini sangat populer pada kalangan masyarakat Indonesia karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut agama Islam. Konsep ini memuat unsur keislaman, mulai dari simbol, warna, hingga font yang di gunakan. Konsep modern islami ini banyak di gunakan untuk undangan pernikahan.

5. Fairytale

Berikutnya, konsep undangan digital berbentuk fairytale. Konsep fantastis ini menggunakan font, warna pastel, dan ikon. Contoh konsep digital ini biasa di gunakan untuk undangan ulang tahun anak.

6. Colorful

Konsep tantangan digital berikutnya adalah colorful. Sesuai dengan namanya, undangan colorful menggunakan warna dan simbol yang cerah. Biasanya undangan berkonsep ini sering digunakan untuk undangan ulang tahun anak.

7. Floral

Floral merupakan salah satu contoh konsep undangan digital yang di dominasi simbol bunga. Warna juga digunakan mengacu pada tema bunga seperti pastel, merah muda, coklat dan hijau. Konsep floral ini sering di gunakan karena mampu memberikan kesan elegan sekaligus minimalis.

8. Scrapbook

Contoh terakhir dari konsep undangan digital adalah scrapbook. Undangan ini menggunakan simbol-simbol yang berhubungan dengan scrapbooking, seperti kertas dan pita. Font yang di gunakan seringkali berhubungan dengan buku, salah satunya Moontime.

Website serta Aplikasi untuk Membuat Undangan Digital

Ada banyak website serta aplikasi yang dapat di gunakan untuk membuat undangan. Banyaknya website dan aplikasi ini di sebabkan oleh kemajuan era digital yang semakin canggih, sehingga bisa membuat undangan menggunakan laptop dan hp. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa website dan aplikasi untuk menerima undangan digital, yaitu:

1. Canva

Canva merupakan salah satu alat desain grafis yang dapat mempertemukan penggunanya untuk merancang berbagai desain undangan yang kreatif. Saat di gunakan, Canva mudah di akses melalui desktop dan perangkat seluler.

Canva tidak hanya dapat di gunakan untuk membuat undangan. Tetapi juga untuk membuat berbagai jenis desain seperti infografis, poster, desain kemasan produk, bahkan sketsa.

2. Mivitation

Selain itu, ada juga platform lain yang bisa di gunakan untuk membuat undangan digital yaitu Mivitation. Website ini memiliki beberapa keunggulan, mulai dari kemudahan mendesain undangan, template yang banyak, hingga fitur dapat di kirim langsung ke orang yang di inginkan.

3. Invitation Card Maker (Greeting Island)

Platform lain yang dapat digunakan untuk membuat undangan di gital adalah invitation card maker (Greeting Island). Seperti halnya Canva, invitation card maker (Greeting Island) ini dapat di gunakan untuk membantu membuat undangan digital menggunakan komputer atau hp.

Kelebihan menggunakan Greeting Island adalah templatenya tersedia secara gratis. Website ini bahkan menawarkan berbagai macam stiker yang bisa di gunakan untuk mempercantik desainmu.

Kesimpulan

Saat membuat undangan digital, kamu memang harus memiliki konsep dan desain yang di inginkan. Tujuannya agar undangan tersebut dapat memikat hati para tamu undangan. Tak hanya itu, cara membuat undangan digital yang patut kamu perhatikan adalah informasi yang terkandung di dalamnya.

Pastikan untuk menyertakan informasi akurat tentang waktu, tempat, dan nama orang yang di undang. Dengan demikian, para tamu undangan dapat memperoleh informasi dan tidak terjadi kebingungan. Untuk memaksimalkan kemampuanmu membuat undangan digital.

Kami juga menyertakan beberapa website serta aplikasi yang di rekomendasikan untuk membuat undangan digital. Biasanya aplikasi dan website tersebut menawarkan beragam template yang bisa di gunakan, sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam mendesain undangan yang kamu inginkan.

Sekian penjelasan dari kami mengenai cara membuat undangan digital serta contoh konsepnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga