fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

4 Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive Secara Cepat dan Mudah

Wiliam

Cara memulihkan cadangan WA di Google Drive untuk sekarang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Seperti yang diketahui, bahwa Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting banyak digunakan oleh kalangan masyarakat Di dalam aplikasi Whatsapp juga mempunyai banyak fitur dan salah satunya, yaitu mencadangkan data menggunakan Google Drive

Menurut halaman resmi dari aplikasi Whatsapp, proses mencadangkan ini berfungsi untuk mengantisipasi hilangnya atau terhapusnya data secara tidak sengaja. Dengan melakukan cadangan Whatsapp di Google Drive, maka semua pesan yang sebelumnya hilang bisa dikembalikan lagi.

Sebab itu, sebaiknya untuk para pengguna aplikasi Whatsapp bisa melakukan backup di Google Drive terlebih dahulu. Inilah dia penjelasan mengenai cara memulihkan cadangan WA di Google Drive.

Cara Mencadangkan Chat Whatsapp di Google Drive

Sebelum membahas mengenai cara memulihkan cadangan WA di Google Drive, maka dimulai dari cara mencadangkan terlebih dahulu. Meski banyak yang sudah menggunakan aplikasi Whatsapp, akan tetapi untuk menggunakan fitur cadangkan ini belum banyak diketahui. Sebagai berikut cara mencadangkan chat Whatsapp di Google Drive yang harus bizzie lakukan :

●   Membuka aplikasi Whatsapp yang ada di perangkat terlebih dahulu.

●   Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp.

●   Klik menu “setelan” dan pilih “chat”.

●   Pilih opsi “cadangan chat” dan klik di tulisan “cadangkan ke Google Drive”.

●   Tentukan akun Google yang akan digunakan untuk melakukan pencadangan obrolan Whatsapp.

●       Selesai.

Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive

Setelah mengetahui cara untuk mencadangkan chat Whatsapp ke Google Drive, bizzie juga harus paham dengan cara memulihkan cadangan WA di Google Drive. Untuk proses memulihkan cadangan ini bisa dilakukan menggunakan HP maupun komputer. Sebagai berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive Menggunakan HP

Bagi para pengguna HP, khususnya Android bisa melakukan pemulihan chat WA di Google Drive secara mudah dan cepat. Pastikan juga, untuk bizzie sudah melakukan cadangan WA dan mengunduh aplikasi Google Drive terlebih dahulu. Sebagai berikut cara memulihkan cadangan WA di Google Drive menggunakan HP :

●   Membuka aplikasi Google Drive di perangkat yang bizzie gunakan terlebih dahulu.

●   Klik ikon titik tiga di aplikasi Whatsapp yang berada di bagian pojok kiri atas.

●   Pilih menu “cadangan”.

●       Setelah itu, akan muncul file cadangan WA yang sudah di backup sebelumnya.

2. Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive Menggunakan Komputer

Tidak hanya sekedar menggunakan HP saja. Untuk cara memulihkan cadangan WA di Google Drive juga bisa dilakukan dengan komputer. Bizzie hanya cukup membuka situs Google Drive dari mesin pencarian. Selanjutnya, bizzie bisa ikuti beberapa langkah sebagai berikut:

●   Membuka mesin pencarian di perangkat yang bizzie gunakan dan langsung mengunjungi situs https://drive.google.com.

●   Lakukan login menggunakan akun Google yang sudah bizzie miliki.

●   Klik pada ikon titik tiga atau bunga yang mempunyai posisi di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp.

●   Klik menu “setelan” dan pilih “kelola aplikasi”.

●   Gulir layar sampai dengan ke bawah dan menemukan “whatsapp messenger” di daftar yang sudah muncul.

●   Setelah Whatsapp Messenger muncul, bizzie bisa menunggu sampai dengan muncul keterangan “data aplikasi tersembunyi”.

●   Langkah yang paling akhir adalah bizzie bisa menekan tombol “opsi” di bagian kanan untuk melihat cadangan chat WA.

●       Selesai, bizzie sudah berhasil membuka cadangan WA di Google Drive menggunakan laptop maupun HP.

3. Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive Loka

Apabila bizzie menggunakan cadangan lokal, maka perlu melakukan transfer file ke telepon menggunakan komputer maupun kartu SD. Untuk cara memulihkan cadangan WA lokal di Google Drive adalah :

●   Bizzie bisa memulai dengan cara mengunduh aplikasi manajer file di perangkat yang digunakan terlebih dahulu.

●   Aplikasi manajer file, buka penyimpanan lokal maupun kartu SD – Whatsapp – Database. Ketika data tidak tersimpan di kartu SD, bizzie mungkin bisa menemukan di “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”. Selain file cadangan terbaru ke folder database di penyimpanan lokal baru perangkat.

●   Selanjutnya, pasang dan buka aplikasi WA. Lakukan verifikasi nomor telepon.

●       Terakhir, bizzie bisa memilih menu “pulihkan” ketika diminta untuk melakukan pemulihan chat dan media dari cadangan lokal tersebut.

Ada juga beberapa cadangan penting yang harus diperhatikan di saat menggunakan cara memulihkan cadangan WA di Google Drive lokal, yaitu:

●   Perangkat telepon yang bizzie gunakan akan menyimpan file cadangan lokal dan dibuat di dalam tujuh hari terakhir.

●   Cadangan lokal akan dibuat secara otomatis setiap hari pukul 02.00 dan disimpan sebagai file di telepon yang bizzie gunakan.

●       Ketika tidak tersimpan di folder, bizzie mungkin bisa menemukan di folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

4. Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive yang Lebih Lama

Ketika ingin melakukan cadangan lokal, akan tetapi bukan terbaru. Bizzie bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

●   Download terlebih dahulu aplikasi manajer file di perangkat bizzie gunakan.

●   Di dalam aplikasi manajer file, bizzie bisa langsung membuka penyimpanan lokal atau kartu SD – Whatsapp – Database. Ketika tidak disimpan di dalam kartu SD, bizzie mungkin bisa menemukan di “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

●   Ubah nama file cadangan tersebut sesuai dengan keinginan. Contohnya, msgstore yyyy-mm-dd ke msgstore.db.crypt12. Ada kemungkinan, untuk cadangan yang lebih lama menggunakan protokol lebih lama, seperti crypt19 atau crypt10. Jangan melakukan perubahan di dalam nomor ekstensi crypt.

●   Copot dan pasang ulang aplikasi Whatsapp.

●       Pilih menu “pulihkan” ketika diminta.

Nah, itulah dia 4 cara memulihkan cadangan WA di Google Drive. Pilih saja salah satu yang menurut bizzie paling mudah digunakan dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga