fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

3 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Control Panel yang Membandel

Wiliam

Aplikasi atau program di control panel yang tidak bisa dihapus tentu sangat menjengkelkan. Hal ini kerap terjadi pada Windows 10, 8, 8.1 dan 7. Alasan atau penyebabnya tentu bisa bermacam-macam, mungkin program tersebut merupakan program bawaan yang memang tidak boleh dihapus,. Program yang corrupt, terkena virus atau malware, aplikasi yang masih berjalan di background, ataupun bisa karena bugs pada sistem operasi.

Umumnya, alasan utamanya adalah karena program masih berjalan di background atau latar belakang, sehingga sistem menolak tindakan menghapus program di control panel. Nah, melalui artikel ini, bizzie dapat menyelesaikan masalah dengan melakukan cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel membandel menggunakan 3 metode.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Control Panel

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel, pastikan bizy memahami penyebab yang membuat aplikasi atau program tidak bisa di dihapus. Simak beberapa penyebab aplikasi tidak bisa dihapus sebelum memulai cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel.

  1. Program masih berjalan di background dalam kondisi terbuka, karena jika program masih berjalan di latar belakang, maka dipastikan program tersebut tidak dapat dihapus dan harus ditutup terlebih dahulu. Dan untuk memastikan berjalan atau tidaknya program tersebut di control panel, bizzie bisa lihat pada Task Manager.
  2. Bizzie melakukan proses instalasi program lain, karena jika bizzie sedang dalam proses instalasi program, maka bizzie tidak diizinkan untuk menghapus program lain sampai proses instalasi selesai.
  3. Program terjadi corrupt. Nah, jika program mengalami kerusakan atau terjadi corrupt, mungkin ada masalah pada script-nya.
  4. Program di control panel terkena virus. Virus atau malware menjadikan cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel tidak bisa dihapus atau bisa juga program tersebut adalah virus. Solusinya, bizzie dapat melakukan scan terlebih dahulu menggunakan Windows Defender.
  5. Bugs pada sistem operasi di control panel. Bugs pada sistem juga bisa menjadi penyebab sebuah program tidak bisa dihapus. Sebaiknya bizzie muat ulang PC atau laptop bizzie untuk memperbaiki masalah pada service sistem dan cobalah untuk menghapus kembali program yang ingin bizzie hapus.
  6. Selain itu, masalah update sistem yang belum selesai atau belum dimuat ulang juga membuat aplikasi di control panel tidak bisa dihapus. Ini berkaitan dengan services sistem yang berjalan dengan tidak stabil sebelum bizzie memuat ulang perangkat.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Control Panel

Selain beberapa alasan di atas, ada banyak penyebab lain yang membuat program di control panel tidak bisa dihapus. Setiap pengguna pasti akan menerima pesan error yang berbeda-beda, sehingga penyebabnya pun juga beragam. Untuk itu, beberapa cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel di bawah ini yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah bizzie.

1. Melakukan Restart Komputer atau Laptop

Ketika pengguna ingin menghapus program office di Windows, program tidak bisa dihapus dan bertuliskan bahwa program tersebut sedang terinstall dan harus menunggu sampai selesai. Padahal kenyataannya,. Mereka tidak menginstall program office. Munculnya pesan installing terjadi karena pengguna telah melakukan memperbarui OS Windows dan membuka program office hingga akhirnya program tersebut error.

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel bisa office melakukan restart Windows terlebih dahulu. Setelah itu, jangan membuka program apapun, bizzie langsung masuk pada fitur Add or Remove programs untuk menghapus program. Maka, program office yang ingin bizzie hapus berhasil dilakukan. Jika bizzie memiliki masalah yang sama, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel mungkin bisa berhasil untuk bizzie.

2. Gunakan Task Manager

Selanjutnya, coba bizzie cek program yang sedang berjalan di latar belakang melalui Task Manager. Ini penting untuk bizzie lakukan karena jika ada program yang ingin bizzie hapus, pastikan program tersebut tidak sedang berjalan di background atau bizzie buka. Apabila program masih dalam keadaan terbuka atau running, maka dipastikan program tersebut tidak akan bisa bizzie hapus. Lebih jelasnya, silahkan simak cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel dengan Task Manager berikut ini:

  • Pertama, bizzie klik kanan pada Taskbar » pilih Task Manager.
  • Atau, bizzie juga dapat mengetikkan Task Manager pada Start menu Windows.
  • Setelah itu, pastikan program yang ingin bizzie hapus tidak sedang berjalan di background.
  • Lalu, bizzie pilih program » klik End Task guna menghentikan program.
  • Jika sudah, bizzie masuk lagi ke fitur Add or Remove programs.
  • Coba hapus lagi program yang bizzie ingin hapus. Semoga nantinya cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel ini bisa terhapus.
  • Selesai.

3. Uninstall lewat Regedit

cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel yang terakhir bizzie gunakan Regedit. Regedit adalah Windows Registry yang ada pada sistem operasi Windows yang berisikan informasi yang berkaitan dengan sistem, konfigurasi, software atau program, ekstensi, serta preferensi pengguna.

Melalui fitur ini, bizzie juga dapat menghapus program secara langsung melalui HKEY_LOCAL_MACHINE. Berikut adalah cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel selengkapnya:

  • Pertama bizzie buka Run dengan Windows + R.
  • Lalu ketik Regedit dan klik OK.
  • Selanjutnya masuk pada Registry Editor pada folder Uninstall di atas.
  • Gulir ke bawah dan pilih program yang ingin dihapus.
  • Kemudian bizzie tekan tombol Delete untuk menghapus atau uninstall program.
  • Berikutnya, akan muncul konfirmasi penghapusan, klik Yes.
  • Restart Windows dan pastikan program di control panel sudah terhapus.
  • Selesai.

Program yang sulit dihapus di control panel umumnya karena proses yang masih berjalan di background, corrupt, atau karena virus. Semoga cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di control panel bisa bekerja.

Baca Juga