fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

3+ Cara Mengatasi Laptop Loading Lama, Dijamin Work 100%

Wiliam

Menggunakan laptop untuk berbagai keperluan banyak dilakukan oleh masyarakat di zaman sekarang. Kendati demikian, tidak sedikit pengguna laptop yang mengeluh jika terjadi kendala, seperti loading yang lama. Tentu saja, laptop yang loadingnya terlalu lama akan mengganggu kinerja para pengguna. Bagi Bizzie yang tengah mengalami masalah seperti ini, wajib mencari tahu cara mengatasi laptop loading lama yang paling efektif.

Bukan tanpa alasan, laptop yang loadingnya terlalu lama selain bisa mengganggu pekerjaan, namun berakibat terhadap performa laptop itu sendiri. Sebab bukan tak mungkin laptop tersebut akan bekerja lebih keras memproses semua datanya dan terkesan memaksakan mesin. Untuk itu, Bizzie perlu mencari cara yang paling tepat untuk mengatasi laptop dengan masalah loading lama tanpa harus berakibat fatal terhadap perangkat itu sendiri.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Loading Lama yang Efektif?

Sebagai informasi, ada sejumlah penyebab yang membuat laptop menjadi lemot. Penyebabnya mulai dari RAM yang tak lagi cukup, kapasitas penyimpanan laptop mulai penuh, dan masih banyak lagi. Namun Bizzie tak perlu khawatir berlebihan, sebab ada beberapa cara mengatasi laptop loading lama efektif dan memudahkan Bizzie memperbaiki masalah loading lama pada laptop tanpa harus membawanya ke jasa service.

Perlu Bizzie ketahui, cara untuk mengatasi laptop yang loading lama di rumah pun dapat dilakukan oleh pengguna baru sekalipun. Dengan begitu, masalah loading lama pada laptop bisa selesai sesegera mungkin dan Bizzie tak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Untuk pembahasan tutorial mengatasi laptop yang loading lama bisa Bizzie simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan Antivirus

Mungkin saja, laptop yang loadingnya lama disebabkan karena ada virus menyerang di dalamnya. Supaya laptop Bizzie tidak lemot lantaran serangan virus, maka bisa memasang antivirus terbaik yang mampu menghilangkan semua jenis virus. Selain itu, Bizzie juga perlu rutin mengeceknya. Hal ini bertujuan agar virus yang ada di dalam laptop bisa terdeteksi dan dihapus sesegera mungkin.

Tak sampai disitu, Bizzie juga perlu mengupdate antivirus yang ada di laptop supaya bermacam jenis virus bisa terbaca dengan antivirus yang telah diinstal di dalam laptop. Lebih lanjut, agar kinerja perangkat laptop semakin kencang, silahkan Bizzie memilih antivirus yang ukurannya ringan atau kecil. Untuk memakai antivirus di laptop, Bizzie bisa simak cara mendownloadnya di bawah ini:

  • Bizzie bisa buka browser yang ada di laptop dan cari antivirus untuk laptop terbaik
  • Jika sudah, klik salah satu link browser antivirus yang asli
  • Setelah itu, pilih download antivirus yang ditujukan untuk PC
  • Tunggu beberapa saat sampai file antivirus untuk komputer terdownload
  • Klik file tersebut di Download untuk proses instalasi di laptop

2. Memakai Aplikasi yang Sesuai Spesifikasi Laptop

Selain dengan antivirus, cara mengatasi laptop loading lama paling efektif selanjutnya adalah menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Sebelum membeli laptop, Bizzie sebaiknya sudah mengetahui spesifikasi dari laptop itu. Hal tersebut akan membantu Bizzie menilai apakah aplikasi yang hendak dimasukkan ke dalamnya sudah sesuai dengan spesifikasi atau tidak.

Sebagai contoh, Bizzie menginstal game favorit dengan ukuran padahal spesifikasi RAM dan prosesor tidak memadai. Kalau Bizzie tetap memaksa mendownload aplikasi tersebut di laptop, tak heran suatu saat nanti laptop menjadi lemot. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jangan memaksakan kemampuan laptop. Harap pilih aplikasi yang spesifikasinya lebih rendah dan sesuai dengan laptop tersebut.

3. Membersihkan Cache

Berikutnya dalam cara mengatasi laptop loading lama yang efektif adalah dengan membersihkan cache. Sebagai informasi, cache atau bernama lain temporary files adalah dokumen yang harus dibersihkan secara berkala. Sebab jika dibiarkan penuh terlalu lama, besar kemungkinan cache yang menumpuk membuat loading laptop lebih lama dan tidak berfungsi sebagaimana biasanya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghapus cache laptop dengan sangat mudah:

  • Pertama-tama buka laptop Bizzie dan tekan File Manager
  • Setelah itu, tekan kanan di bagian hard disk pengguna
  • Lanjutkan dengan tekan Properties
  • Jika sudah terbuka, klik opsi Disk Clean Up
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan cache laptop selesai otomatis

4. Menghapus Program yang Tak Dipakai

Cara mengatasi laptop loading lama yang ketiga adalah dengan menghapus program yang tak lagi Bizzie gunakan. Sebagai informasi, aplikasi di dalam laptop memerlukan ruang yang membuat perangkat tersebut menjadi lebih terbebani. Namun ruang itu bisa dikurangi dengan cara menghapus aplikasi yang sudah jarang atau tidak dipakai. Bukan itu saja, penghapusan aplikasi juga perlu diiringi dengan menghapus file yang berkaitan dengan aplikasi tersebut.

Dengan menghapus program yang sudah tak lagi digunakan, maka kinerja laptop Bizzie bisa lebih ringan. Hal itu jelas memungkinkan pengguna bisa mengakses aplikasi serta fitur didalamnya dengan lebih lancar. Harap berhati-hati ketika menghapus program yang sudah tak lagi digunakan untuk memperbesar ruang laptop. Sebab jika salah, Bizzie justru harus menginstal ulang kembali program yang sudah dihapus tersebut.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop loading lama paling efektif dan sudah terbukti ampuh. Bizzie yang mengalami laptop loading terlalu lama sebaiknya langsung menerapkan semua cara tersebut. Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru membawa laptop ke jasa service jika mendapati loading terlalu lama. Sebab ternyata siapa saja bisa memperbaikinya sendiri apalagi jika belum ada kerusakan berarti.

Baca Juga