fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

3 Cara Mengatasi HP Bootloop OPPO, Ampuh

Wiliam

Bootloop menjadi salah satu masalah serius yang membuat para pengguna merasa frustasi, karena HP hanya booting sampai ke logo saja. Sehingga, dengan hal tersebut pengguna tidak bisa menggunakan HP untuk melakukan aktivitas lainnya.

Namun sekarang Bizzie tidak perlu merasa khawatir, karena banyak cara mengatasi HP bootloop OPPO yang bisa dilakukan. Bagi Bizzie yang ingin tahu perihal cara mengatasi HP bootloop OPPO, maka bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Penyebab HP Bootloop OPPO

Sebelum membahas penyebab bootloop di perangkat OPPO, Bizzie juga harus paham bahwa masalah ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu bootloop ringan, bootloop sedang dan bootloop berat. Ketiganya sama-sama mempunyai resiko kerusakan yang berbeda-beda dan Bizzie bisa simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

●      Bootloop ringan – HP OPPO masih bisa nyala dan masih bisa masuk di halaman menu utama, tapi hanya sebentar lalu restart lagi.

●      Bootloop sedang – Pada saat dinyalakan, HP hanya mentok di logo OPPO atau Android. Namun, Bizzie masih bisa masuk ke dalam menu Recovery Mode atau Color OS Recovery.

●  Bootloop Berat – Pada saat dinyalakan, HP mentok di logo OPPO atau Android. Sehingga, tidak dapat masuk ke menu Recovery Mode atau Color OS Recovery.

Secara umum, bootloop bisa disebabkan oleh dua hal yaitu kesalahan perangkat lunak dan perangkat keras. Di dalam hal ini, faktor kesalahan pengguna atau “human error” juga tidak dapat dihindarkan.

Bagi para pengguna yang suka mengunduh atau install aplikasi dari pihak ketiga, maka tidak akan diberikan jaminan keamanan pada perangkat. Selain itu, mempunyai resiko mengalami bootloop pada perangkat.

10 Cara Mengatasi HP Bootloop OPPO

Untuk mengatasi HP OPPO yang bootloop, Bizzie bisa menyesuaikan dengan jenis bootloop yang sedang terjadi. Sebagai berikut kumpulan cara mengatasi HP bootloop OPPO yang bisa Bizzie gunakan :

1. Restart HP

Cara mengatasi HP bootloop OPPO pertama yang bisa Bizzie lakukan adalah mencoba restart. Mungkin terlihat sangat sederhana, tapi cara ini sangat efektif di dalam mengatasi HP OPPO yang bootloop ringan.

Akan tetapi, ada perbedaan metode antara HP OPPO seri lama dengan terbaru. Untuk HP OPPO seri lama, disarankan untuk melepas komponen yang terhubung seperti kartu SD, kartu SIM dan baterai terlebih dahulu. Supaya lebih mudah, Bizzie bisa menyimak panduan selengkapnya dibawah ini.

HP OPPO Seri Lama

●      Apabila HP masih berada di dalam keadaan bootloop atau menyala, silahkan untuk mematikan terlebih dahulu.

●      Jika sudah, lepaskan beberapa komponen yang terhubung. Misalnya, kartu SD, kartu SIM dan baterai.

●      Diamkan selama 2-3 menit, kemudian pasang kembali kedua komponen tersebut.

●      Menyalakan kembali HP OPPO dan lihat apakah masih mengalami bootloop atau tidak.

●      Selesai. 

HP OPPO Seri Baru

●      Apabila HP masih berada di dalam keadaan bootloop atau menyala, silahkan untuk mematikan terlebih dahulu.

●      Jika sudah, lepaskan beberapa komponen yang terhubung. Misalnya, kartu SD, kartu SIM dan baterai.

●      Diamkan selama 2-3 menit, kemudian pasang kembali kedua komponen tersebut.

●      Menyalakan kembali HP OPPO dan lihat apakah masih mengalami bootloop atau tidak.

●      Selesai.

2. Wipe Data Menggunakan ColorOS Recovery

Apabila bootloop yang dialami adalah jenis bootloop sedang, mungkin tipas pertama bisa membantu. Coba untuk melakukan hard reset atau wipe data dari recovery mode terlebih dahulu.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa melakukan hard reset ini akan mengambilkan sistem dan aplikasi ke setelan awal. Jika Bizzie tertarik untuk melakukannya, silahkan ikuti beberapa langkah sebagai berikut :

●      Pertama, pastikan daya baterai HP OPPO yang Bizzie gunakan sudah mencukupi untuk melakukan hard reset. Setidaknya, sediakan 50% untuk melakukan hard reset agar proses reset bisa berlangsung dengan lancar.

●      Masuk ke dalam menu ColorOS Recovery OPPO dengan cara menekan tombol “power dan volume up” secara bersamaan selama beberapa saat. Nantinya, Bizzie akan dihadapkan menu Recovery Mode OPPO.

●      Apabila ada opsi bahasa, Bizzie bisa langsung memilih “Bahasa Inggris”.

●      Kemudian, lakukan konfirmasi dengan cara memilih menu “format data dan OK”.

●      Tunggu sampai dengan proses hard reset selesai dan berhasil.

●      Apabila sudah, Bizzie bisa langsung melakukan restart HP OPPO.

●      Ikuti petunjuk daftar atau login Gmail supaya bisa menggunakan HP Bizzie kembali.

●  Selesai.

Di dalam melakukan hard reset, setiap HP OPPO mempunyai metode serta tampilan ColorOS Recovery yang tidak sama atau berbeda-beda. Hal ini bisa dilihat dari generasi dari HP tersebut.

Contohnya, OPPO A37 keluaran tahun 2016 tentu saja mempunyai perbedaan tampilan dengan OPPO Reno 6 yang keluar di tahun 2021. Namun, yang pasti Wipe Data di menu ColorOS Recovery di semua varian HP OPPO mempunyai fungsi yang sama yaitu mengembalikan sistem Android ke setelan pabrik atau awal.

3. Flashing Ulang HP OPPO

Apabila menggunakan hard reset tidak membuahkan hasil sama sekali, Bizzie bisa mencoba melakukan flashing HP OPPO. Cara mengatasi HP bootloop OPPO kali ini banyak dilakukan oleh para pengguna OPPO, ketika mengalami masalah di sistem Android.

Untuk melakukannya, Bizzie harus unduh ROM atau firmware sesuai dengan tipe perangkat yang digunakan. Lebih jelasnya, simak panduan serta beberapa langkah dibawah ini.

Flashing HP OPPO via ColorOS Recovery

●      Pertama, masuk ke menu Color OS Recovery dengan cara menekan tombol power dan volume up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya Bizzie akan dihadapkan menu Recovery Mode OPPO.

●      Jika ada opsi bahasa, Bizzie bisa memilih “Bahasa Inggris”.

●      Selanjutnya, pilih “Install From Storages Device dan From SDCard”.

●      Pilih “ROM atau Firmware” yang sudah Bizzie download sebelumnya.

●      Ketuk “yes” untuk memberikan konfirmasi.

●      Tunggu sampai dengan proses install sistem selesai dan berhasil dilakukan.

●  Selesai.

Itulah 3 cara mengatasi HP bootloop OPPO yang bisa kamu pilih dan gunakan. Semoga penjelasan diatas bisa membantu Bizzie yang sedang mengalami HP Bootloop,ya!

Baca Juga