fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

3 Cara Menambahkan File di Google Drive Secara Mudah

Wiliam

Diantara bizzie tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan Google Drive. Google Drive merupakan layanan penyimpanan secara online milik Google yang bisa bizzie gunakan untuk menyimpan file maupun  berkas dari internet.

Layanan penyimpanan online satu ini sering sekali digunakan oleh banyak orang, khususnya para pekerja kantoran yang harus menyimpan file dengan kapasitas besar. Dengan Google Drive, bizzie tidak hanya dapat menyimpan file secara online saja. Akan tetapi, juga bisa berbagi file dengan orang lain secara efektif dan melakukan backup file.

Lalu, apa sih Google Drive dan bagaimana cara menambahkan file di Google Drive? Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Apa Itu Google Drive

Seperti sudah dijelaskan di atas, Google Drive adalah layanan dari Google yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan dan membackup file. Berdasarkan salah satu halaman, Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan file diluar batas hard drive.

Layanan penyimpanan dari Google ini bisa digunakan secara gratis tanpa harus membayar sepeserpun. Akan tetapi, Google Drive juga menyediakan layanan berbayar bagi pengguna untuk bisa menikmati fitur lebih luas lagi.

Apabila bizzie menggunakan layanan gratis dari Google Drive, maka hanya menyimpan file dengan kapasitas sebesar 15 GB saja. Sementara itu, untuk layanan berbayar bizzie bisa melakukan upgrade dengan penyimpanan mulai dari 100GB, 200GB dan 2TB.

Di Setiap masing-masing paket mempunyai harga yang tidak sama. Sehingga, bizzie bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Kapasita 15 GB sebenarnya cukup bagi beberapa orang untuk menyimpan di Google Drive.

Google Drive adalah layanan penyimpanan file dan berkas dari Google yang diluncurkan sejak 24 April 2012 yang lalu. Secara otomatis, Google Drive akan tersinkronisasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Photos dan lain-lain.

Cara Menambahkan File di Google Drive

Bagi pemula pengguna Google Drive mungkin merasa bingung, ketika ingin menambahkan file. Sebagai berikut cara menambahkan file di Google Drive yang harus bizzie lekukan :

1. Unggah Instan dengan Cara Drag and Drop

Cara menambahkan file di Google Drive pertama, yaitu unggah dengan fitur drag and drop. Pada fitur ini hanya didukung oleh Google Chrome, Mozilla Firefox dan Safari versi terbaru saja.

Bizzie juga bisa dengan mudah melakukan drag and drop file secara langsung dari PC ke Google Drive. Caranya, yaitu dengan melakukan drag atau menarik file dari PC ke lokasi Google Drive dimana ingin menaruh file.

Sebuah situs bar akan secara otomatis membuka di sisi kanan bawah jendela dan menunjukkan progres upload yang sedang berjalan. Apabila proses upload sudah selesai, maka file akan masuk secara otomatis di Google Drive.

Fitur drag and drop ini belum terlalu familiar, karena banyak orang melakukan pemindahan file secara manual. Dengan menggunakan fitur drag and drop, bizzie bisa menghemat waktu karena proses upload berjalan lebih cepat.

2. Mengunggah file Secara Manual

Cara menambahkan file di Google Drive secara manual ini masih banyak digunakan oleh para pengguna yang belum paham metode praktisnya. Nah, ketika bizzie adalah pemula ini sangat penting juga mengetahui cara manualnya.

Untuk cara menambahkan file di Google Drive yang harus bizzie lakukan adalah “my-drive – upload file – pilih file – open”. Terakhir, sebuah status bar akan membuka di bagian sisi kanan bawah jendela untuk menunjukkan progres upload. Pada saat upload sudah selesai, maka file langsung muncul di lokasi Google Drive yang sudah ditentukan.

3. Mengunggah File yang Tidak Didukung

Google Drive memang bisa menerima banyak jenis file. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis file yang tidak bisa dilihat di Google Doc Review. Tidak perlu merasa berkecil hati, karena file ini tetap bisa disimpan di dalam Google Drive dengan format aslinya.

Kalau file tersebut tidak dapat dibuka di Google Drive, maka bizzie tidak akan bisa membukanya. Apabila bizzie tetap ingin membukanya, maka muncul pesan “no preview available” di layar.

Namun, ketika bizzie menggunakan komputer atau smartphone yang sudah mempunyai aplikasi pendukung file. Maka, file tersebut tetap bisa dibuka menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Fungsi Google Drive

Seperti yang diketahui, bahwa Google Drive adalah layanan yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file atau berkas. Berikut beberapa fungsi di saat menggunakan Google Drive :

1. Sharing File

Fungsi lain dari Google Drive, yaitu sharing file. Bahkan, bizzie juga bisa berbagi file yang mempunyai ukuran besar kepada orang lain. Tidak hanya itu, bizzie juga dapat mengajak orang lain untuk melihat dan mengedit file tersebut.

2. Menyimpan Link

Bizzie juga bisa menyimpan link, ketika sedang browsing di halaman internet untuk dikunjungi di kemudian hari. Apabila bizzie menggunakan browser Google Chrome, maka dapat melakukanya dengan memasang ekstensi Google Drive.

Setelah memasang ekstensi tersebut, maka klik ikon segitiga yang ada di dalam browser untuk menyimpan link di dalam Google Drive. Bizzie juga bisa menyimpan dengan cara klik kanan di dalam link dan memilih “save link to Google Drive”.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara menambahkan file di Google Drive. Urusan unggah file di dalam Google Drive ini sesungguhnya jadi urusan yang paling mudah dilakukan. Jadi, bizzie tidak perlu pusing lagi karena Google sudah membuatnya jadi aplikasi web yang sangat ramah pengguna. Semoga bermanfaat!

Baca Juga