fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

3+ Cara Cek Jaringan 5G Apakah Sudah Ada di HP atau Belum

Wiliam

Perkembangan teknologi tampaknya merambah ke banyak hal yang semakin memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya adalah keberadaan jaringan 5G yang ditawarkan oleh sejumlah provider ternama di Indonesia. Teknologi jaringan 5G menghadirkan bermacam kemudahan untuk pengguna agar bisa memaksimalkan pemakaian internet. Namun tahukah Bizzie bagaimana cara cek jaringan 5G apakah sudah terpasang di HP atau belum?

Sebagai informasi, jaringan 5G hadir dengan berbagai kelebihan, salah satunya akses data bisa berkali-kali lebih cepat dibandingkan generasi pendahulunya yaitu 4G LTE. Namun perlu Bizzie ketahui bahwa tidak semua HP sudah support atau mendukung jaringan 5G sebagai jaringan internetnya. Oleh sebab itu, para pengguna smartphone di Indonesia perlu mencari tahu apakah HP yang mereka gunakan sudah support jaringan 5G atau justru belum.

Bagaimana Cara Cek Jaringan 5G di Smartphone Sendiri?

Sekedar informasi, jaringan 5G di Indonesia sudah mulai diterapkan beberapa tahun lalu tepatnya 2021. Operator seluler ternama di Indonesia seperti indosat Hutchison Ooredoo dan Telkomsel pun telah mengimplementasikannya ke jaringan mereka meskipun belum merata. Disinilah tata cara cek jaringan 5G dibutuhkan oleh pengguna internet di Indonesia agar bisa lebih mudah menggunakan jaringan tersebut.

Walaupun begitu, pengembangan infrastruktur untuk jaringan 5G di Indonesia dari bermacam operator seluler sudah disambut baik manufaktur smartphone. Terbukti, banyak perangkat yang rilis akhir-akhir ini dengan melengkapinya dengan teknologi jaringan 5G. Oleh sebab itu, Bizzie sejatinya bisa secara khusus bisa membedakan smartphone yang telah mendukung jaringan 5G dari belakang namanya.

Sebagai contoh, OPPO Reno 8 5G, Realme Narzo 5G, Vivo T1 5G, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya, smartphone yang memiliki embel-embel 5G di belakang serinya sudah dipastikan telah membawa jaringan 5G. Hanya saja, tidak sedikit model smartphone yang rilis tanpa menyematkan jaringan 5G di belakang nama serinya. Jika seperti itu, maka Bizzie bisa mencoba beberapa cara cek jaringan 5G yang tersedia di bawah ini.

1. Tutorial Mengecek Jaringan 5G di Android

Bagi Bizzie yang ingin menggunakan HP android dengan jaringan 5G namun ragu apakah sudah support jaringan tersebut atau belum maka tidak perlu khawatir. Sebab Bizzie bisa menerapkan cara cek jaringan 5G dengan memanfaatkan menu pengaturan. Untuk cara pengecekannya sangatlah mudah dan dapat dilakukan di semua tipe HP Android. Adapun caranya bisa langsung disimak sebagai berikut.

  • Pertama-tama Bizzie perlu buka menu pengaturan di beranda yang biasanya memiliki ikon gerigi
  • Setelah itu, cari pilihan Wifi dan Jaringan di daftar menu Pengaturan yang tersedia
  • Kemudian tekan opsi SIM & Jaringan. Lanjutkan dengan mencari menu Pilihan Jaringan atau dalam bahasa Inggris Preferred Network. Nantinya semua jaringan seluler yang kompatibel dengan HP tersebut akan muncul di layar ponsel
  • Apabila jaringan HP Bizzie sudah menyediakan atau support jaringan 5G, maka muncul opsi 5G yang mengartikan perangkat sudah kompatibel untuk memakai jaringan 5G

2. Tutorial Mengecek Jaringan 5G di iPhone

Selain di HP android, Bizzie juga bisa menerapkan cara cek jaringan 5G yang tak kalah mudah di iPhone jenis apapun. Memang beberapa seri iPhone terbaru sudah support dengan jaringan 5G yang bisa digunakan oleh semua pengguna. Kendati demikian, tak ada salahnya jika Bizzie mengecek ketersediaan jaringan 5G tersebut di iPhone secara langsung. Cara pengecekannya juga sangat mudah, Bizzie bisa terapkan tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama-tama silahkan buka menu Pengaturan yang ada di iPhone Bizzie
  • Setelah itu, tekan pilihan Data Seluler atau Seluler saja
  • Kemudian klik opsi Data Mode, Data Roaming, dan Voice Data
  • Jika sudah, tekan Suara & Data
  • Apabila Bizzie melihat jaringan 5G di tampilan layar iPhone tersebut, maka artinya iPhone yang di cek sudah kompatibel dengan jaringan 5G

3. Melalui Dusbook HP

Tak hanya dengan kedua cara cek jaringan 5G tersebut, Bizzie juga bisa memeriksa apakah ponsel yang digunakan sudah support jaringan 5G atau belum dengan mengecek kotak kemasannya atau dusbook. Perlu Bizzie ketahui, biasanya terdapat bagian khusus di kotak kemasan HP yang memuat informasi berupa spesifikasi singkat perangkat mulai dari jenis jaringan, warna, tipe, IMEI, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, dalam spesifikasi singkat tersebut, Bizzie umumnya dapat mengecek bermacam informasi termasuk jaringan yang telah didukung ponselnya. Meskipun dalam hal ini, letak informasi spesifikasi termasuk jaringan yang digunakan juga berbeda-beda untuk setiap model dan merek. Harap pastikan Bizzie menemukan informasi tentang jaringan yang disupport oleh ponsel tersebut.

4. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir dalam cara cek jaringan 5G yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi seperti ini sangat berguna bagi Bizzie yang belum yakin 100% apakah ponselnya sudah support jaringan 5G atau justru belum. Cara mengecek ketersediaan jaringan 5G melalui aplikasi pihak ketiga sangatlah mudah, Bizzie bisa langsung ikuti tutorial lengkapnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama download aplikasi 5G Tester di Google Play Store atau App Store
  • Setelah itu, buka aplikasi yang sudah didownload sebelumnya
  • Kemudian tekan opsi Check
  • Nantinya HP yang sudah mendukung jaringan 5G berwarna hijau. Sedangkan HP yang tidak mendukung jaringan 5G berwarna merah

Itulah beberapa cara cek jaringan 5G apakah sudah tersedia di HP atau belum dengan efektif serta sangat mudah. Dengan informasi tersebut, kini Bizzie seharusnya sudah lebih yakin dengan jaringan yang disupport di dalam HPnya. 

Baca Juga