fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

3+ Cara Aktivasi dan Syarat HP untuk Menggunakan Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

Wiliam

Sejak beberapa waktu lalu, jaringan internet di seluruh dunia sudah berkembang dan upgrade menjadi 5G dari yang sebelumnya 4G. Tak heran jika beberapa ponsel di seluruh dunia termasuk Indonesia sekalipun sudah menyediakan pilihan jaringan 5G untuk dinikmati pengguna. Menariknya lagi, sudah ada jaringan 5G Telkomsel di Indonesia yang akan menunjang pengguna untuk menikmati jaringan tersebut.

Dengan menggunakan jaringan 5G Telkomsel, para pengguna bisa merasakan kelebihan yang tak dapat dirasakan jika memakai jaringan 4G seperti biasanya. Kelebihan tersebut jelas berguna bagi pekerja atau pelajar yang memerlukan jaringan lebih cepat dan memadai demi menunjang kegiatan sehari-harinya. Bagi Bizzie yang ingin menggunakan jaringan 5G Telkomsel, wajib simak pembahasan di bawah ini.

Keberadaan Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

Sebagai informasi, jaringan 5G Telkomsel di Indonesia memiliki ketangguhan dengan kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan jaringan 4G. Jelas saja, kecepatan tersebut memungkinkan Bizzie merasakan pengalaman internetan yang semakin seru. Apalagi di zaman sekarang, banyak teknologi yang menuntut penggunanya menggunakan jaringan internet lebih cepat.

Dengan jaringan 5G Telkomsel, aktivitas Bizzie seperti streaming online, melakukan panggilan video, bermain game, dan kegiatan online lainnya akan terasa lebih sempurna serta memuaskan. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengupgrade kartu mereka menjadi Telkomsel 5G dan merasakan semua kelebihan yang ditawarkan. Dengan begitu, masyarakat Indonesia bisa menikmati kecepatan internet seperti di luar negeri.

Cara Menikmati Jaringan 5G Telkomsel di Kota-Kota Indonesia

Bagi Bizzie yang ingin menikmati keseruan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia secara maksimal, harap pastikan sudah memenuhi beberapa syarat sebagai berikut.

1. Memakai USIM Telkomsel

Syarat pertama Bizzie bisa menikmati kelebihan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia yaitu pastikan jenis SIM yang terpasang di HP adalah USIM, alias Universal Subscriber Identity Mobile. Sebagai informasi, USIM adalah jenis kartu untuk jaringan internet lama yakni 4G LTE. Apabila kartu Bizzie saat ini telah memakai jaringan 4G LTE, maka besar kemungkinan Bizzie sudah menggunakan USIM

Agar lebih pasti kartu Bizzie sudah USIM atau belum, maka silahkan cek fisik kartu SIM tersebut, apakah terdapat tulisan logo 4G atau justru tidak. Selain itu, Bizzie juga bisa mengeceknya secara langsung dengan menghubungi dial up *888*47# dan klik menu Cek Kartu. Kalau Bizzie menemukan keterangan yang bertuliskan kartu sudah 4G, otomatis kartu tersebut sudah termasuk USIM.

2. HP Mendukung Jaringan n1 dan n40

Perlu Bizzie ketahui, tak semua ponsel dapat digunakan untuk menikmati jaringan 5G Telkomsel di Indonesia. Sebab saat ini, hanya ponsel yang memakai jaringan 5G Telkomsel band n1 dan n40 sudah kompatibel dengan jaringan 5G dari provider Telkomsel. Jaringan jenis ini bekerja pada frekuensi yang sama seperti jaringan 5G Telkomsel yaitu spectrum 2,3 GHz. Oleh karenanya, harap pastikan ponsel Bizzie sudah support.

3. Wilayah Telah Terjangkau Jaringan 5G Telkomsel

Tak hanya memakai kartu jaringan 5G Telkomsel, Bizzie juga harus memastikan bahwa berada di wilayah yang sudah terjangkau jaringan tersebut. Perlu diketahui, wilayah yang sudah terjangkau jaringan 5G di Indonesia telah tersebar ke sejumlah kawasan, baik di daerah Jawa ataupun luar Jawa. Kawasan tersebut terbagi dalam sejumlah cluster yaitu kantor pemerintahan, GraPARI stempat, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, beberapa kota yang sudah bisa menggunakan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia, antara lain Solo, Surabaya, Jakarta, Batam, Denpasar, Balikpapan, Papua, Mandalika NTB, Bandung, Medan, Padang, Makassar, dan lainnya. Jangkauan daerah tersebut akan semakin meluas seiring dengan keperluan akan layanan 5G provider lainnya yang diharapkan terus berkembang di Indonesia.

Cara Aktivasi Jaringan 5G Telkomsel

Apabila Bizzie sudah memenuhi semua persyaratan tersebut, kini saatnya cari tahu bagaimana cara untuk mengaktifkan jaringan 5G Telkomsel di HP. Untuk cara mengaktivasinya sendiri sangatlah mudah, Bizzie bisa simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Memastikan Perangkat HP

Hal penting utama yang harus Bizzie lakukan adalah memastikan apakah ponsel sudah mendukung layanan jaringan 5G atau belum. Untuk saat ini, banyak ponsel yang memakai label 5G yang mengartikan ponsel itu sudah bisa menangkap jaringan 5G Telkomsel di Indonesia. Bizzie bisa mengecek ponsel tersebut di menu pengaturan atau melihat langsung dus smartphonenya.

2. Mengupgrade SIM Card

Tak hanya dukungan HP, aktivitas layanan 5G juga ditentukan berdasarkan SIM Card yang digunakan. Apabila Bizzie tidak yakin dengan Simcard yang terpasang di HP, silahkan manfaatkan layanan GraPARI online. Selain itu, Bizzie juga bisa mengupgrade SIM Card biasa menjadi USIM melalui layanan tersebut.

3. Mengubah Pengaturan HP

Cara untuk mengaktifkan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia selanjutnya yaitu mengubah pengaturan ponsel. Caranya yaitu buka menu Setting atau Pengaturan dan klik pilihan Kartu SIM & Jaringan Seluler. Silahkan tekan opsi 5G hingga simbol jaringan tersebut muncul di bar sinyal layar HP. Jika simbol 5G sudah muncul, artinya Bizzie sudah dapat menikmati jaringan 5G Telkomsel di Indonesia.

4. Mengecek Lokasi Jangkauan

Cara berikutnya yaitu mengecek lokasi pemakaian internet Bizzie. Sampai saat ini, Telkomsel sudah menyediakan layanan internet jaringan 5G di sejumlah titik lokasi. Kalau sesudah melakukan pengaturan ulang di HP dan simbol jaringan berubah menjadi 5G, artinya lokasi Bizzie telah dijangkau layanan 5G.

Itulah pembahasan seputar cara mengaktifkan dan syarat agar bisa menggunakan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia. Bizzie bisa mengikuti semua persyaratan dan cara tersebut agar maksimal menggunakan jaringan 5G Telkomsel. 

Baca Juga