fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

2 Cara Pasang SSL Cloudflare yang Mudah dan Cepat!

Wiliam

Untuk saat ini HTTPS menjadi salah satu upaya yang banyak sekali dilakukan oleh para pemilik website guna memberikan perlindungan di dalam website. HTTPS merupakan versi yang paling aman di dalam HTTP.

HTTPS ini juga menggunakan TCP di saat melakukan pengiriman maupun penerimaan request yang sudah terenkripsi dengan SSL atau TLS. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan HTTPS adalah menggunakan pengaturan SSL di Cloudflare.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap perihal cara pasang SSL cloudflare. Sedangkan, untuk bizzie yang ingin tahu penjelasan lebih lengkap dan jelas mengenai SSL bisa simak dibawah ini.

Kenapa Harus Menggunakan Cara Pasang SSL Cloudflare

Seperti yang diketahui, bahwa SSL merupakan salah satu lapisan keamanan yang digunakan untuk memberikan perlindungan website dengan teknologi enkripsi data. Dengan menggunakan SSL, website akan lebih aman dan bisa meningkatkan kepercayaan user di saat ingin mengakses maupun transaksi di dalam website.

Untuk melakukan pemasangan SSL di dalam website bizzie harus melihat di antara free SLL maupun berbayar. Sebelum memutuskan, akan lebih baik membaca pembahasan dibawah ini mengenai cara pasang SLL cloudflare.

Setting SSL di dalam CLoudflare adalah salah satu perlindungan gratis yang bisa dimanfaatkan oleh bizzie. Selain itu, untuk SSL Cloudflare ini juga menyediakan banyak sekali fitur yang bisa digunakan mengatasi serangan hacker dan salah satunya adalah DDoS. Banyak sekali mode yang bisa bizzie aktifkan untuk menangani masalah serangan dari DDoS.

Tahap Persiapan

Ada beberapa hal yang harus bizzie persiapkan sebelum melakukan cara pasang SSL Cloudflare. Bahkan, ada juga beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh bizzie :

1. Mempunyai Akun Cloudflare

Pertama, bizzie harus mengakses situs https://dash.cloudflare.com/login di browser perangkat yang digunakan. Apabila bizzie sudah mempunyai akun Cloudflare, maka bisa langsung saja masukkan email dan password untuk login. Namun, ketika belum mempunyai akun Cloudflare maka bisa langsung memilih menu “sign up” untuk melakukan pendaftaran akun Cloudflare terlebih dahulu.

2. Sinkronisasi Hosting di Cloudflare

Kedua, bizzie bisa memastikan bahwa sudah melakukan sinkronisasi hosting di dalam Cloudflare. Apabila bizzie belum melakukan sinkronisasi hosting di dalam Cloudflare, maka bisa melakukan terlebih dahulu dengan mengikuti cara pasang ssl cloudflare dibawah ini.

Cara Pasang SSL di Cloudflare

Untuk pengaturan SSL di Cloudflare, bizzie bisa mengikuti pengaturan dibawah ini.

1. Memilih Mode Full Enkripsi

Setelah berhasil melakukan login kedalam akun Cloudflare, maka bizzie akan berada di halaman dashboard setting terlebih dahulu. Ada berbagai macam menu yang bisa dimanfaatkan oleh bizzie.

Untuk cara pasang ssl cloudflare adalah memilih menu “SSL/TLS”. Di dalam menu “SSL/TLS” bizzie akan menemukan menu yang jumlahnya banyak sekali. Setelah itu, klik tab menu “overview” di dalam mengaktifkan mode full enkripsi. Untuk mode SSL/TLS Enkripsi di Cloudflare ada 4 jenis yang bisa digunakan, yaitu :

●      Off (not secure) : Tidak menggunakan mode “SSL/TLS” enkripsi atau enkripsi di dalam website berada di dalam keadaan mati. Artinya, website ini kembali lagi ke HTTP bukan HTTPS.

●      Flexible : Apabila bizzie mempunyai website yang mengandung informasi yang penting, tidak disarankan untuk melakukan pengaktifan mode flexible. Hal ini bisa terjadi, karena mode flexible ini akan melakukan enkripsi diantran Cloudflare dengan browser dan tidak menggunakan layanan SSL di dalam server website.

●      Full : Apabila website mengandung informasi yang penting, akan lebih baik ketika menggunakan mode full. Pada mode yang satu ini, enkripsi akan memberikan perlindungan website di antara browser dengan Cloudflare. Akan tetapi, untuk mode full ini tidak memperdulikan keaslian SSL yang digunakan dari penyedia SSL.

●  Full (Strict) : Pada mode yang saini sama halnya dengan mode sebelumnya. Hanya mempunyai perbedaan di dalam melakukan pemeriksaan keaslian sertifikat SSL dari layanan penyedia SSL saja.

Apabila bizzie sudah mempunyai SSL di dalam website dari pihak penyedia SSL, maka bisa dilengkapi dengan setting SSL Cloudflare. Artinya, bizzie harus mengaktifkan mode full di dalam SSL Cloudflare. Untuk cara pasang ssl cloudflare ini juga sangat mudah dan bisa langsung memilih menu atau kolom “mode full”.

2. Mengaktifkan HTTPS

Selain mengaktifkan mode SSL/TLS enkripsi di Cloudflare. Bizzie juga bisa melakukan pengaktifan HTTPS. Di dalam cara pasang ssl cloudflare ini mempunyai fungsi supaya user bisa mengakses website dan masuk ke dalam protokol aman HTTP atau HTTPS.

Untuk cara pasang ssl cloudflare sangat mudah sekali dilakukan dan hanya sekali klik aja. Silahkan, bizzie memilih menu “SSL/TLS” dan memilih menu “Edge Certificates”.

Setelah itu, scroll sampai dengan bawah dan menemukan kolom menu “always use HTTPS”. Langsung saja mengaktifkan HTTPS dengan klik tombol beralih. Apabila sudah berubah menjadi warna hijau, artinya proses pengaktifan HTTPS ini sudah berhasil dilakukan.

Tidak hanya menggunakan SSL dari penyedia hosting maupun SSL saja. Bizzie juga bisa memanfaatkan fitur SSL Cloudflare ini untuk memberikan perlindungan di dalam website. Pada pengaturan SSL di Cloudflare ini juga meliputi dua hal, yaitu menggunakan mode SSL/TLS Enkripsi dan HTTPS.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara pasang ssl cloudflare dan beberapa hal penting lainnya. Semoga bisa membantu bizzie yang ingin melakukan pemasangan SSL Cloudflare di dalam website miliknya.

Baca Juga