fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

13 Cara Mengatasi HP Masuk Air Mati Total

Wiliam

Setelah HP jatuh terendam air, hal yang pertama dilakukan oleh banyak orang adalah mencari cara mengatasi HP masuk air mati total. Ada beberapa HP canggih yang memang sudah dilengkapi dengan fitur tahan air. Disisi lain, masih banyak juga HP yang tidak dilengkapi fitur tersebut.

Jika sewaktu-waktu HP tersebut terkena air atau terendam, biasanya Bizzie langsung panik di saat mendapatkannya dengan kondisi mati total. Padahal, tidak terlalu terburu-buru membawa ke tukang service atau reparasi.

Di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara mengatasi HP masuk air mati total. Bagi Bizzie yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi HP Masuk Air Mati Total

Sebagai berikut beberapa cara mengatasi HP masuk air mati total yang bisa Bizzie gunakan :

1. Mematikan HP

Pada saat HP Bizzie terkena air, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan HP. Usahakan mematikan HP tanpa menyalakan layar dengan cara melepas komponen baterai.

Apabila HP yang digunakan sudah menggunakan baterai tanam, Bizzie tinggal pencet tombol power off sampai dengan HP mati. Cara mengatasi HP masuk air mati total kali ini bertujuan supaya HP tidak mengalami konslet di bagian mesin yang terlanjur terkena air. Sehingga, tidak terjadi kerusakan yang semakin parah.

2. Melepaskan SIM, Memori Card dan Baterai

Langkah berikutnya yang harus dilakukan ketika HP terkena air adalah melepas SIM card, memori card dan baterai. Berikutnya, Bizzie bisa meletakkan semua komponen diatas kain kering. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak kerusakan yang lebih besar pada HP, karena terkena air.

3. Mengeringkan Bagian Luar HP

Cara mengatasi HP masuk air mati total selanjutnya yang bisa Bizzie lakukan adalah membersihkan dan mengeringkan bagian luarnya menggunakan kain kering. Lanjutkan ke bagian yang bisa dengan mudah Bizzie keringkan.

Pada saat membersihkan bagian luar, disarankan Bizzie melakukan dengan cara perlahan-lahan. Apabila gerakan membersihkan yang Bizzie lakukan terlalu banyak ini menyebabkan penyebaran air ke beberapa komponen lainnya. Sehingga, dengan cara tersebut memungkinkan kerusakan HP semakin besar.

4. Jangan Ditiup

Di saat HP Bizzie terkena air, hindari meniup sudut-sudut HP karena hal ini menyebabkan air masuk lebih dalam lagi. Hal tersebut juga bisa membuat kerusakan di HP Bizzie semakin parah. Beruntungnya, ketika Bizzie mempunyai alat vacuum cleaner mini yang bisa menarik keluar air dari dalam HP.

5. Jangan Dijemur

Hindari menjemur HP dibawah sinar matahari. Cara ini dikhawatirkan bisa merusak beberapa komponen yang ada di dalam HP tersebut. Bahkan, cara ini bisa membuat HP yang Bizzie gunakan meledak.

6. Menyelamatkan LCD

Jika HP Bizzie terkena air, hal pertama yang harus dipastikan keselamatannya adalah LCD. Seperti yang diketahui, bahwa LCD berisikan filamen lunak yang tidak tahan dengan kelembaban air.

Maka dari itu, sangat rentan rusak dan akan menimbulkan flek hitam di bagian layar LCD. Sebaiknya, Bizzie mengeringkan HP dengan benar dan hati-hati agar tidak sampai terkena LCD HP.

7. Mengecek Stiker Baterai

Apabila HP Bizzie terkena air, jangan lupa untuk mengecek dibagian baterai smartphone. Pastikan tidak ada perubahan warna di stiker yang menempel di HP, karena stiker tersebut adalah indikator vendor guna memastikan apakah garansinya masih berlaku atau tidak.

8. Menggunakan Silica Gel

Untuk cara mengatasi HP masuk air mati total berikutnya adalah menggunakan silica gel. Silica gel ini bisa membantu Bizzie di dalam mengeringkan HP dengan cara menyerap kelembapannya.

Selain itu, Silica Gel juga bisa mencegah kondensasi atau pengembunan di perangkat elektronik. Ada satu hal yang bisa Bizzie lakukan, yaitu meletakkan HP di tumpukkan silica gel dan diamkan selama dua sampai tiga hari. Pada cara mengatasi HP masuk air mati total kali ini tergolong efektif dan mudah.

9. Menghindari Menggunakan Hair Dryer

Cara mengatasi HP masuk air mati total selanjutnya, yaitu menghindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan beberapa komponen di dalamnya. Pada saat Bizzie menggunakan cara ini, maka tingkat resiko kerusakan pada komponen HP semakin besar. Seperti yang diketahui, bahwa panas yang dihasilkan oleh hair dryer ini bisa membuat listrik di dalam HP menjadi cepat naik suhunya.

10. Menggunakan Kipas

Pada cara mengatasi HP masuk air mati total kali ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengeringkan semua komponen di dalamnya. Meski cara ini efektif untuk Bizzie coba, tapi banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan komponen menggunakan kipas angin.

11. Memendam Di Dalam Beras

Selain menggunakan silica gel untuk membantu di dalam proses mengeringkan HP yang terkena air adalah menggunakan beras. Kandungan di dalam beras bisa menyerap kelembaban di perangkat elektronik dengan cepat. Bahkan, Bizzie tinggal mengubur HP di dalam beras selama dua sampai tiga hari.

12. Menghindari Kontak Listrik

Cara mengatasi HP masuk air mati total selanjutnya adalah memperhatikan sebelum HP di cas. Artinya, Bizzie harus memastikan sudah tidak ada tinggalan air di dalamnya. Karena, sifat air yang selalu bertolak belakang dengan perangkat elektronik dan dikhawatirkan bisa menyebabkan konslet.

13. Memperhatikan Smartphone

Apabila HP sudah bisa menyala seperti biasa, sebaiknya Bizzie memperhatikan keanehan yang muncul setelah beberapa hari kedepan. Cara mengeceknya adalah Bizzie bisa mencoba beberapa aplikasi yang ada di HP, seperti memutar musik, speaker dan lain-lain.

Itulah 13 cara mengatasi Hp masuk air mati total yang bisa dijadikan sebagai bahan informasi. Semoga penjelasan diatas bisa membantu Bizzie, khususnya yang sedang mengalami HP kemasukan air.

Baca Juga