fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

10 Penulis Novel Paling Sukses di Indonesia Langganan Best Seller

dewabiz

Bagi para pembaca yang memiliki hobi membaca buku, pastinya sudah familiar dengan nama beberapa penulis. Apalagi, dengan nama penulis novel paling sukses di Indonesia yang karyanya langganan menjadi best seller di berbagai jaringan toko buku.

Soal penulis dan karya yang best seller Indonesia memang tidak kekurangan. Ada banyak sekali nama penulis kondang dengan karya-karya terbaik mereka yang langganan menjadi best seller. Siapa saja kah kira-kira penulis-penulis novel yang terkenal dan sukses tersebut.

Berikut akan dibahas 10 nama dari penulis nama yang paling sukses di Indonesia. Setiap penulis ini sudah memiliki setidaknya beberapa karya sebagai  novel best seller.

1. Humor dan Komedi dari Raditya Dika

Sumber Wikipedia

Penulis novel paling sukses di Indonesia yang pertama adalah Raditya Dika. Tidak hanya dikenal sebagai seorang penulis novel. Sosok Raditya Dika juga dikenal sebagai seorang stand up comedy, artis, bahkan sampai sutradara film.

Berbagai novel yang ditulis oleh Raditya Dika biasanya memiliki genre humor dan komedi. Novel-novel yang ditulisnya berlatar belakang kehidupannya sendiri terutama kehidupan percintaannya. Tidak heran, banyak pembaca yang merasa relate dengan kisah di novel karya Raditya Dika.

Novel karya Raditya Dika yang telah menjadi best seller antara lain Marmut Merah Jambu, Kola Kumal, Ubur-Ubur Lembur, dan berbagai judul novel lain yang menjadi best seller.

2. Adaptasi ke Layar Lebar Ika Natasha

Ika Natasha merupakan penulis dari novel Critical Eleven. Walaupun orang tidak membaca novel karya Ika Natasha. Namun, pasti pernah mendengar atau menonton adaptasi film novel ini. Novel populer karya Ika Natasha satu ini memang sudah diangkat ke layar lebar.

Filmnya dibintangi oleh Reza Rahardian dan terbilang cukup sukses. Bahkan, selain berbagai novelnya yang best seller. Ika Natasha juga mendapatkan berbagai nominasi di acara penghargaan seperti Festival Film Bandung sampai Piala Maya. Terutama untuk kategori penulis skenario.

3. Karya Fenomenal dari Pidi Baiq

Belum lama ini, masyarakat Indonesia dibuat tergila-gila dengan sosok Dilan dalam novel karya Pidi Baiq. Karena kepopulerannya novel Dilan pun diangkat ke layar lebar dan menjadi salah satu film yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Walaupun usia penulis kelahiran 1972 ini tidak lagi muda. Namun, karya-karyanya justru lebih banyak dinikmati oleh kawula muda. Mungkin karena gaya Bahasa dan ceritanya yang sangat sesuai dengan selera anak muda.

Tidak hanya karyanya yang fenomenal yaitu Dilan. Pidi Baiq juga menulis beberapa novel lainnya, seperti Drunken Mama, At-Twitter, Drunken Marmut dan berbagai buku yang cukup populer lainnya.

4. Penuh Prestasi Ayu Utami

Ayu Utami terbilang penulis novel paling sukses di Indonesia dengan segudang prestasi. Baik di dunia menulis nasional sampai internasional. Penulis perempuan ini melahirkan berbagai karya-karya yang fenomenal. Seperti dwilogi Saman dan Larung, Bilangan Fu, Lalita dan berbagai karya lain yang populer bahkan sampai kontroversial.

Ayu Utami dikenal dengan karakter dan gaya bahasanya yang khas berbeda dengan kebanyakan penulis lain di Indonesia. Prestasi Ayu Utami diakui sampai kancah internasional, terutama pada tahun 2000, ketika penulis ini mendapatkan Prince Claus Award di Belanda.

Banyak karya Ayu Utami yang diterjemahkan ke Bahasa Asing. Tidak tanggung-tanggung, berbagai karya Ayu Utami ini diterjemahkan ke 7 bahasa asing di dunia.

5. Novel Penuh Nilai Ahmad Fuadi

Sebelum menjadi seorang penulis, Ahmad Fuadi telah lama meniti karir sebagai wartawan senior di Koran Tempo. Tidak heran, jika gaya dan Bahasa yang digunakan penulis satu ini sangat kritis dan renyah khas Bahasa jurnalistik.

Selepas menjadi wartawan senior, Ahmad Fuadi pun mulai belajar untuk menulis novel fiksi dan sukses besar. Kesuksesan Ahmad Fuadi dimulai dengan novel berjudul Negeri 5 Menara kemudian dilanjutkan oleh sekuel selanjutnya yaitu Ranah 3 Warna, Anak Rantau, Rantau 1 Maura dan berbagai novel lain yang terkenal.

Setiap tulisan yang ditulis oleh Ahmad Fuadi bukan hanya sekedar kisah. Namun, dapat memberikan nilai tersendiri bagi para pembacanya.

6. Karya Fenomenal dari Eka Kurniawan

Eka Kurniawan adalah penulis novel paling sukses di Indonesia yang terbilang sangat fenomenal. Novel-novelnya kerap mengangkat tema yang tidak umum dan bahkan tabu. Namun, hal inilah yang membuat karyanya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh penulis lainnya.

Sebagai penulis, Eka Kurniawan lebih senang bergerak secara independent, di mana ia menerbitkannya secara mandiri. Ada berbagai buku yang sudah ditulis oleh Eka Kurniawan dan mungkin sudah cukup familiar.

Misalnya novel Cantik itu Luka, Lelaki Harimau, Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, dan berbagai karya lain. Banyak karya dari Eka Kurniawan yang diterjemahkan ke berbagai Bahasa lain di dunia.

7. Seri Fenomenal dari Dewi Lestari

Dewi Lestari dikenal dari berbagai karya novel best seller yang ditulisnya. Namun, namanya semakin besar setelah menyelesaikan seri Supernova. Tidak hanya populer di pasar dan pembaca buku di Indonesia.

Seri Supernova karya Dewi Lestari ini juga menembus pasar internasional. Selain aktif sebagai penulis, Dewi Lestari juga aktif sebagai penerjemah dari berbagai karya Sastra Indonesia. Walaupun populer melalui Supernova, Dewi Lestari juga menulis berbagai novel yang lain.

Karya-karya penulis cantik ini antara lain Filosofi Kopi, Aroma Karsa, dan juga Perahu Kertas yang sempat difilmkan. Film Perahu Kertas menjadi salah satu film yang sangat populer di Indonesia.

8. Novel-Novel Best Seller Tere Liye

Tere Liye bisa dibilang sebagai penulis novel paling sukses di Indonesia dengan banyak sekali penggemar. Tere Liye sudah menulis banyak sekali novel dan beberapa di antaranya berhasil menjadi best seller di Indonesia.

Tere Liye sudah memulai karir penulisannya sejak tahun 2005 dan terus konsisten sampai saat ini. Banyak karya yang ditulis Tere Liye, antara lain Hujan, Negeri Para Bajingan, Rembulan Tenggelam di Wajahmu, Bintang, Tentang Kamu dan berbagai novel lainnya.

9. Berawal dari Wattpad Ersica Febriani

Berawal dari aplikasi Wattpad, Ersica Febriani berhasil menjadi salah satu penulis novel yang sukses di Indonesia. Terutama, dalam genre novel remaja dan percintaan. Novel pertama dari Ersica yaitu Dear Nathan memperoleh banyak penggemar.

Bahkan, sudah diadaptasi menjadi film dan sangat populer. Selain Dear Nathan, Ersica juga menulis berbagai novel populer lain. Seperti Hello Salma, Kisah Untuk Geri, dan Serendipity.

10. Paling Populer Andrea Hirata

Jika berbicara soal penulis paling populer dan sukses di Indonesia. Nama Andrea Hirata pastinya tidak boleh dilewatkan. Pastinya banyak orang yang sudah mengetahui novel fenomenalnya yaitu Laskar Pelangi yang sudah difilmkan.

Selain itu, ada banyak karya lain dari Andrea Hirata yang best seller. Misalnya, Sebelas Patriot, Ayah, Sang Pemimpi, Edensor, dan berbagai novel karyanya yang best seller.

Itulah 10 penulis novel paling sukses di Indonesia yang dikutip dari website Mustakim, nama-nama mereka pun menjadi langganan penulis best seller di Indonesia. Tidak heran, karena karya mereka memang bisa menarik banyak minat pembaca di Indonesia.

[adv]

Baca Juga