fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

10 Cara Iklan di Facebook Ads yang Mudah

Wiliam

Upaya promosi bisnis harus diperluas dengan cara online dan salah satunya adalah menggunakan media sosial, seperti Facebook. Dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, media yang satu ini sangat penting agar bisnis bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen. Tidak heran lagi, jika akhirnya banyak pula pebisnis yang memilih iklan di Facebook Ads agar targetnya bisa tercapai.

Facebook Ads merupakan salah satu fitur iklan berbayar dari Facebook guna mempromosikan konten, termasuk konten produk atau jasa dari sebuah bisnis. Penempatan iklan ini bisa berada di area sidebar maupun beranda.

Sudahkan Bizzie mencoba Facebook Ads untuk pertumbuhan bisnis? Jika belum, bagaimana cara iklan di Facebook Ads agar optimal? Baca sampai bawah agar mengetahui cara iklan di Facebook Ads secara lengkap.

Jenis Iklan Facebook Ads

Sebelum masuk ke cara iklan di Facebook Ads, penting untuk Bizzie mengetahui jenis iklan yang tersedia pada Facebook Ads terlebih dahulu. Pastikan bahwa Bizzie sudah mempunyai tujuan iklan yang jelas, sehingga bisa memilih tipe iklan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai berikut beberapa jenis iklan Facebook Ads:

1. Page Likes

Iklan dibuat dengan menargetkan peningkatan jumlah like di dalam Facebook Page akun bisnis Jumlah pengikut yang banyak tergolong sangat penting, karena bisa membuat calon konsumen percaya terhadap bisnis tersebut.

2. Page Post Engagement

Pada jenis iklan yang satu ini bisa disebut dengan boost post atau mempromosikan postingan dari sebuah akun, lalu akan muncul di news feed. Engagement yang naik juga bisa memberikan keuntungan, karena akan meningkatkan awareness dan reputasi bisnis.

3. Website Ads

Jenis iklan yang satu ini tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Letak perbedaanya adalah tombol CTA yang berkaitan dengan website, mulai dari klik sampai dengan checkout. Jika Bizzie ingin mempromosikan website, maka tipe iklan ini menjadi pilihan yang tepat.

4. Event Responses

Sesuai dengan namanya, iklan ini bertujuan untuk mempromosikan event. Apabila bisnis berencana untuk mencari target audiens yang tepat dari venet online maupun offline, Bizzie bisa mencoba iklan event. Saat ini sudah banyak bisnis yang melakukan strategi community marketing guna membangun relasi yang kuat dengan konsumen. 

Cara Iklan di Facebook Ads

Apabila bisnis sudah mempunyai akun Facebook Ads, maka sebagai berikut cara iklan di Facebook Ads :

1. Membuka Facebook Ads Manager

Ketika sudah mempunyai akun Facebook bisnis, Bizzie diberikan akses ke halaman Facebook Ads Manager untuk memulai Facebook Ads.

2. Membuat dan Menentukan Kampanye Iklan

Selanjutnya, Bizzie memasuki di dalam halaman dashboard. Disini, Bizzie juga bisa melihat kolom utama. Sebagai berikut isinya :

●   Campaign : Tujuan utama yang ingin Bizzie capai melalui iklan.

●   Ad Sets : Berbagai pengaturan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan iklan, mulai dari target audiens sampai dengan penempatan.

●   Ads : Iklan yang ingin Bizzie tayangkan.

Bizzie juga bisa lanjut membuat iklan dengan cara klik “create”. Tentukan juga tujuan kampanye iklan, seperti Awareness, Engagement, App Promotion dan lain-lain.

3. Isi Nama Kampanye Iklan

Setelah memilih tujuan, tiba saatnya Bizzie melengkapi kampanye iklan. Pastinya, Bizzie mengisi kolom campaign name dengan nama kampanye iklan. Hal ini berguna untuk membedakan kampanye yang satu dengan lainnya. Nantinya, Bizzie juga akan dipermudah pada saat monitoring maupun evaluasi.

4. Menentukan Anggaran

Isi jumlah anggaran yang ingin Bizzie keluarkan. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu anggaran harian maupun sepanjang masa.

5. Menentukan Target Audiens

Facebook Ads bisa membantu Bizzie untuk menyasar target audiens secara tepat. Di dalam pengaturan ini, Bizzie bisa memilih berbagai kriteria yang cocok untuk menerima iklan seperti demografis dan interest.

6. Menentukan Durasi Iklan

Cara Iklan di Facebook Ads berikutnya adalah menentukan periode sesuai dengan kebutuhan. Bizzie juga bisa mengatur tanggal maupun waktu yang lebih spesifik guna menjalankan iklan.

7. Menentukan Penempatan Iklan

Memilih placement Ads yang tepat. Ada banyak pilihan dan Bizzie juga bisa menyesuaikan sesuai dengan data konsumen atau target audiens.

8. Memilih Media dan Memasukkan Link Tujuan

Hal ini merupakan salah satu langkah untuk menentukan materi yang ingin diiklankan. Pilih juga format yang sesuai dengan kebutuhan promosi, mulai dari single image, carousel hingga video. Bizzie juga bisa akan mengisi deskripsi media yang sudah dicantumkan beserta dengan captionnya.

Selain itu, Bizzie juga bisa menambah tombol CTA dan memasukkan link tujuan yang diharapkan Jadi, Bizzie bisa langsung mengarahkan target audiens untuk memberikan respon sesuai dengan tujuan beriklan. Contohnya, Learn More, Shop Now dan lain-lain.

9. Melakukan Review

Sebelum diluncurkan, pastinya Bizzie sudah melakukan review dari keseluruhan iklan tersebut. Tidak hanya fokus terhadap detail, seperti target audiens atau durasi iklan.

Pastikan juga, bahwa tampilan iklan sudah sesuai dengan harapan. Bizzie juga dapat melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk melakukan launching iklan.

10. Meluncurkan Iklan

Apabila iklan sudah siap, cara iklan di Facebook Ads terakhir adalah meluncurkan atau penerbitan iklan. Supaya iklan aktif, maka pastikan Bizzie sudah melakukan pembayaran yang bisa dilakukan menggunakan kartu kredit, debit card dan lain-lain.

Facebook Ads merupakan sarana yang efektif untuk menjangkau target audiens. Jika dieksekusi dengan tepat, Bizzie bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

Namun seperti layaknya beriklan di berbagai platform lain, Bizzie perlu melakukan berbagai eksperimen sampai dengan menemukan formula yang tepat dan sesuai target bisnis secara keseluruhan. Selamat mencoba cara iklan di Facebook Ads, ya!

Baca Juga