fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessTips & Trik

WhatsApp Bisnis: Solusi Terbaik Untuk Promosi Bisnis 

Wiliam

Saat ini, siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi WhatsApp? WhatsApp merupakan aplikasi pesan gratis yang didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum. WhatsApp adalah salah satu aplikasi messenger yang membuat para penggunanya bisa saling chatting, berbagi dokumen, telponan, video call, membagikan story dan lainnya. 

Aplikasi ini resmi rilis perdana pada tahun 2009 dan makin populer dari tahun ke tahun dan saat ini menduduki  aplikasi pesan instan terpopuler. WhatsApp terus mengembangkan fitur-fiturnya agar meningkatkan pengalaman para penggunanya dan pada tahun 2018, WhatsApp merilis WhatsApp for business atau WhatsApp bisnis yang dikhususkan untuk para pengusaha. 

Platform komunikasi bagi seorang pengusaha memang penting dimiliki agar memudahkan untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Hal ini membuat WhatsApp bisnis semakin populer di kalangan pelaku usaha, mulai dari usaha kecil, menengah hingga perusahaan besar. 

Hadirnya WhatsApp bisnis ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp original. Baik itu dari segi logo, target pengguna hingga fitur-fitur yang disajikan. WhatsApp bisnis diperuntukkan untuk para pelaku bisnis sehingga fitur yang disajikan pun mendukung setiap kegiatan bisnis. Whatsapp bisnis bahkan menjadi solusi terbaik untuk promosi bisnis.

Penasaran tentang apa saja kelebihan WhatsApp ini sehingga banyak dijadikan media promosi? Simak selengkapnya berikut ini. 

Apa itu aplikasi WhatsApp Bisnis? 

Aplikasi WhatsApp bisnis adalah aplikasi gratis yang bisa didownload melalui play store maupun app store. Aplikasi inj didesain untuk para pelaku usaha yang mana memungkinkan pelaku usaha untuk berinteraksi dengan pelanggan. Berbagai fitur hadir untuk memudahkan pelaku usaha untuk menyortir, mengotomasi dan membalas pesan pelanggan dengan cepat. 

Kelebihan WhatsApp Bisnis 

Sejak WhatsApp bisnis rilis, para pelaku usaha mulai manfaatkan aplikasi tersebut untuk meningkatkan penjualannya. Beberapa kelebihan WhatsApp bisnis sehingga dijadikan pilihan pesan instan oleh para pebisnis yaitu : 

1. Mudah mengatur percakapan dengan pesan otomatis

Kelebihan WhatsApp bisnis yang pertama adalah terdapat itu pesan otomatis yang bisa mempercepat pengiriman pesn balasan para pelanggan. Terdapat 3 fitur pesan otomatis yang ada pada aplikasi ini, yaitu : 

  • Away message yaitu fitur yang memungkinkan Anda membalas pesan konsumen secara otomatis sehingga meskipun Anda sedang sibuk anda bisa tetap menjawab atau merespon pembeli. 
  • Greeting message yaitu pesan yang berisi sapaan dan menyambut konsumen secara otomatis. Dengan ofrut ini juga anda bisa lebih mudah mempromosikan barang atau produk. 
  • Quick replies yaitu fitur pesan otomatis yang bisa menjawab pertanyaan yang sama. Cara kerjanya cukup sudah, Anda cukup membuat pertanyaan biasa ditanyakan konsumen terkait bisnis Anda. Saat ada pesan masuk, anda cukup mengetik simbol garis miring (/) dan selanjutnya akan muncul quick replies yang sudah Anda buat. Tentunya hal ini bisa menghemat waktu Anda. 

2. Profil dan informasi bisnis bisa dicantumkan dengan jelas

WhatsApp dijadikan solusi promosi terbaik sebab walaupun aplikasi ini pada dasarnya adalah aplikasi pesan instan namun Anda bisa mencantumkan profil bisnis Anda. Anda malah diharuskan mengisi profil bisnis secara detail, misalnya deskripsi bisnis, sotis perusahaan seperti website, alamat (bisa memasukkan link maps) , nomor telepon dan lainnya. 

3. Bisa menambahkan Katalog

Selanjutnya, WhatsApp bisnis juga memungkinkan Anda untuk menambah katalog untuk melengkapi profil bisnis Anda. Anda bisa memberikan Informasi produk atau layanan apa yang ditawarkan beserta harganya. Dalam hal ini, Anda juga bisa membagikan taitan pendek akun WhatsApp bisnis Anda ke berbagai channel yang digunakan, termasuk sosial media. Dengan demikian, pelanggan dapat lebih mudah menemukan akun Anda dan mengirimkan pesan. 

4. Pengelompokan pesan 

WhatsApp bisnis memiliki fitur yang sangat menarik yaitu pengelompokkan pesan atau label. Adanya fitur ini akan memudahkan dalam mengorganisir dan menemukan chat pelanggan dengan lebih mudah dan cepat. Anda bisa mengirimkan percakapan dari pelanggan dengan berbagai kategori, misalnya pesanan dalam proses, pelanggan baru, pelanggan masih proses, dan lainya. 

5. Bisa menggunakan 2 Nomor berbeda

Beda halnya dengan WhatsApp original yang hanya bisa menggunakan satu nomor saja, pada aplikasi WhatsApp bisnis ini memungkinkan Anda untuk menambah dua nomor sekaligus. Tujuannya sederhana agar akun bisnis dan akun personal tidak tercampur. Dengan kata lain, percakapan yang sifatnya pribadi akan terpisah dari kepentingan bisnis. 

6. Ada analisis data dan interaksi dengan pelanggan 

Fitur selanjutnya yang mendukung aplikasi ini sebagai media promosi bisnis yang baik adalah adanya fitur analisis data dan interaksi pelanggan. Anda bisa melihat secara detail berapa jumlah pesan yang sudah terkirim, pesan diterima pesan yang sudah dibaca dan pesan yang belum dibaca. 

Untuk memanfaatkan fitur ini, anda bisa menekan opsi di bagian kanan percakapan lalu masuk keterangan dan pilih statistik. 

7. Bisa diakses di desktop

Selanjutnya, WhatsApp bisnis bisa diakses melalui desktop sehingga memudahkan Anda membalas setiap pesan yang masuk. Anda cukup menautkan perangkat di bagian pengaturan akun WhatsApp bisnis dan melakukan scan barcode pada sotis WhatsApp web. Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur Beta yang memungkinkan Anda menautkan lebih dari satu perangkat. Hal ini tentu akan lebih mempermudah Anda sebab bisa sharing tugas dengan partner bisnis. 

8. Tingkat keamanan tinggi

Dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp bisnis, keamanan usaha Anda lebih gerjamjn. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan enkripsi end to end dan two factor authentication (2FA) yang bisa menjamin keamanan percakapan anday.  Fitur ini mengurangi resiko kebocoran data serta penipuan. 

Itulah 8 kelebihan WhatsApp bisnis sebagai solusi promosi bisnis Anda. Mengetahui kelebihan tersebut bisa membuat Anda lebih leluasa Memanfaatkan teknologi dengan maksimal yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk. 

Baca Juga