fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pentingnya Website Marketing Berikut Strateginya

Yanti puspita

Website marketing adalah cara untuk mempromosikan bisnis Anda secara lebih luas. Website marketing Ini adalah salah satu jenis pemasaran online yang wajib Anda miliki. Digital marketing di nilai mempunyai kelebihan tersendiri dan juga lebih hemat biaya jika di bandingkan dengan strategi pemasaran yang la.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memilih menggunakan internet dengan membuat website atau situs sebagai media pemasaran. Bagi Anda yang memiliki bisnis, simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Website marketing?

Website marketing adalah proses mempromosikan produk atau layanan menggunakan situs web. Pemasaran situs web adalah metode pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Sebab, hanya melalui satu platform website, Anda bisa menerapkan berbagai jenis pemasaran.

Ada banyak strategi marketing website yang bisa diterapkan. Misalnya, Anda dapat menerapkan SEO untuk membuat situs web Anda muncul di halaman pertama Google, membagikan ebook Anda untuk mendapatkan arahan, atau mengiklankan situs web Anda.

Pentingnya Website Marketing Bagi Situs Web

Setelah Anda memahami apa itu pemasaran situs web dan mengapa Anda harus menerapkannya pada bisnis Anda, berikut adalah penjelasan lengkap seputar manfaat website marketing:

Mudah Menemukan Pelanggan

Pemasaran situs web dapat membantu bisnis Anda lebih mudah di temukan oleh pengunjung yang relevan. Pada dasarnya, sebelum membeli sebuah produk atau menggunakan suatu layanan, pengguna akan mencari informasi terlebih dahulu. Misalnya melalui mesin pencari seperti Google ataupun opera mini.

Jika bisnis Anda memiliki situs web yang di optimalkan untuk SEO, potensi untuk di temukan oleh pelanggan akan lebih tinggi. Pasalnya, ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda di mesin pencari, maka dengan tersendirinya pihak google ataupun mesin pencari lainnya akan merekomendasikan website Anda.

Meningkatkan Kepercayaan Calon Pelanggan

Di internet, pengguna dapat menemukan banyak jenis produk atau layanan yang mirip dengan bisnis yang Anda punya. Baik melalui website maupun dari media sosial. Pertanyaannya adalah, mengapa pengguna harus memilih Anda dari banyaknya bisnis yang mirip dengan yang Anda punya.

Bisnis yang memiliki website di anggap lebih dapat di percaya. Pasalnya, jika ingin membuat website membutuhkan beberapa persyaratan.Tentu saja, ini membutuhkan modal yang menunjukkan betapa seriusnya Anda memulai bisnis.

Selain itu, melalui website Anda, pengunjung dapat lebih mudah mendapatkan informasi tentang bisnis Anda. Spesifikasi produk, review dan testimoni dari pelanggan lain nya bisa di dapatkan dengan website marketing ini. Bisa juga berupa informasi relevan lainnya, seperti garansi produk dan dukungan layanan pelanggan yang membantu pengunjung mempercayai bisnis Anda.

Memperluas Jangkauan Pasar

Hampir setiap orang akan menggunakan internet untuk kebutuhannya. Baik itu untuk mencari informasi atau membeli sebuah produk tertentu. Jika Anda menggunakan wibesite marketing, pengunjung yang terhubung ke internet akan lebih mudah menemukan bisnis Anda. Pengunjung dari wilayah manapun bisa menjadi pelanggan Anda.

Maka dari itu, agar bisnis Anda mendapatkan menjangkau pasar yang lebih luas, Anda perlu menggunakan strategi ini.

Bantuan Pemahaman Pengguna

Manfaat website yang bisa Anda dapatkan adalah pemahaman yang mudah tentang perilaku pengguna. Melalui situs website, Anda dapat mengetahui apa yang pengunjung, cari, dan apa yang mereka butuhkan lewat halaman di situs web yang berinteraksi dengan mereka, berapa lama mereka menghabiskan waktu di situs web Anda, perangkat apa yang mereka gunakan, dan banyak lagi.

Jika Anda memahami data tentang perilaku pengguna ini,  maka Anda akan lebih terbantu dalam merencanakan pengembangan bisnis yang Anda kelola. Seperti:

  • Memasarkan produk yang sesuai dengan target tertentu, seperti usia.
  • Memproduksi barang sesuai dengan minat dan kebutuhkan pelanggan

Memudahkan Proses Pemasaran

Website marketing juga akan memudahkan proses pemasaran Anda. Sebab, Anda bisa melakukan berbagai jenis digital marketing secara berpusat melalui website Anda.

Jika Anda menggunakan situs web Anda untuk melakukan pemasaran, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat meningkatkan lalu lintas situs web melalui blog Anda. Bisa juga dengan membagikan ebook, atau Anda juga dapat menggunakan PPC untuk mengarahkan pelanggan ke situs web milik Anda.

Jadi jika ada pengunjung yang membutuhkan informasi tentang bisnis Anda, mereka bisa mendapatkannya melalui website Anda. Dengan demikian, proses pemasaran Anda bisa lebih mudah karena Anda bisa mengoptimalkan proses pemasaran hanya melalui website Anda.

Beberapa Strategi Website Marketing yang Bisa Di Terapkan

Nah, setelah Anda mengetahui apa saja manfaat website marketing, lalu bagaimana cara penerapannya? Berikut merupakan tahapan cara penerapan Website marketing

Buatlah Konten yang Sesuai Dengan Pengguna

Membuat konten yang sesuai dengan pengguna Anda adalah hal yang penting jika Anda ingin menerapkan Website marketing. Hal ini di karenakan menampilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang dapat memudahkan menemukan website Anda di halaman pencarian. Bahkan, ini bisa menjadi cara untuk mendatangkan lalu lintas ke situs web Anda.

Mendesain Situs Web Yang Responsif

Kenyamanan pengguna saat mengakses website Anda di pengaruhi oleh desain website. Selain itu, perangkat yang di gunakan pengguna untuk mengakses situs web Anda juga berbeda-beda. Bisa melalui desktop, tab, atau mobile.

Maka dari itu, dalam rangka memaksimalkan website marketing ini, Anda memerlukan website dengan desain yang baik dan menarik. Situs web yang responsif berarti memiliki desain yang dapat beradaptasi dengan semua jenis ukuran layar.

Cara membuat website yang responsive cukup sederhana. Misalnya, Anda bisa membuat tema website sendiri menggunakan HTML5, atau Anda bisa menggunakan template website gratis dan responsif yang sudah tersedia.

Mengoptimalkan Kecepatan Situs Web

Sebaiknya jangan  membuat pengunjung website menunggu terlalu lama. Maka dari itu, apabila Anda menggunakan pemasaran situs web, maka hal selanjutnya yang harus di perhatikan adalah kecepatan situs web.

Selain itu, 54% pengunjung akan meninggalkan website yang memiliki waktu buka lebih dari 2 detik. Anda pasti tidak ingin kehilangan calon pelanggan karena website Anda lambat.

Terapkan SEO

Hal berikutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah menerapkan SEO di situs web Anda. SEO di lakukan agar website Anda mudah di temukan di halaman pencarian saat pengunjung mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda.

Promosi Situs Web

Mempromosikan situs web Anda dapat di lakukan dengan banyak cara. Berikut beberapa contohnya:

  • Media sosial: Anda dapat menempatkan link situs web Anda di akun media sosial Anda
  • Forum: Anda dapat menulis di forum online ini dan menyertakan link yang mengarahkan pembaca ke situs web Anda.

Intinya, meskipun pemasaran situs web bisa menjadi saluran pemasaran yang potensial, Anda perlu mendukungnya dengan mempromosikan situs web Anda. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan pengunjung blog Anda dari berbagai saluran lainnya.

Sekarang Anda tahu apa itu web marketing. Pemasaran situs web adalah pemasaran yang di lakukan menggunakan situs web untuk mencapai kesuksesan bisnis online. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran situs web Anda, serta fokus mengelola bisnis Anda tanpa kerumitan.

Baca Juga