fbpx

Dikira Sama Ternyata VPS vs VPN Berbeda, Simak Ulasannya!

Kurangnya pemahaman terkait sebuah layanan tentu menjadi kekeliruan yang tentunya perlu untuk diluruskan. Salah satunya yaitu VPS vs VPN yang sering dianggap serupa karena terdengar sama. Namun kedua layanan tersebut sebenarnya sangat berbeda, berikut penjelasan lengkapnya yaitu:

Mengenal VPS vs VPN

VPS pada dasarnya adalah merupakan jenis server hosting yang memakai teknologi virtualisasi dalam membagi server fisik. Memungkinkan terjadinya beberapa kompartemen virtual yang berbeda sehingga mencontoh server yang terdedikasi. Membuat konfigurasinya bebas dari berbagai batasan server fisik.

Contohnya kemampuan untuk memperluas server saat dibutuhkan. Tidak hanya itu, VPS juga memakai teknologi yang bisa memisahkan masing-masing pengguna sehingga memperoleh kecepatan, pilihan hingga personalisasi. Dalam hosting VPS juga memberikan penggunaannya banyak manfaat yaitu:

  • Hemat akan biaya.
  • Mempunyai akses server khusus.
  • VPS sangat terukur.
  • Mampu disesuaikan dengan penggunaannya.
  • Pengguna memiliki kontrol lebih besar.

Jadi kesimpulannya, VPS secara umum dibuatkan khusus untuk para pengguna yang ingin menggunakan server pribadi. Namun kegiatannya dilakukan sambil berbagi biaya layanan hosting. Hal ini tentu cocok untuk mereka yang menginginkan kecepatan serta kinerja dari situs atau traffic web besar.

Sedangkan VPN juga menggunakan server, tetapi cara kerjanya sangat berbeda dengan VPS. Pasalnya VPN membuatkan jaringan pribadi yang aman untuk para penggunanya sehingga membuat identitas anonim saat online masih terlindungi. Memungkinkan data apa pun yang terlewati jaringan akan tetap terjaga.

VPN juga membuat adanya rute bagi data penggunaannya lewat sebuah jaringan server untuk mencapai tujuan akhirnya. Membuat aktivitas internet pun seperti berasal dari VPN yang mampu melakukan enkripsi permintaan server. Berikutnya informasi dapat berubah menjadi kode yang bisa di decode.

Mengingat adanya sebuah privasi serta unsur keamanan online yang sangat penting kini. Kebanyakan dari pengguna pun beralih menggunakan VPN untuk dapat mengakses konten tertentu yang dibatasi. Biasanya batasan yang dapat dilalui secara geografis yang asal konten berada di negara lain.

Fungsi VPS vs VPN

Mempunyai kemiripan karena sama-sama terlibat dengan server bukan berarti fungsi VPS vs VPN sama. Antara VPS tentu mempunyai fungsi yang cukup mendetail dan berbeda, apa sajakah itu? Simak berikut ulasannya yaitu:

1. Hosting Beberapa Website

Untuk pengguna yang tengah memiliki jasa atau usaha pembuatan web dapat menggunakan VPS sebagai layanannya. Pasalnya VPS dapat bekerja sebagai beberapa web hosting sekaligus. Selain itu memegang kontrol terhadap website yang ada di dalamnya.

2. Penyimpanan File Hosting

Selanjutnya mempunyai penyimpanan file hosting yang dapat membuat pengguna mudah melakukan akses file. Memungkinkan juga para pengguna bisa menyimpan file dengan ukuran besar. Baik itu file yang akan diakses secara pribadi ataupun oleh pengunjung.

3. Memberikan Layanan Berbasis Cloud

Fungsi lainnya yaitu bisa memberikan manfaat internet untuk dapat menjalankan program. Contohnya yaitu aplikasi file serta platform pembuatan web. Tersedianya fleksibilitas layanan juga membuatnya dapat mengerjakan banyak layanan cloud seperti framework, control panel serta bahasa pemrograman.

Sebenarnya fungsi VPS masih banyak yang lainnya seperti, fungsi server percobaan, remote desktop maupun private backup. Beberapa fungsi ini tentu berbeda dengan VPN. Berikut beberapa daftar dari fungsi VPN di antaranya yaitu:

  • Menjaga privasi dengan mengenkripsi traffic jaringan.
  • Meningkatkan keamanan.
  • Terdapat kebebasan internet yang diberikan.

Itulah penjelasan tentang VPS vs VPN yang berdasarkan pengertian serta fungsinya yang harus diketahui. Jika sebelumnya kedua layanan tersebut dianggap sama, kini tentu sudah tahu bukan perbedaanya? Untuk lebih memahaminya ada baiknya untuk mencari sumber relevan lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!