fbpx

Update WordPress 6.0 Arturo

Seperti yang kita ketahui bahwa update 6.0 Arturo menjadi salah satu rilisan penting tahun ini. Menariknya lagi, pembaruan ini juga hadir dengan janji akan perbaikan yang berkelanjutan oleh tim WordPress. Penasaran apa yang akan dihadirkan lagi di update ini? Perlukah Anda segera mengupdate WordPress Anda sekarang?

Apa Saja yang Dihadirkan di WordPress 6.0 Tahun Ini?

Ya, banyak yang sepakat bahwa update WordPress terbesar kedua tahun ini memang menghadirkan peningkatan signifikan. Kini CMS populer ini menjadi lebih intuitif dan powerfull. WordPress kali ini membawa deretan fitur yang membuatnya layak untuk diperbarui segera.

Pembaruan yang lalu saja sudah memberikan site editor baru dan tema berbasis blok yang sudah cukup menyegarkan. Pembaruan terkini, masih akan berfokus pada pengalaman full site editing. Berikut ini beberapa fitur yang datang bersama WordPress terbaru.

cms, wordpress, content management system-265129.jpg

Peningkatan Performa WordPress 

Sudah menjadi tradisi bahwa pembaruan haruslah hadir dengan peningkatan kinerja. Begitu pula dengan WordPress terbaru yang memang mendapatkan sejumlah peningkatan kinerja. Tentu saja peningkatan ini juga memberikan dampak positif terhadap performa Anda. 

Ya, update kali ini mampu menawarkan perbaikan terhadap waktu loading halaman, eksekusi query database yang lebih efisien hingga penyesuaian metode caching yang lebih baik. Dengan begitu, halaman website akan lebih responsif di mata pengunjung. 

Editor yang Semakin Nyaman

Hadirnya editor Gutenberg pada pembaruan yang lalu memang berhasil menyuguhkan pengalaman menulis yang lebih optimal. Kali ini, block editor tersebut kembali mendapat sentuhan sehingga membuat penyusunan draft dan posting menjadi semakin nyaman.

  • Pada pembaruan kali ini, Anda bisa memeriksa kemampuan barunya, antara lain:
  • Copy paste teks menjadi semakin efisien karena ini editor mendukung menyeleksi teks dari block yang berbeda-beda
  • Dukungan melihat daftar halaman dan postingan baru jadi lebih cepat karena adanya shortcut baru yaitu [[ atau dua kurung siku buka
  • Pengalaman mengedit antar block jadi lebih mudah karena Anda dapat menyimpan setelan style saat ingin beralih block
  • Anda juga bisa menempatkan button favorit Anda ke custom button 
  • Detail seperti ikon dan tag diperbarui jadi lebih fresh
Baca Juga :  10 Cara Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Ada pula sejumlah setelan baru diikuti sejumlah kontrol anyar yang juga menarik untuk diulik lebih jauh.

Penyesuaian Tampilan Menggunakan Style Switching  

Pembaruan yang langsung terlihat kali ini adalah fitur Style Switching. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dari pilihan preset tampilan. Tentu saja jika Anda menggunakan tema yang sesuai, yang mendukung block editor utamanya.

Dari fitur ini, Anda bisa mengakses berbagai pilihan font hingga palet warna dengan menentukan preset yang ingin digunakan lalu lihat perubahannya secara real time. Penyesuaian ini membuat Anda lebih mudah dalam mengganti tampilan, cukup dengan sekali klik saja. 

Lebih Banyak Pilihan Template  

Anda bisa memeriksa pilihan baru untuk menggunakan tema berbasis block, yaitu Author, Date, Categories, Tag dan Taxonomy. Masing-masing pilihan ini bisa digunakan sesuai dengan tujuan dari website Anda. Atau Anda juga bisa meracik sendiri tema sesuai selera Anda memanfaatkan tool yang ada, antara lain;

  • Featured Image untuk menggunakan gambar tertentu sebagai sampul Block
  • Penyesuaian ukuran gambar untuk tampilan sesuai preferensi dan tujuan gambar
  • Quick Inserter untuk editing yang lebih efisien karena Anda dapat menyesuaikan template di bagian-bagian Block
  • Filtering Author jika memang ada beberapa 

Desain Halaman Menggunakan Integrated Pattern  

Tampilan halaman juga bisa Anda kustomisasi lagi memanfaatkan fitur baru Integrated Pattern berupa preset layout yang kemudian bisa Anda sesuaikan lebih lanjut. Opsi ini juga bisa diterapkan pada bagian tertentu, misalnya pada footer saja. Tentu saja, tema WordPress yang digunakan pun harus mendukung fitur ini agar Anda dapat mengaksesnya.

Tool Tambahan untuk Desain Website

Ada pula tool tambahan lainnya untuk kebutuhan pembuatan desain website, antara lain:

  • Seleksi warna yang lebih cepat menggunakan color panel baru yang hadir lebih intuitif
  • Menentukan batas halaman juga lebih mudah menggunakan border controls yang sudah diperbarui
  • Penggunaan warna jadi lebih lengkap dengan adanya dukungan untuk mengatur tingkat transparansi melalui opsi transparency levels  
  • Edit di Group Block yang lebih powerfull dengan lebih banyak kontrol seperti control gaps, margin, typography dan lainnya.
  • Penggunaan variasi bentuk susunan yang lebih lengkap pada group block, antara lain Stack, Row, dan Group untuk layout lebih optimal
  • Gallery block yang dilengkapi gap support functionality untuk menyesuaikan jarak antar gambar
Baca Juga :  Simak Fitur-Fitur WordPress di Bawah ini, Lengkap dengan Penjelesannya!

List View Baru

Block editor juga memiliki tampilan daftar atau List View. Melalui fitur ini, Anda dapat menambahkan berbagai block lalu menatanya ke tampilan daftar yang juga mudah untuk dibuka dan ditutup. Anda bisa membuka tampilan ini secara otomatis cukup dengan memilih sebuah block.

Dukungan Mengunci Block

Fitur baru yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh para pemula adalah mengunci blok untuk menghindari kesalahan yang tak diinginkan saat melakukan kustomisasi. Melalui dukungan ini, Anda dapat mengunci agar block tertentu tidak dapat diedit, dipindah ataupun dihapus. Hal ini dapat meminimalisir block yang jadi berantakan saat melakukan penyesuaian tampilan.

Peningkatan Aksesibilitas  

WordPress juga tak melupakan para pengguna dari kalangan disabilitas dengan meningkatkan aksesibilitas. Melalui peningkatan ini, setidaknya ada sekitar 50 perbaikan yang bersifat spesifik demi memudahkan pengguna untuk berinterakasi dengan WordPress. Sebut saja seperti fitur Alt Text saat menambah gambar dan perbaikan Screen Reader.

Kesimpulan

Di atas kertas, ada banyak hal baru yang begitu menarik dari WordPress 6.0 kali ini. Ada banyak fitur baru dan peningkatan di sana-sini yang patut Anda coba dengan memperbarui versi WordPress Anda sekarang. Terlebih dengan progress positif yang diperlihatkan, sepertinya versi berikutnya layak untuk ditunggu-tunggu.