fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Tutorial Menggunakan Aplikasi Canva

Wiliam

Konten visual merupakan salah satu hal atau bagian yang paling penting untuk merepresentasikan diri bizzie di dunia maya. Pada saat bizzie menggunakan desain yang sangat menarik, tentu para audiens akan lebih tertarik dengan konten tersebut.

Pada era seperti sekarang, sudah tidak ada lagi alasan dari kalangan masyarakat yang merasa kesulitan ketika membuat desain secara menarik. Salah satu alat desain yang bisa bizzie gunakan adalah Canva.

Bagi beberapa kalangan masyarakat dan khususnya anak muda sudah tidak asing lagi dengan alat atau aplikasi desain tersebut. Sayangnya, sampai dengan saat ini ada 1 permasalahan yang sering terjadi.

Permasalahan yang sering terjadi di dalam hal cara penggunaanya. Bagi para pemula tidak dipungkiri, ketika tidak banyak paham dengan cara penggunaan aplikasi Canva.

Supaya tidak membuat bizzie tambah bingung, maka untuk kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tutorial menggunakan aplikasi Canva. Bagi bizzie yang penasaran dengan aplikasi Canva bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Tutorial Menggunakan Aplikasi Canva

Pada saat bizzie ingin menggunakan aplikasi desain, pasti membutuhkan beberapa tutorial terlebih dahulu. Untuk tutorial menggunakan aplikasi Canva yang bisa bizzie lakukan adalah:

1. Membuat Akun Aplikasi Canva

Tutorial menggunakan aplikasi Canva yang pertama adalah bizzie harus membuat akun terlebih dahulu. Proses pembuatan akun pada aplikasi Canva juga terbilang mudah dan simple.

Pada saat bizzie sudah berada di halaman utama dari aplikasi Canva, bisa langsung saja memilih kolom yang bertuliskan “sign up”. Kolom dengan tulisan tersebut biasanya akan berada di posisi pojok kanan atas layar dari aplikasi Canva.

Di dalam proses sign up, brizzi akan diberikan banyak pilihan akun yang ingin di daftarkan. Ketika bizzie sudah memilih salah satu, maka aplikasi Canva sudah siap untuk digunakan.

2. Membuat Desain Pertama

Setelah membuat akun, maka untuk tutorial menggunakan aplikasi Canva selanjutnya adalah membuat desain yang pertama. Bahkan, secara otomatis setelah melakukan login atau sign up langsung dibawa pada halaman utama pada aplikasi Canva.

Bagi bizzie yang ingin membuat desain di dalam aplikasi Canva, bisa langsung saja memilih kolom dengan tulisan “create a design”. Pada saat bizzie sudah memilih menu tersebut, secara otomatis akan diberikan banyak pilihan jenis konten yang bisa dipilih dan dibuat.

Pilih saja salah satu yang menurut bizzie bagus dan menarik. Setelah menentukan konten visual menarik, maka bizzie bisa melanjutkan ke tutorial menggunakan aplikasi Canva selanjutnya.

3. Pemilihan Background

Setelah memilih jenis konten yang ingin bizziebuat, maka untuk langkah selanjutnya langsung saja masuk pada halaman editor dari aplikasi Canva. Di dalam halaman tersebut, bizzie bisa memberikan rancangan desain dengan bantuan dari beberapa template.

Bagi bizzie yang ingin memulai desain dari nol, maka ada beberapa langkah yang harus diikuti terlebih dahulu. Langkah yang pertama adalah memilih jenis background terlebih dahulu.

Sebenarnya di dalam aplikasi Canva terdapat 2 menu yang bisa dipilih oleh para pengguna. Untuk kedua desain tersebut adalah “photos” dan “background”. Lebih menariknya lagi, di dalam menu tersebut bizzie bisa memilih foro latar belakang dari galeri yang ada di perangkat.

Lekukan edit foto terlebih dahulu mulai dari, ukuran, tata letak, gradien warna dan masih banyak lainnya. Setelah bizzie sudah benar-benar yakin bisa melanjutkan tutorial menggunakan aplikasi Canva selanjutnya.

4. Mengedit Background

Selanjutnya adalah bizzie bisa melakukan edit background yang ingin dijadikan sebagai latar belakang terlebih dahulu. Pada saat melakukan tutorial menggunakan aplikasi Canva yang satu ini harus teliti dan disesuaikan lagi dengan ukuran fotonya.

Ada satu cara yang bisa bizzie lakukan yaitu dengan memberikan di salah satu ujung dari foto tersebut. Setelah itu, brizzi bisa menariknya lagi supaya bisa memberikan kualitas dari background tersebut.

Bisa saja bizzie melakukan edit pada bagian background supaya teks bisa di tambahkan pada gambar tersebut. Disarankan, untuk bizzie yang ingin memberikan tulisan pada background gambar bisa memilih warna terang.

Dengan pemilihan warna terang ini bisa membuat tulisan tersebut bisa terbaca secara jelas. Akan tetapi, bizzie juga harus menyesuaikan lagi dengan tulisan dari warna tersebut.

5. Menambahkan Teks

Selesai mengedit background latar belakang, maka untuk tutorial menggunakan aplikasi Canva adalah menambahkan teks. Bagi bizzie yang ingin menambahkan teks pada desain tersebut bisa langsung saja memilih menu “text” pada aplikasi Canva.

Ada 2 cara yang bisa digunakan, ketika ingin menambahkan teks. Cara pertama adalah memilih beberapa template yang sudah disiapkan oleh aplikasi Canva. Pada cara yang satu ini tergolong lebih mudah dan sangat cocok digunakan bagi para pemula.

Akan tetapi, untuk bizzie yang ingin memberikan teks secara manual juga bisa dilakukan pada aplikasi Canva. Sehingga, dengan cara manual tersebut bizzie akan diberikan 3 pilihan model tulisan.

Setelah tulisan yang dibuat sudah yakin, maka bizzie bisa langsung saja memindahkan tata letaknya terlebih dahulu. Pada cara kali ini, bizziehanya perlu memberikan klik pada garis luar di bagian kotak teks.

Dengan cara tersebut sudah bisa mengubah tempat teks sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk posisi teks sudah benar, supaya bisa memberikan kesan yang sangat menarik.

6. Melakukan Unduh dan Membagikan Desain

Tutorial menggunakan aplikasi Canva yang paling akhir adalah melakukan unduhan atau membagikan desain kepada teman terdekat. Ketika bizzie sudah benar-benar yakin, maka bisa langsung saja keluar dan membagikan hasil desain kepada orang lain.

Perlu bizzieketahui, untuk aplikasi Canva mempunyai proses penyimpanan otomatis. Sehingga, semua hasil edit atau perubahan yang dilakukan sudah tersimpan secara otomatis oleh aplikasi Canva tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai tutorial menggunakan aplikasi Canva. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin menggunakan aplikasi Canva. 

Baca Juga