fbpx

Tools Copywriting Versi Bahasa Indonesia yang Akan Mudahkan Penulis

Seiring berkembangnya zaman, saat ini tersedia alat bantu atau tools yang akan memudahkan manusia dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari. Bahkan tools tersebut akan berguna baik di dunia nyata maupun di dunia maya sekalipun. Salah satu alat yang populer digunakan adalah versi bahasa Indonesia. Hal ini sangat berguna bagi Bizzie yang ingin mempelajari tentang menulis Copywriting.

Para copywriter bisa memanfaatkan bermacam tools yang nantinya akan memudahkan dalam hal menulis copy. Saat ini sudah tersedia cukup banyak tools copywriting yang memudahkan para penggunanya yakni kalangan penulis. Tetapi sayangnya tools yang bisa membantu Bizzie menuliskan copy masih banyak yang memakai bahasa Inggris atau hanya tersedia di dalam versi bahasa asing.

Mengenal Tools Copywriting Versi Bahasa Indonesia 

Sebelum Bizzie mengetahui apa saja tools copywriting versi bahasa Indonesia yang sangat membantu, pertama-tama ketahui tentang alat populer satu ini. Tools Copywriting adalah sebuah alat yang nantinya membantu para penggunanya yakni para penulis dalam menulis suatu copy. Tools yang ada juga beraneka macam. Ada tools yang akan membantu Bizzie rutin dalam menulis, mempelajari kosa kata yang baik serta benar dan masih banyak jenis lainnya.

Akan tetapi sebelumnya para penulis bahasa Indonesia tidak akan terbantu lantaran tools yang tersedia hanyalah copywriting versi Inggris. Namun Bizzie tidak perlu khawatir, pasalnya sudah terdapat banyak tools copywriting di dalam bahasa Indonesia yang dapat dipelajari dan dipilih sesuai kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Berikut adalah rekomendasi tools copywriting bahasa Indonesia untuk penulis:

1. Lektur.Id

Jika Bizzie adalah seorang penulis ataupun orang yang kerap mencari sinonim dari suatu kata tentunya tidak asing lagi dengan tools copywriting versi bahasa Indonesia bernama Lektur.id ini. Adapun Lektur.ID merupakan yang menyediakan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Di sini juga tersedia kamus bahasa Inggris dengan terjemahan Indonesia serta penulisan kata tidak baku dan kata baku.

Bukan hanya itu, Lektur.ID juga menyediakan fitur pemeriksaan ejaan dalam Bahasa Indonesia. Bizze juga dapat mengakses fitur yang tersedia lewat menu ataupun melalui kotak pencarian. Supaya Copywriting Bizzie bisa lebih variatif maka harus menguasai serta memakai kata-kata yang juga variatif. Sebagai contoh, jika Bizzie menulis sebuah kata maka bisa langsung mencari bermacam sinonim dari kata-kata di dalamnya.

Hal ini bertujuan agar copywriting bisa lebih menarik juga unik. Tidak hanya menyediakan sinonim dan antonim, tools copywriting versi bahasa Indonesia ini juga mampu memperbaiki tulisan yang salah. Menariknya lagi, Bizzie dapat memakai tools copywriting Lektur.ID secara gratis tanpa dipungut biaya.

2. Ejaan.Id

Rekomendasi tools copywriting dalam bahasa Indonesia selanjutnya adalah Ejaan.id. Melansir dari situsnya, Ejaan.id adalah halaman penyuntingan yang memanfaatkan kecanggihan . Situs tersebut berbasis ilmu linguistic serta sistem informasi yang membuat pengguna bahasa Indonesia bisa memperbaiki kesalahan dalam penulisan bahasa Indonesia dengan cara tersistem.

Adapun tools copywriting versi bahasa Indonesia satu ini dapat membantu Bizzie agar bisa menuliskan copy yang memakai bahasa baku dan tampak lebih professional. Selain itu fitur yang tersedia di Ejaan.id terbilang cukup banyak. Sistem Ejaan.id adalah Bizzie dapat menulis copywriting di sini kemudian tekan perbaiki ejaan. Sesudah menekan perbaiki sejaan, nantinya tools tersebut memproses tulisan atau copywriting yang dibuat serta mengoreksinya.

Sesudah dikoreksi, tools tersebut akan memperlihatkan apa saja yang dapat Bizzie perbaiki. Bukan hanya itu, Bizzie pun juga bisa langsung menyalin ulang hasil ejaan yang sudah tools ini benarkan. Meskipun fiturnya canggih Bizzie tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam-dalam agar bisa menggunakannya. Sebab Ejaan.id saat ini masih bisa digunakan secara gratis.

Baca Juga :

3. KBBI Daring

Pilihan tools copywriting versi bahasa Indonesia  terbaik selanjutnya adalah KBBI Daring. KBBI sendiri adalah akronim dari kalimat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tools KBBI Daring berguna agar bisa mencari makna dari suatu kata. Akan tetapi ketika Bizzie mencari suatu kata yang tergolong tak baku maka Tools tersebut tidak bisa menemukannya. Sehingga ketika Bizzie menggunakan tools tersebut pastikan kata-kata yang dicari memakai bahasa baku.

Untuk memakai tools copywriting versi bahasa Indonesia KBBI, Bizzie tak perlu melakukan tahap registrasi akun lebih dahulu. Siapa saja dapat mengakses tools KBBI Daring secara gratis dan sebebas mungkin. Tetapi jika Bizzie inting mengakses fitur tertentu misalnya mengajukan makna kata atau usulan kata baru di KBBI maka harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. KBBI Daring bisa diakses dengan mudah lewat iOS, perangkat Android atau sekalipun.

4. RimaKata

Beberapa penulis menggunakan tools RimaKata saat copy sebuah tulisan. Sebagai informasi, pengulangan bunyi atau Rima tergolong persuasive. Meskipun rima kerap dipakai untuk pantun atau puisi, tidak ada salahnya kalau Bizzie memakainya untuk Copywriting. Dengan memakai tools copywriting versi bahasa Indonesia tersebut, Bizzie dapat mencari sekaligus melihat jenis-jenis Rima yang ada. Keunggulan tools RimaKata ini lainnya adalah tersedia secara gratis.

5. PUEBI Daring

Tak semua orang dapat mengingat PUEBI atau Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Padahal kaidah terkait ejaan Bahasa Indonesia dibutuhkan agar bisa menulis konten yang baik. Oleh sebab itulah para content writer perlu memahami tools copywriting versi bahasa Indonesia yang bisa membantu dalam penerapan PUEBI itu. Adapun panduan ini adalah penyempurnaan dari EYD yang sebelumnya menjadi panduan dalam pemakaian bahasa Indonesia.

Itulah rekomendasi tools copywriting versi bahasa Indonesia yang harus dipahami oleh para konten writer. Tools itu akan mempermudah pekerjaan Bizzie dalam hal menulis kontan yang efektif dan bagus.

Baca Juga :

How useful was this post?

Click on a star to rate it!