fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PengetahuanTechnology

Bukan Cuma ChatGPT, Ini Tools AI Berbasis Web Canggih Lainnya

Yanti puspita

Tools AI berbasis web – Perkembangan Artificial Intelligence (AI) kini semakin pesat dan ini semua memberikan kemudahan kepada para penggunanya. AI ini menjadi populer setela di luncurkannya ChatGPT, sebuah chatbot berbasis teknologi AI yang dapat berinteraksi dengan pengguna dengan cara yang canggih.

ChatGPT dapat menjawab perintah dan pertanyaan yang di ajukan oleh pengguna. Tapi selain ChatGPT, nyatanya masih banyak tools AI berbasis web yang bisa di gunakan tanpa harus berlangganan. Apa saja tools AI berbasis web tersebut? Berikut penjelasannya!

Tools Ai Berbasis Web Canggih Untuk Mempermudah Hidup

AI adalah salah satu teknologi tercanggih yang pernah di ciptakan oleh manusia. AI mensimulasikan kecerdasan manusia ke dalam sebuah program dan mengolah berbagai data tersebut ke dalam perangkat lunak.

Dengan bantuan algoritma, data kemudian akan di analisis untuk menemukan pola dan korelasi yang akan di gunakan untuk memprediksi situasi atau kebutuhan penggunanya. Selain ChatGPT yang kini mulai melejit dan banyak di gunakan, ada beberapa tools AI berbasis web lainnya yang akan memudahkan semua urusan Anda. Berikut beberapa tools AI yang bisa Anda gunakan.

Bing AI

Beberapa bulan yang lalu Microsoft secara resmi meluncurkan mesin pencari Bing AI. Pada dasarnya Bing AI ini di tujukan untuk menjawab pertanyaan pengguna dengan lebih akurat dan komprehensif. Chatbot ini memiliki 3 mode obrolan, yaitu: mode kreatif, mode seimbang, dan mode precise.

Adanya hal ini menjadikan Anda bisa mengatur gaya obrolan dapat di sesuaikan dan di ubah sesuai dengan pengalaman interaktif pengguna. Bing AI di dasarkan pada versi GPT 3.5 yang lebih bertenaga daripada GPT 3 yang digunakan oleh ChatGPT. Tools AI berbasis web ini bisa Anda gunakan secara gratis dan yang Anda butuhkan hanyalah akun Microsoft untuk mulai menjelajahi nya.

You.com

Tools AI berbasis web selanjutnya adalah You.com. Mesin pencari ini memiliki privasi yang lebih aman karena tidak memiliki sistem pelacakan dan serangan iklan seperti Google. Jika Anda ingin mengobrol dan mendapatkan banyak informasi terbaru, membuat konten, dan membuat gambar Anda dapat menggunakan fitur menarik yang tersedia.

Fitur menarik ini berupa YouChat, YouWrite, YouImagine, YouCode dan YouSocial yang merupakan tools turunan dari You.com ini. Chatbot ini bisa Anda gunakan secara gratis dan juga di dukung oleh GPT-3.5 seperti halnya ChatGPT.

Chat Sonic

Tools AI berbasis web ini adalah chatbot yang sekilas hampir mirip dengan ChatGPT karena juga menggunakan kemampuan GPT-4. Bukan hanya itu, ChatSonic ini juga dapat menjawab pertanyaan menggunakan perintah suara. Namun sayangnya ChatSonic ini tidak gratis, namun tools ini menawarkan uji coba hingga 10.000 kata di awal penggunaanya.

Perplexity

Perplexity memiliki kekuatan super dalam menjawab pertanyaan dengan menambahkan kutipan dan referensi yang menunjukkan dari mana informasi itu berasal. Hal ini membuat setiap jawaban lebih di percaya. Tools Perplexity AI ini patut di coba bagi Anda yang mencari chatbot AI yang dapat di akses dengan keunggulan kompetitif, tanpa registrasi, dan gratis.

Notion AI

Apakah Anda ingin menulis catatan dengan bahasa yang mudah dimengerti? Kini Anda bisa melakukannya dengan tools AI berbasis web Notion AI. Kini Notion AI dirancang sebagai “mitra pikiran” untuk membantu Anda menyelesaikan beberapa tugas sederhana dan sistematis.

Selain itu, tools ini juga gratis di gunakan dengan batas maksimal 20 tanggapan. Namun, untuk terus memanfaatkan Notion AI ini, Anda harus berlangganan layanan Notion Plus atau Notion Personal Pro.

Typingmind

Tools AI berbasis web berikutnya adalah TypingMind yang merupakan platform dengan antarmuka yang ramah pengguna dan menggunakan dukungan GPT-4. Chatbot ini di klaim memiliki antarmuka pengguna yang lebih baik dan dapat di gunakan kapan saja tanpa takut server atau batasan penuh.

Saat di gunakan, Anda bisa memilih karakter AI untuk menjawab pertanyaan dari berbagai bidang, seperti stand up comedian, product manager, life hacker, dll. Selai itu tools TypingMind ini gratis untuk di gunakan dengan beberapa fitur dasar dan tanpa biaya bulanan. Namun, aplikasi chatbot ini juga memiliki opsi premium dengan fitur yang lebih lengkap dan canggih.

Caktus AI

Tools AI berbasis web Caktus AI memiliki fungsi yang hampir sama dengan Notion AI. Platform ini mencakup tools yang berguna seperti penulis esai, penulis pernyataan pribadi, asisten pengkodean, dan banyak lagi lainnya. Tools yang satu ini di rancang untuk di gunakan oleh para siswa dan guru. Para pengembang Caktus AI ini memiliki niat untuk menggunakan tools ini  untuk mengubah dan memajukan pendidikan di dunia.

Copy.ai

Tools Copy.ai adalah pembuat konten berbasis AI yang dapat menghasilkan konten dalam hitungan detik. Konten yang di tawarkan pun beragam, mulai dari konten blog, email, copywriting media sosial, copywriting eCommerce, dan konten website. Tools online yang kuat ini juga tersedia dalam 25 bahasa. Sayangnya, bahasa Indonesia tidak termasuk di antara ke 25 bahasa tersebut.

Resume.io

Tools AI berbasis web resume.io adalah pembuat resume online dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan. Teknologi yang satu ini dapat menghasilkan resume dalam hitungan menit berdasarkan templat resume profesional yang sudah teruji oleh perekrut profesional.

Selain membuat resume profesional, Resume.io juga menyediakan berbagai template resume dan surat lamaran yang siap Anda pakai.

Beautiful.ai

Tools Beautiful.ai adalah alat desain presentasi inovatif yang berbasis AI. Dengan fitur canggih nya, Beautiful.ai siap membantu Anda membuat presentasi yang memukau dengan tata letak profesional secara otomatis.

Dari opsi template yang menarik hingga tata letak slide yang efisien, Beautiful.ai memastikan bahwa setiap elemen presentasi Anda terlihat konsisten dan menyenangkan secara estetika.

Dengan bantuan tools AI ini, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mendesain presentasi yang mengesankan, sehingga Anda dapat fokus pada konten dan pesan yang ingin Anda sampaikan di presentasi tersebut.

Maestra

Tools AI berbasis web Maestra adalah platform inovatif yang bisa Anda gunakan untuk subtitle dan dubbing video. Menggunakan pengenalan suara berbasis teks dan teknologi sintesis ucapan, Maestra memungkinkan Anda membuat subtitle secara otomatis di video Anda.

Antarmuka yang intuitif dan kemampuannya yang canggih, Maestra memberikan solusi yang cukup handal untuk meningkatkan aksesibilitas pengguna saat menonton video Anda. Meskipun tersedia dalam mode berbayar, Maestra menyediakan alat canggih bagi pembuat konten dan produser video untuk menghemat waktu dan tenaga Anda.

Demikian lah beberapa rekomendasi alternatif tools AI berbasis web yang bisa di gunakan selain ChatGPT. Namun ingtlah bahwa seberapa cerdas tools-tools ini, mereka hanyalah alat yang hasil akhirnya tetap bergantung pada kerja keras, kreativitas, dan keahlian pengguna untuk mengembangkan ide dan keterampilan nya masing-masing.

Baca Juga