fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessTips & Trik

5 Tips Sukses Beriklan Di Youtube

Yanti puspita

YouTube dapat menjadi platform yang bisa di gunakan untuk beriklan baik produk berupa barang, jasa, layanan, dan lain sebagainya. Bukan hanya sekedar platform nonton video saja, melainkan dibuat untuk bisnis.

Dengan menempatkan iklan di YouTube, Anda dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Iklan yang muncul sebelum, sesudah, atau di antara video Youtube dapat menjangkau banyak penonton.

Selain itu, iklan YouTube memungkinkan Anda untuk menumbuhkan penonton berdasarkan segmen pasar. Kepada siapa iklan akan di tampilkan dapat di sesuaikan berdasarkan topik, kata kunci, dan demografi.

Untuk menjalankan iklan di YouTube, Anda perlu menghubungi Google Ads. Dengan Google Ads ini, Anda dapat mengontrol jumlah tayangan, biaya, dan anggaran untuk iklan Anda.

Di YouTube, Anda dapat melihat perilaku penonton melalui dasbor Analytics. Misalnya, Anda dapat melihat video mana yang telah Anda tonton dan berapa lama video tersebut telah di tonton.

Setelah Anda memahami manfaat iklan YouTube untuk kelancaran bisnis Anda, yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah cara beriklan di YouTube serta 5 tips sukses beriklan di Youtube yang bisa Anda coba .

5 Tips Sukses Beriklan Di Youtube Yang Harus Anda Coba

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk beriklan di YouTube. Tips-tips ini bisa Anda ikuti agar nantinya Anda berhasil beriklan di YouTube. Berikut adalah 5 tips sukses beriklan di Youtube yang perlu Anda ketahui.

1.      Gunakan Opsi Penargetan Di Youtube

Salah satu kelebihan dari platform YouTube adalah Anda dapat mengontrol siapa yang melihat iklan Anda. Dari sini Anda dapat menentukan demografi yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda dan memilih untuk menampilkan iklan pada topik atau pemirsa tertentu.

Dengan kelebihan platform YouTube yang satu ini, Anda bisa menggunakan opsi penargetan ini untuk menyampaikan iklan Youtube Anda kepada audiens yang sesuai dengan segmentasi produk Anda.

2.      Buat Konten Yang Menarik Dan Berkualitas

Tips sukses lain dalam beriklan di Youtube adalah membuat konten yang menarik dan berkualitas. Konten menarik adalah konten yang dapat menarik penonton sejak detik pertama konten itu terlihat.

Konten yang berkualitas, adalah konten yang dapat menampilkan video dengan baik (tidak buram atau berkualitas buruk).

3.      Siapkan Video Pemasaran Ulang

Pemasaran ulang adalah cara paling efektif untuk membuat audiens target Anda akhirnya membeli produk Anda. Secara umum, cara ini adalah cara untuk membuntuti audiens dengan iklan di berbagai tempat, mulai dari iklan media sosial, mesin pencari, hingga Platform YouTube.

4.      Kampanyekan Iklan In-Stream Dan Iklan Display

Anda perlu memahami bahwa Iklan In-stream dan Iklan Display memiliki bentuk yang berbeda. Jika iklan in-stream muncul sebelum, setelah, dan di antara video yang Anda tonton.

Maka iklan Display muncul di halaman penelusuran di samping video yang dihasilkan dari penelusuran Anda. Dari sini Anda perlu menentukan strategi dan anggaran yang berbeda untuk format iklan Youtube yang satu ini.

5.      Pilih Format Iklan Youtube Sesuai Kebutuhan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak bentuk iklan di YouTube. Dari Iklan In-stream bersponsor, iklan display hingga iklan video yang dapat di abaikan atau tidak dapat di abaikan.

Anda harus hati-hati memilih iklan apa yang tepat untuk produk dan anggaran Anda. Ditambah Anda dapat mencoba beberapa format iklan dan melihat keefektifannya satu sama lain.

Dengan cara inilah Anda dapat mengetahui format iklan mana yang terbaik untuk perusahaan dan produk bisnis Anda. Pastikan Anda mengikuti spesifikasi Google untuk mendapatkan dimensi dan kualitas iklan yang tepat.

Cara Memasang Iklan Di Youtube

Tips sukses beriklan di Youtube yang telah di jelaskan di atas tidak akan berfungsi bila Anda tidak mengetahui bagaimana cara beriklan di Youtube. Beriklan di YouTube melibatkan beberapa langkah yang sebenarnya tidak rumit untuk di lakukan.

Namun, langkah-langkah ini harus di ikuti agar Anda berhasil memasan iklan di YouTube untuk mempromosikan produk Anda. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara beriklan di Youtube yang bisa Anda tiru.

·         Hubungkan Google Ads Ke Saluran Youtube

Cara beriklan di YouTube yang pertama adalah dengan menghubungkan akun Google Ads ke akun Youtube Anda. Maka dari itu, Anda perlu mendaftar ke Google Ads terlebih dahulu dan tentunya Anda juga harus memiliki saluran YouTube.

Akun Google Ads dan channel YouTube Anda harus terhubung karena pengaturan iklan di kelola oleh Google Ads.

·         Unggah Video Promosi Ke Youtube

Cara beriklan di YouTube selanjutnya adalah mengupload video yang akan dijadikan sebagai bahan promosi produk Anda. Saat mengunggah, pastikan Anda mengisi semua detail video dengan lengkap. Dari judul, deskripsi, tag hingga thumbnail.

Jika Anda tidak ingin orang melihat video kreatif di saluran Anda, Anda dapat memilih opsi tersembunyi saat mengunggah video Anda.

Setelan ini akan membuat video Anda terlihat tetapi tidak terlihat oleh pengunjung reguler saluran Anda. Hanya orang yang menerima tautan langsung yang dapat melihatnya.

·         Buat Kampanye Di Google Ads

Setelah mengupload video, cara beriklan di YouTube selanjutnya adalah mengubah konten menjadi video promosi melalui pengaturan di Google Ads.

Video kreatif Anda dapat dikonfigurasi dengan banyak hal di Google Ads. Dari memilih jenis kampanye hingga subjenisnya.

·         Siapkan Detail Kampanye Iklan Youtube

Cara beriklan di YouTube selanjutnya adalah dengan menetapkan spesifikasi kampanye iklan di YouTube. Ada beberapa parameter yang harus di penuhi untuk kampanye iklan YouTube ini.

Dari nama kampanye hingga strategi pembayaran. Dengan ini Anda dapat memilih opsi bayar-per-tayang saat pengguna YouTube menonton iklan video Anda lebih dari 30 sekon.

Opsi lainnya adalah biaya per seribu tayangan jika Anda menggunakan format video buffer atau iklan yang tidak dapat di lewati.

Anda juga dapat menentukan anggaran dan Google Ads akan menyesuaikan tayangan sesuai dengan Anggaran yang Anda pilih itu. Anda juga dapat menghentikan sementara kampanye iklan Anda di Google Ads.

·         Pilih Format Iklan Youtube

Cara menampilkan iklan di YouTube selanjutnya adalah dengan memilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat melihat penjualan, ada beberapa format iklan yang bisa Anda pilih dan bisa Anda pasang di YouTube.

Kesimpulan

YouTube adalah platform yang sangat populer bagi siapa saja yang ingin mencari nafkah atau menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui konten video.

Dengan pengelolaan saluran Youtube yang baik, tujuan Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari platform YouTube dapat terwujud dengan mudah. Apalagi jika Anda sudah mulai tergerak untuk memasang iklan di chanel Youtube Anda.

Nah, dengan di bahasnya 5 tips sukses beriklan di Youtube serta cara memasang iklan di Youtube di atas semoga dapat bermanfaat untuk promosi bisnis Anda dan membantu Anda dalam mengelola channel Youtube Anda.

Baca Juga