fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Tips Memilih Template yang Bagus untuk Website

Yanti puspita

Tips memilih Template yang bagus untuk sebuah website saat ini banyak dicari oleh banyak orang. Hal ini bertujuan agar website lebih menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk membuka website Anda. Selanjutnya kita akan membahas beberapa tips memilih Template, namun pertama-tama kita akan mengetahui apa itu Template beserta fungsinya.

Mengenal Tentang Template

Template adalah file atau dokumen yang berisi format yang telah ditentukan sebelumnya. Templat digunakan untuk membuka aplikasi tertentu pada website, namun Template sendiri juga dapat diartikan sebagai komponen penting dari suatu sistem website.

Template pada website memisahkan bagian presentasi dan konten yang tujuannya untuk memudahkan akses ke website. Templat dibuat untuk menghasilkan dan memperbanyak jumlah dokumen. Untuk itu peranan Template pada sebuah website sangatlah penting, karena tanpa Template yang baik website anda terlihat biasa saja dan tidak menarik untuk dikunjungi banyak orang.

Fungsi Adanya Template

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa Template tersebut dapat dibandingkan dengan cara untuk menarik pengunjung untuk membaca konten Anda. Tampilan Template sangat penting untuk website Anda, mulai dari layout, font, warna, dan lain sebagainya.

Lalu apa fungsi dari Template tersebut? Tentu saja, fungsi terpentingnya adalah menyesuaikan tampilan situs sesuai dengan struktur, desain, dan tata letak yang diinginkan. Namun, fungsi dari Template website tidak hanya itu saja.

Template situs web juga berfungsi untuk membuat situs lebih hidup dan intuitif. Anda bisa memilih berbagai jenis tema yang sesuai dengan konsep website. Pastinya akan membuat pengunjung betah.

Template situs web menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengunjung agar tidak repot-repot menemukan apa yang pengunjung inginkan. Dengan tata letak yang tertata dengan baik, pengunjung bisa lebih nyaman saat mengunjungi situs Anda. Terakhir, Template situs web juga dapat membuat situs Anda lebih mutakhir.

Tips Memilih Template yang Baik

Memiliki website yang bagus adalah sesuatu yang di inginkan banyak orang, terutama para kreatif muda dan pebisnis. Untuk memaksimalkan fungsi dari sebuah website, setiap orang di haruskan punya tips memilih Template yang sesuai dengan website yang sudah Andamiliki.

Tips memilih Template yang baik untuk website ini bisa di jadikan referensi untuk membangun website Anda agar lebih bagus dan menarik untuk di kunjungi, dan berikut tipsnya:

Melihat Fitur dan Kustomisasi

Template website modern biasanya menyertakan beragam pilihan terkait fitur dan kustomisasi. Pelajari sesuai kebutuhan website agar kedepannya tidak mengalami keterbatasan fungsi. Misalnya Anda ingin membuat website penjualan tiket online, Template yang di gunakan wajib mempunyai fitur reservasi dan list jadwal penerbangan.

Sementara untuk website yang merupakan jenis situs toko online, Template yang harus di gunakan tentunya sudah mendukung plugin WoCommerce atau page builder.  Agar nantinya tidak kesulitan dalam merancang halaman produk dan juga mudah.

Mengetahui karakeristik website terlebih dahulu

Jenis website menjadi alasan paling mendasar sebelum menentukan mdel Template yang sesuai kebutuhan. Kebutuhan Template website profil bisnis tentunya berbeda dengan kebutuhan Template website berita yang kebanyakan terisi dengan artikel dan gambar.

Melihat tujuan website yang dibuat

Selanjutnya tips memilih Template yang tepat, sebaiknya pahami dulu apa tujuan dari website yang Anda buat. Misalnya website Anda tentang memasak atau cara memasak, jadi berikan Template dengan warna gelap seperti hitam putih dengan sentuhan background hewan, jelas tidak menarik dan tidak berhubungan.

Sebaiknya jika website Anda adalah kuliner Anda dapat memberikan sentuhan model Template yang lebih tepat untuk website Anda, dari segi fitur, warna, latar belakang dan banyak lagi.

Template harus punya navigasi yang bagus

Model Template yang memiliki struktur yang tertata dan navigasi yang baik bertujuan untuk memudahkan pengunjung yang membuka website Anda untuk menemukan informasi yang di inginkan pengunjung. Selain itu, navigasi yang baik juga akan berdampak pada kecepatan proses pembukaan fitur di website Anda.

Pilih Template berkapasitas ringan

Tujuan pemilihan Template dengan kapasitas yang ringan adalah untuk mempercepat proses opening atau loading saat mengakses website Anda. Ini jelas faktor yang cukup penting, karena jika loading saat website lama untuk dibuka.

Orang yang ingin mengakses website juga cenderung meninggalkan web Anda dan memilih web lain. Dampaknya website Anda jarang di kunjungi orang karena sulit dan membutuhkan waktu loading yang lama.

Pertimbangkan dukungan pelanggan

Saat memilih model Template, pastikan penyedia menyediakan dukungan pelanggan. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu khawatir jika website Anda sewaktu-waktu mengalami masalah. Hubungi saja dukungan pelanggan, maka penyedia Template akan siap untuk memperbaiki masalah yang Anda alami.

Temukan sumber tepercaya

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menemukan sumber penyedia Template yang dapat di andalkan. Carilah penyedia yang banyak di cari orang dan terbukti menyediakan berbagai jenis Template website, hindari untuk coba mencari penyedia Template yang abal-abal.

Pertimbangkan kecepatannya

Tips memilih Template yang baik adalah dengan mempertimbangkan kecepatannya, apakah responsive atau tidak. Pastikan pengunjung dapat dengan cepat mengakses Template Anda. Pastinya Anda tidak ingin pengunjung pindah ke situs web lain hanya karena situs Anda membutuhkan waktu loading lama karena Template tidak responsive.

Lebih Baik Pilih Template Gratisan atau Berbayar?

Beli template dari penyedia yang terpercaya dan ahli di bidang SEO. Ada pembuat template yang selalu mengikuti perkembangan algoritma Google dan melakukan perbaikan dari berbagai sisi. Periksa kecepatan yang di sertakan di GTmetrix, periksa skrip pemblokiran rendering bot Google di google page speed insight.

Tag lengkap pada alat pengujian struktur data Google, pengoptimalan seluler di Google responsif, periksa kesalahan template melalui alat webmaster Google, dan lain sebagainya. Kunci untuk memilih template terbaik untuk blog Anda adalah dengan melakukan pemantauan secara teratur melalui layanan konsol pencarian Google.

Anda akan melihat berbagai kesalahan mulai dari URL yang di blokir, crawl bot yang diblokir hingga hal-hal lain yang menghambat crawling Googlebot. Untungnya sekarang banyak blogger yang membagikan template premium secara gratis, yang jelas bukan versi terbaru melainkan versi lawas.

Namun Anda tetap bisa mendapatkan template kualitas premium secara gratis. Jadi kalau di sarankan lebih baik pilih tamplate premium alias berbayar.

Kesimpulan

Ada blogger yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli template yang di katakan mampu menaklukkan persaingan SEO. Dan telah teroptimasi struktur tag ke level tertinggi, tentunya template ini di jual dengan harga yang cukup mahal.

Berbicara tentang SEO tidak hanya mencakup masalah template. Ada lebih dari 250 faktor SEO yang di pertimbangkan Google saat menentukan peringkat halaman, dan template yang optimal hanyalah salah satunya.

Terkadang beberapa situs tidak berkembang karena struktur template yang buruk, untuk setiap website pastikan untuk melakukan optimasi berkala. Jadi ketika Anda menemukan kesalahan pada situs web Anda, segera perbaiki agar mempengaruhi peringkat halaman dan lakukan optimasi.

Baca Juga