fbpx

9 Tips Memilih Tema WordPress Terbaik

Satu hal yang masih cukup menyulitkan pada saat membuat baru adalah menentukan tema yang sesuai. Ya, memilih atau memang hal yang sulit. Tapi menentukan salah satu dari ribuan pilihan tema bisa jadi cukup memusingkan. Maka dari itu, tips memilih tema WordPress masih menjadi hal penting untuk dipertimbangkan.

Apa Saja Tips Memilih Tema WordPress?

Seperti yang Anda ketahui, di WordPress.org saja, ada lebih dari 4300 tema yang bisa Anda pilih. Banyaknya pilihan, seharusnya memudahkan Anda dalam memilih salah satu tema yang paling cocok dengan Anda. Untuk itu, Anda bisa memperhatikan apa yang bisa dilakukan dan yang tidak dalam tips memilih tema WordPress yang kami rangkum berikut ini.

1. Hanya Pertimbangkan Tema yang Support WordPress Terbaru

Tentu saja, ini karena berhubungan dengan fungsionalitas dan keamanan website Anda. Fitur website Anda bisa saja tidak kompatibel dengan pembaruan WordPress, begitu juga soal keamanan datanya. Ini karena juga akan selalu mengacu pada WordPress veris terbaru sehingga Anda harus selalu memperbarui versi WordPress Anda. 

2. Hindari Tema yang Sudah Lama Tidak Diperbarui 

Masih tak jauh dari tips memilih tema WordPress nomor 1 di atas, Anda juga patut menghindari tema yang sudah beberapa bulan tak diperbarui. Kebanyakan tema yang sudah tidak diperbarui setahun lebih, mungkin sudah ditinggalkan oleh pengembangnya. besar kemungkinan, tema tersebut tak lagi support WordPress terbaru.

Baca Juga :  Sejarah Komputer Generasi Kelima, Ini Penjelasannya

3. Pertimbangkan Tema yang Ideal dengan Tujuan Website Anda

Anda mungkin lebih memilih tema yang terlihat keren, dan mengesampingkan kesesuaian dengan kebutuhan website Anda. Oleh karena itu, dalam memilih tema sebaiknya tetap fokus pada kategori website Anda. Tenang, Anda tak akan kehabisan ppilihan tema meskipun membatasi pencarian berdasar kategori tertentu. 

4. Pertimbangkan Tema yang Ramah Ponsel

Sudah seharusnya, setiap tema modern tampil responsif di berbagai ukuran layar agar pengunjung bisa tetap betah di website, baik di laptop maupun smartphone. Anda bisa memanfaatkan opsi Live Demo untuk mencoba tampilan antar browser. Ini karena jumlah pengunjung yang menggunakan smartphone terus bertambah seiring waktu dan mereka penting untuk diperhatikan.

5. Pertimbangkan Tema yang Memiliki Ulasan Positif

Setelah berhasil menemukan tema yang ideal, lanjutkan dengan melihat ulasan penggunanya. Anda bahkan juga bisa menyaring ulasan berdasar kata kunci tertentu untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai keinginan. Atau Anda juga bisa memeriksa support threads, active topics dan unresolved topics untuk membuat penilaian sendiri.

6. Hindari Tema dari Sumber Tak Dikenal 

Tema dari unknown source kadang bisa saja terlihat menjanjikan. Namun demikian sebaiknya hindari tema dari pembuat yang tidak jelas dan bisa saja mengandung malware yang merugikan. Hanya pertimbangkan tema dari publisher yang terpercaya baik di situs mereka sendiri, maupun di WordPress.org.

7. Usahakan Memilih tema yang Ringan

Ya, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan tema WordPress yang tidak membutuhkan banyak sumberdaya untuk dimuat. Dengan begitu, situs Anda bisa dimuat degan cepat oleh pengunjung yang memiliki keterbatasan

8. Pilih Tema yang Mendukung SEO

Menggunakan tem yang mendukung SEO memudahkan Anda dalam melakukan optimisasi website. Untuk mendapatkan tema semacam ini, Anda bisa melihat fitur yang dijelaskan pada halaman tema. Dukungan ini bisa berupa struktur yang mudah dicerna bot, loading cepat dan desain yang ramah ponsel. 

Baca Juga :  post Custom Domain Blogspot DewaBiz dari Member Area

9. lebih Pertimbangkan Kualitas Ketimbang Harga

Apabila Anda memiliki keterbatasan anggaran, tips memilih tema WordPress gratisan memang bisa jadi opsi yang bisa menghemat. Namun konsep ini bisa jadi kurang tepat, mengingat seiring berkembangnya situs, Anda juga akan memerlukan kualitas tertentu yang hanya ada di tema berbayar.

Baca Juga : Cara Melihat Tema Web Kompetitor WordPress

Kembali lagi, utamakan kesesuaian dengan tujuan website Anda sambil mempertimbangkan kualitas ketimbang harganya. 

Kesimpulan

Daftar tips memilih tema WordPress di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi saat harus memilih salah satu diantara banyak pilihan. Saat tak ada satupun kandidat yang cocok dengan selera, Anda bisa memilih satu yang paling ideal sesuai urutan tips yang dijelaskan di atas.