fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikBusiness

Tips Membangun Website untuk UMKM

Wiliam

Membicarakan dunia bisnis tidak bisa lepas dari marketing. Hal ini merupakan bagian penting dalam pengenalan produk kepada calon customer. Selain itu image branding juga sangat diperlukan untuk produsen pemula.

Salah satu cara untuk memperkenalkan produk adalah dengan memiliki website. Di samping menjual produk, website juga memiliki fungsi untuk membantu menyebarkan informasi dari merek milik produsen.

Namun, kebanyakan pemula masih menganggap website tidak terlalu penting. Sehingga lebih banyak mementingkan penjualan secara langsung. Toko fisik dianggap lebih menguntungkan walau jangkauannya kurang luas.

Keberadaan website untuk pemula dan bisnis online sesungguhnya sangat dibutuhkan, terutama pada masa kini. Dalam website pengusaha dapat menonjolkan kelebihan dari produk, branding serta keunggulannya dibanding pada kompetitor.

Oleh karena itu, sebaiknya pengusaha kecil UMKM turut membuat website untuk menyebarluaskan jangkauan penjualan serta meningkatkan image branding.

Ada banyak contoh UMKM yang berhasil maju berkat website. Contoh sederhananya adalah penjual makanan khas daerah tertentu dapat memasarkan produk mereka ke daerah lain.

Tips Membangun Website untuk UMKM dan Pengusaha Pemula

Sebelum langsung membuat website untuk produsen pemula dan UMKM sebaiknya pelajari lebih dulu mengenai website yang akan dibuat. Gunanya untuk memahami traffic seperti apa yang dapat mengundang pengunjung lebih banyak.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memiliki website:

1. Template dan desain

Rancangan yang menarik pada template website dan desainnya juga menjadi elemen penting. Pasalnya dua hal ini memiliki peranan kuat untuk membuat Website terlihat lebih menarik. Terutama di smartphone yang lebih sering digunakan sebagai perangkat untuk berselancar di Internet.

Google juga membantu memberikan peringkat tinggi terhadap situs yang tampil optimal. Berbeda dengan website yang memiliki tampilan kurang bersahabat dengan smartphone.

2. Multimedia

Gambar memiliki makna lebih dari seribu kata. Oleh karena itu pula pengguna smartphone lebih senang menelusuri berbagai gambar serta menonton video dibanding membaca teks.

Apabila gambar ditampilkan dengan format yang tepat serta menggunakan taktik yang cocok, otomatis gambar tersebut dapat menaikkan peringkat situs. Dengan demikian hasil penelusuran pengunjung pun menjadi lebih banyak.

Hasilnya akan lebih efektif lagi jika pengusaha UMKM menggunakan favicon tertentu. Favicon adalah gambar kecil yang berada pada bagian atas tab Browser. Tujuannya bukan hanya untuk memberikan pencitraan pada merek tetapi juga berguna untuk bookmark dan toolbar icon. Sehingga pengunjung dapat lebih mudah menemukan situs tersebut.

Bagi pengguna website WordPress, dapat mengunduh tools serta plugin WordPress terlebih dulu. Tujuannya untuk mempermudah pengoptimalan gambar, pemasangan  video HD, Skema bookmark, dan banyak lagi.

Lain lagi jika website yang digunakan merupakan website builder. Semua dapat diakses pada satu tempat dan segera digunakan tanpa harus mengunduh terlebih dulu.

3. Merancang agar gampang ditemukan dalam pencarian

Penggunaan gambar serta fitur dalam mobile friendly belum cukup untuk mengoptimalkan desain di website. Masih ada beberapa praktek dalam SEO yang perlu diikuti, contohnya adalah dengan memakai Keyword yang tepat serta penggunaan Metadesk. Tujuannya agar calon pembeli lokal maupun calon pembeli dari luar negeri dapat menemukan situs bisnis website tersebut dengan mudah.

Google analytics memiliki fungsi untuk melacak kinerja postingan, kampanye pada media sosial, hasil pencarian berdasarkan kata kunci, serta beberapa faktor lain. Pemilik website harus lihai menyiasati hal tersebut untuk memperoleh hasil tinggi pada situs.

4. Fitur media sosial

Saat membuat website bagi pemula, agar bisnis online berjalan lebih baik pemiliknya harus dapat mengatur penggunaan media sosial. Dalam hal ini adalah website itu sendiri, yang harus diatur hingga mencapai hasil maksimal.

Sebaiknya, pemilik usaha menganggarkan biaya khusus untuk membayar admin yang mengelola media sosial. Akan tetapi, pemiliknya juga bisa memanfaatkan Hootsuite maupun Buffer dalam memposting konten.

5. E-commerce

Walau telah memiliki website, pemilik bisnis hendaknya tetap memaksimalkan toko online lain. Kini tersedia berbagai marketplace yang menyediakan berbagai kemudahan.

Dalam website ini sebenarnya dapat pula dijadikan sebagai e-commerce. Pemilik dapat mengkreasikannya dengan menawarkan cara pembayaran yang mudah. Baik berupa kartu kredit, transfer antar bank, serta Paypal.

Sistem pelacakan dengan inventaris, keranjang belanja, dan promosi menggunakan kupon juga menjadi cara pemasaran yang tepat. Cara ini untuk menarik minat para calon klien.

Cara Membuat Website bagi Pemula

Setelah mengetahui beberapa tips membangun website bagi UMKM agar diminati oleh calon klien sekarang saatnya belajar cara membuat website. Cara membuat website ini sebenarnya cukup mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu jika dipelajari dengan seksama.

1. Menentukan ide website

Website bagi UMKM sebaiknya condong ke jenis website e-commerce. Di situs tersebut memiliki dapat menjual berbagai jenis produk dan ragam jasa yang ditawarkan.

2. Registrasi nama Domain

Penggunaan domain umumnya memakai .com dan sebaiknya jangan terlalu panjang. Semakin unik nama yang digunakan, semakin potensial mendapat kunjungan dari pembeli.

3. Menentukan Web Hosting

Pemilihan hosting harus ditentukan dengan seksama, bukan hanya masalah harga tetapi juga dalam menjaga kepercayaan dan keandalan. Jangan mudah tergiur hosting tetapi tidak dapat dipercaya.

4. Menentukan platform

Ada banyak platform pembuatan website, pemilik usaha UMKM dapat menentukan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

5. Membuat perencanaan dalam pengembangan website

Setelah memahami bagaimana cara membuat website, pemiliknya juga harus belajar menjadi visioner. Ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan dalam website agar dapat berkembang lebih baik.

Demikian tips membangun website untuk UMKM yang dapat dipahami dengan mudah oleh para pemula sekalipun. Bisnis online saat ini sangat menjanjikan, sehingga sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Baca Juga