fbpx

Tips Compres Ukuran Foto Dengan Mudah

Saat ini Anda pasti membutuhkan untuk memperkecil ukuran foto dengan mudah. Mulai dari iklan produk, presentasi, urusan perkantoran, hingga persyaratan administrasi berbagai instansi dan perusahaan.

Agar ukuran foto atau gambar tetap dalam spesifikasi dan kebutuhan, maka harus diperkecil dalam foto. Ada banyak cara mudah untuk mengubah ukuran foto atau gambar.

Smartphone tentunya merupakan gadget yang paling sering menemani aktivitas kita sehari-hari, baik itu di rumah, di kantor atau bahkan di perjalanan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengompres file JPEG dengan atau tanpa aplikasi tambahan di ponsel Anda.

1. Cara Kompres JPG di HP dengan Photo Compress 2.0

Nah, jika Anda ingin memperkecil ukuran foto di ponsel menggunakan aplikasi pihak ketiga, Photo 2.0 adalah salah satu aplikasi kompresi foto terbaik untuk Android yang bisa Anda coba.
Caranya tap tombol Compress dan pilih kualitas yang diinginkan dengan menggeser tombol yang tersedia. Tap Compress lagi Tekan tombol Ecit dan foto akan otomatis tersimpan ke penyimpanan internal HP.

2. Cara mengecilkan ukuran gambar di HP tanpa aplikasi melalui iLoveIMG

Cara mengecilkan ukuran foto yang kedua ini tidak memerlukan aplikasi apapun dan bisa anda praktekkan langsung dari hp android atau ios anda.

Baca Juga :  7 Alasan Harus Membuat Website Hemat Biaya Dibandingkan Opsi Gratisan

Disini kamu hanya membutuhkan tool online bernama iLoveIMG Langkah-langkah mengecilkan ukuran foto di HP online adalah yaitu buka iLoveIMG (://www.iloveimg.com/id) pada aplikasi browser di ponsel Anda. Pilih menu compress image lalu tap tombol select image untuk mengunggah foto yang ingin dikompres.

Bahkan, pada langkah import gambar, Anda juga bisa memilih menu “Resize” di aplikasi dan langsung mengimpor gambar. Aplikasi ini sepertinya masih salah pilih, jadi tidak ada foto yang muncul dan tentunya juga tidak bisa dipilih.

3. Cara mengecilkan ukuran foto menggunakan Paint di laptop

Sedangkan untuk mengecilkan ukuran foto selanjutnya bisa kamu lakukan dengan aplikasi bawaan windows yaitu Paint yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran foto Anda

Cara mengecilkan ukuran foto yaitu membuka aplikasi Paint, klik menu File > Open > Pilih foto yang ingin dikompres.Di jendela bilah alat, klik menu Ubah Ukuran. Sesuaikan pada kebutuhan Anda, pilih Persen atau Piksel, lalu atur ukuran yang Anda inginkan. Periksa opsi Pertahankan rasio aspek dan klik OK.

Cara mengecilkan ukuran foto bisa dikatakan sebagai salah satu trik terpenting yang harus Anda kuasai karena Anda sering berurusan dengan dokumen termasuk foto di zaman modern ini.

Setiap institusi biasanya memiliki standar masing-masing mengenai ukuran foto serta resolusi foto yang digunakan, dan Anda harus menyediakan foto digital sesuai standar yang mereka tetapkan.

Fungsi mengompres dan mengubah ukuran file foto

1. Meratakan foto dapat membuat blog Anda tampak ringan

Apalagi buat kamu yang baru belajar ngeblog, memiliki ukuran gambar yang kecil di kisaran 100kb ternyata bisa mempercepat proses loading atau loading Anda.Tentunya dengan munculnya website atau yang loadingnya lebih cepat, pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk langsung menikmati konten yang dikandungnya.

Baca Juga :  Teknik SEO untuk Meningkatkan Peringkat dan Traffic

Selain itu, menurut beberapa praktisi (Seacrh Engine Optimization), kecepatan loading sebuah website juga mempengaruhi peringkatnya di . Biar makin banyak pengunjung yang datang ke sini!

2. Mengurangi ukuran foto menghemat ruang penyimpanan

Tahukah Anda alasan mengapa Anda perlu memperkecil ukuran foto, misalnya saat mengunggah file untuk pendaftaran atau melamar pekerjaan? Alasannya tentu saja untuk menghemat ruang disk, di mana pasti banyak orang akan mengunggah foto ke . File foto yang tidak terkompresi dapat dengan cepat mengisi dan membebani server.