fbpx

Tips Cara Melihat Jumlah Pengunjung Website

Sebagai pemilik website, Anda pasti ingin tahu berapa banyak pengunjung yang telah mengunjungi website Anda, bukan? Untuk alasan ini, penting untuk mempelajari cara memantau lalu lintas .

Dengan mengetahui cara mengecek traffic website, Anda bisa mengukur perkembangan website Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah website Anda bisa menarik banyak pengunjung atau tidak. Itu sebabnya dalam ini kita akan membahas beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa lalu lintas situs web Anda

Seperti yang Anda lihat, di sini Anda tidak hanya melihat perkiraan jumlah lalu lintas saat ini, tetapi juga grafik fluktuasinya selama lima bulan terakhir.

Selain itu, ada metrik lain yang dapat Anda temukan. Dari durasi kunjungan rata-rata (Durasi Kunjungan Rata-Rata) hingga halaman yang dibuka per kunjungan (Pages per Visit) hingga persentase pengunjung yang meninggalkan situs web setelah hanya membuka satu halaman (Rasio Pentalan).

Jika Anda scroll ke bawah, masih banyak data lain (berkaitan dengan traffic) yang dapat digunakan untuk analisis situs web, antara lain:
1.Total lalu lintas menurut negara.
2.Sumber lalu lintas (, media sosial, , dan sejenisnya).
3.Persentase lalu lintas organik dan lalu lintas berbayar.
4.Persentase lalu lintas dari media sosial

Kepentingan lalu lintas

1. Alexa

Alat lain yang terkenal untuk memeriksa lalu lintas situs web adalah Alexa, alat analisis web dari Amazon. Alat ini populer karena statistik lalu lintas situs webnya sering digunakan sebagai referensi untuk memeriksa lalu lintas situs web.
Menggunakannya sangat sederhana. Masukkan domain yang ingin Anda analisis di alat statistik lalu lintas situs web, maka Anda akan melihat berbagai metrik yang terkait dengan kata kunci dan lalu lintas. Untuk melihat data lalu lintas yang lebih detail, Anda dapat mengklik tombol

2. Traffic Metrics

Di sini jumlah lalu lintas situs web tidak ditampilkan secara harfiah. Anda akan melihatnya dalam bentuk Alexa Rank. Ini adalah sistem peringkat yang ditentukan berdasarkan volume lalu lintas dan jumlah tampilan halaman situs web dalam tiga bulan terakhir.
Selain Alexa rank, Anda juga bisa melihat distribusi berdasarkan negara. Kemudian, di panel bawah, Anda akan menemukan kumpulan metrik keterlibatan, seperti durasi tampilan halaman dan rasio pentalan – meskipun itu hanya perkiraan.

3. Saran berlebihan

Ubersuggest tidak hanya menawarkan fitur analisis SEO yang cukup lengkap, tetapi juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Anda dapat menggunakannya secara gratis meskipun ada opsi peningkatan untuk lebih banyak fitur.
Jika Anda ingin memeriksa lalu lintas situs web menggunakan alat ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:
1 Di halaman utama Ubersuggest, masukkan domain yang ingin Anda ketahui volume lalu lintasnya.

Baca Juga :  9 Tips Memilih Tema WordPress Terbaik

Ubah negara menjadi Indonesia. Kemudian klik tombol Cari.

Pada kolom “Ringkasan” Anda dapat melihat grafik lalu lintas situs web. Dengan akses gratis, Anda hanya dapat melihat riwayat lalu lintas situs web selama lima bulan terakhir.
Ingin tahu situs web mana yang mendapatkan lalu lintas paling banyak? Cukup klik tombol Halaman Teratas di menu sebelah kiri.

4. Google Analytics

Bagi pemilik situs web, adalah alat yang sangat penting dan tidak dapat diabaikan. Alat ini memungkinkan Anda untuk memahami karakteristik lalu lintas situs web Anda sedetail mungkin. Anda juga dapat menggunakannya secara gratis.
Sayangnya, alat ini hanya dapat digunakan untuk menganalisis situs web Anda. Jadi Anda tidak dapat menggunakannya untuk melihat lalu lintas domain lain.

Sebelum Anda dapat menggunakannya, buat akun Google Analytics terlebih dahulu. Kemudian sambungkan ke situs web Anda.

5. Peringkat SE

SE Ranking adalah alat estimasi lalu lintas gratis dengan kemampuan analisis yang cukup lengkap (dari memantau perubahan halaman hingga memberikan rekomendasi kata kunci).

Anda juga dapat melakukan analisis lalu lintas berdasarkan negara. Sayangnya, alat ini belum menyediakan opsi bahasa Indonesia. Jadi Anda tidak tahu berapa banyak lalu lintas yang berasal dari Indonesia.

Berikut adalah contoh hasil estimasi traffic ranking SE:
Di dasbor utama, Anda akan disambut dengan perbandingan lalu lintas organik dan lalu lintas berbayar. Di bawah ini Anda dapat melihat informasi lebih detail. Dari informasi kata kunci terpenting di setiap lalu lintas hingga daftar pesaing. Jadi, alat ini tidak hanya membantu Anda dengan analisis lalu lintas tetapi juga dengan penelitian kata kunci.

6. Lokasi Harga

Selain menghitung harga sebuah website, Siteprice juga menampilkan informasi traffic dan ranking. Anda cukup memasukkan situs web yang ingin Anda periksa di halaman utama. Jangan khawatir, Anda tidak perlu membayar apa pun untuk menggunakan alat ini.

7. Kalkulator Nilai Situs Web

Situs ini memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan Siteprice. Anda juga dapat menggunakannya secara gratis. Bedanya, informasi yang ditampilkan lebih lengkap.
Seperti yang Anda lihat, informasi yang ditampilkan sama dengan Siteprice (perkiraan tampilan halaman dan perkiraan pengunjung unik). Namun, metrik ini juga ditampilkan dalam konteks harian, bulanan, dan tahunan.

8. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat SEO terlengkap. Namun, untuk menggunakan semua fitur, Anda harus berlangganan salah satu paket berbayar terlebih dahulu. Untuk memantau , Anda bisa menggunakan fitur Site Explorer di Ahrefs. Berikut langkah-langkahnya:
Buka dasbor Website Explorer. Masukkan domain yang ingin Anda ketahui volume lalu lintasnya. Kemudian klik tombol Cari. Klik tombol

Baca Juga :  Apa itu SEO On Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Optimasinya

Pencarian Organik. Anda akan melihat bagan tingkat lalu lintas yang jangka waktunya dapat Anda tetapkan. Mulai dari 30 hari terakhir hingga sepanjang waktu (all times).

Jika ingin melihat traffic dari Indonesia, klik saja teks bahasa Indonesia di kolom kanan. Gulir ke bawah untuk menemukan daftar 5 halaman teratas yang paling banyak diperdagangkan di situs.
Ahrefs juga menawarkan ekstensi browser yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa lalu lintas situs web, yaitu Ahrefs SEO Toolbar. Untuk menggunakan alat ini, Anda harus berlangganan salah satu paket berbayar Ahrefs.

9. SEMrush

SEMrush dikenal sebagai alat SEO canggih. Namun, Anda juga dapat menggunakan SEMrush untuk memeriksa lalu lintas situs web.Sebelum menggunakannya, Anda harus tahu bahwa SEMrush tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Jika Anda tertarik dengan SEMrush versi berbayar, Anda dapat mencobanya secara gratis selama seminggu. Namun, Anda harus memasukkan detail kartu kredit Anda untuk menggunakannya.
Jika Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakan SEMrush versi gratis. Meskipun Anda hanya dapat memeriksa statistik SEO domain utama, versi gratis ini sudah menampilkan data yang cukup lengkap, seperti:
1.Peringkat domain

  1. Total lalu lintas menurut negara
  2. Dapatkan fitur SERP
  3. Lalu lintas dan kata kunci organik
  4. Lalu lintas dari hasil penelusuran berbayar
  5. Analisis Tautan Balik
  6. SEO Review Tools
    SEO Review Tools adalah situs web yang menawarkan berbagai alat SEO gratis. Alat Pemeriksa Lalu Lintas Situs Web adalah salah satunya.

Untuk mengakses alat-alat ini, Anda dapat mencarinya dengan mengklik tombol Lihat Semua 55 Alat SEO di halaman utama. Namun, untuk kenyamanan Anda, Anda bisa langsung mengetikkan seoreviewtools.com/website-traffic-checker/ di address bar browser.
Menggunakan alat itu mudah. Cukup masukkan yang ingin Anda periksa untuk lalu lintas di kolom yang disediakan dan kemudian klik kotak centang captcha di bawah ini. Namun, URL yang dimasukkan harus lengkap. ://www.website.com misalnya. Jika tidak, Alat Peninjau SEO tidak akan mengenali URL yang Anda masukkan.

SEO Review Tools memungkinkan Anda memeriksa lalu lintas dari 10 situs web sekaligus, meskipun gratis. Inilah cara Anda dapat menggunakan alat ini untuk meneliti persaingan Anda di mesin telusur tanpa mengeluarkan uang.
Lalu apa saja yang bisa ditampilkan oleh SEO Review Tool? Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, alat ini hanya menunjukkan jumlah lalu lintas organik dan lalu lintas dari AdWords.