Tips Buat Artikel SEO Friendly yang Harus Diterapkan Supaya Berada di Halaman Depan Google

Tips buat artikel SEO friendly selalu diterapkan oleh blogger yang ingin peringkatnya naik di mesin pencari. Seperti apa?
Membuat Artikel SEO Friendly
Artikel yang SEO friendly, maksudnya ramah mesin pencari. Ia memiliki kriteria-kriteria tertentu yang dapat diterima oleh Google. Tentu berisi tulisan yang bermanfaat dan tidak menipu pembaca. Nah, untuk membuatnya, Anda bisa menerapkan 6 tips berikut ini:

Orisinal

Buatlah artikel yang asli dan orisinal, bukan hasil copy paste milik orang lain. Sebenarnya, konten salinan bisa muncul di halaman depan mesin pencari, namun bila pembuat artikel mengetahuinya dan melaporkan hal itu kepada Google, blog Anda bisa kena penalti.
Panjang Artikel
Usahakan untuk mengatur jumlah kata artikel blog minimal 300 kata. Tapi, jangan terlalu panjang karena idealnya antara 800-1500 kata.

Kata Kunci

Dalam SEO, kata kunci atau keyword memiliki peranan yang sangat penting. Sebab, tanpanya artikel yang Anda posting tidak bisa ditemukan pengguna internet saat mereka mengetikkan kata tertentu di form pencarian. Jadi, tentukanlah keyword yang hendak dibidik. Buat kata kunci yang terdiri atas 2-3 kata atau yang disebut long-tail keywords karena biasanya keyword satu kata didominasi oleh situs ternama.
Masukkan kata kunci di awal, tengah serta akhir tulisan dan subjudul. Ulang penulisannya maksimal 2% dari jumlah keseluruhan kata.

Heading Tags

Tag heading merupakan kode HTML yang digunakan untuk memperbesar tulisan. Ia mempunyai enam tingkatan, dimulai dari H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Dengan adanya heading, artikel akan lebih mudah dicerna dan menjadi SEO friendly.
Internal Link
Sematkan minimal satu tautan atau link ke dalam tulisan yang diarahkan ke judul artikel lain di blog Anda. Tapi, pastikan masih relevan alias nyambung dengan konten yang disisipi tautan.

External Link

Ini merupakan kebalikan dari internal link. Jadi, setiap tautan yang disematkan akan diarahkan ke situs atau website lain, terutama yang relevan dan menjadi rujukan Anda.
Demikianlah panduan membuat konten yang ramah mesin pencari. Terapkan tips buat artikel SEO friendly di atas supaya ranking blog di search engine meningkat.

Tinggalkan Komentar