fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Kenali Komponen Smartphone Beserta Fungsinya Disini

Wiliam

Smartphone menjadi barang wajib yang harus  dimiliki setiap orang, terutama usia produktif. Benda satu ini sangat menunjang aktivitas pekerjaan, pendidikan, dan berbagai kegiatan lainnya. Namun, ada baiknya  untuk anda mengetahui beberapa komponen penting dari smartphone yang dimiliki.

Pengetahuan  membantu Anda untuk memilih smartphone  sesuai dengan kebutuhan dan bisa mengidentifikasi apabila terjadi masalah pada ponsel. dikit informasi, apapun merk handphone nya sebenarnya mereka memiliki komponen yang hampir sama. 

Namun  apa saja komponen penting dari smartphone ini yang wajib Anda ketahui? Berikut ini informasi lebih lengkapnya:

  1. Baterai

Yang pertama adalah baterai ponsel dengan spesifikasi berbeda setiap merek smartphone. Namun umumnya baterai ini memanfaatkan teknologi lithium-ion serta terdiri dari dua jenis baterai yakni l bisa dilepas dan tidak bisa dilepas. 

Pada satu ini sangat penting dan bahkan kehadirannya tidak bisa digantikan dengan apapun, karena menjadi satu-satunya sumber daya agar ponsel pengguna bisa digunakan. Berbagai macam jenis baterai yang paling umum digunakan pada tablet maupun ponsel, diantaranya:

  • Nikel metal hidrida (Ini-MH)
  • Nikel-Kadmium (Ni-CD)
  • Lithium-ion (Li-Ion)

Baterai merupakan komponen yang sangat mudah menguap, diperlukan perawatan serta penggunaan dapat di hati serta menghindari pantangan mengecas baterai sambil dimainkan terlebih data seluler nya dalam keadaan menyala.

  1. Display 

Display atau layar merupakan komponen dasar dari sebuah smartphone. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa layar atau display ini adalah perangkat keluaran, namun faktanya termasuk perangkat internal. Menggunakan teknologi display meliputi:

  • Lcd, biasanya berteknologi IPS dengan banyak variasi. Lcd ini mempunyai cahaya latar yang bertugas menyinari beberapa filter dan polarizer.
  • LED dengan teknologi amoled tak banyak lagi variasi lainnya. Hadir dengan tampilan berbasis led, dengan dioda pemancar cahaya tergolong canggih. Dengan Pancaran pixel yang menghasilkan berbagai warna seperti hijau, merah, hingga biru. Dibanding layar sebelumnya, LED Amoled ini dari segi harga memang lebih tinggi dari jenis sebelumnya.
  1. SoC (System On a chip)

Yang paling penting pada ponsel yang wajib juga anda ketahui yakni SoC, Yang meliputi CPU smartphone, GPU (chip pada Graphics Card), display Processor, modem LTE, video Processor, serta  banyak komponen lainnya.

SoC Sendiri berbentuk chip tunggal yang tertanam pada mainboard ponsel. Iki banyak sekali peranan, bahkan menjadi komponen utama karena tanpa kehadirannya perangkat smartphone tidak akan berfungsi.

Kayaknya sendiri cukup beragam, seperti Snapdragon dari Qualcomm, Helio dari MediaTek, Exynos dari Samsung, dengan masing-masing lini yang berbeda setiap mereknya. Set dengan Performa tinggi tentu memiliki harga lebih di atas dibanding chipset yang harganya dibawah, kelengkapan fiturnya juga tergantung pada jenis komponen satu ini.

  1. Modem

Komponen selanjutnya yang menjadi faktor pendukung operasional ponsel yakni modem. Kegunaan dasar modem sendiri seperti yang sudah kita ketahui yakni sebagai telepon seluler. Ternyata Poma smartphone juga membutuhkan komponen ini sebagai alat untuk menerima serta mengirim teks dan juga panggilan.

Pihak SOC biasanya memiliki berbagai macam merk modem masing-masing, berdasarkan merek ponsel yang digunakan. Smartphone dengan modem built-in memiliki kemampuan menyediakan koneksi data seluler agar perangkat lain bisa tersambung dan melihat ponsel Anda sebagai jaringan Wifi.

  1. Penyimpanan dan Memori

Penyimpanan suatu ponsel menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang akhirnya membeli merek smartphone tertentu. Kebanyakan, di pasaran kapasitas penyimpanan yang ditawarkan mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, hingga jumlah di atasnya. 

Simpanan dan memori ini dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan berbagai data termasuk di dalamnya foto, video, musik. Sedangkan untuk memori sendiri digunakan sebagai perangkat yang membuat aplikasi serta sistem Android.

Makin tinggi penyimpanan dan kapasitas memori bisa menghasilkan efisiensi dan keleluasaan memuat data ataupun aplikasi. Tidak ada lagi drama kehabisan penyimpanan dan lain sebagainya.

  1. Sensor 

Penting selanjutnya yakni sensor yang berfungsi agar perangkat Anda bekerja dengan baik melalui Sentuhan atau touch  enabled. Beberapa istilah sensor pada ponsel diantaranya:

  • Gyroscope, Berfungsi sebagai accelerometer guna mendeteksi Rotasi pada ponsel misalnya saat akan digunakan untuk bermain game
  • Accelerometer, memiliki fungsi untuk membantu aplikasi mendeteksi perangkat beserta pergerakannya kemudian membantu fitur pergantian musik dengan cara menggoyangkan ponsel saja
  • Digital compas, untuk pengguna ponsel menemukan arah atau navigasi saat beraktivitas di luar
  • Proximity sensor, adalah jenis sensor yang memiliki fungsi sebagai pengaman layar sentuh dari pergerakan yang tak disengaja serta mencegah perintah yang tidak diinginkan
  1. Kamera

Main memory dan penyimpanan, faktor utama seseorang membeli smartphone berikutnya yakni kamera. Meski saat ini berbagai macam merk ponsel menawarkan fitur kamera yang semakin canggih, namun beberapa pengguna tetap ingin mengetes nya terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli.

Setiap smartphone memiliki kamera yang terbagi atas kamera depan juga kamera belakang. Berikut ini beberapa informasi lebih detail mengenai komponen kamera pada smartphone:

  • Lensa, merupakan elemen penting yang menjadi dasar Fotografi pada ponsel. Berbeda dengan kamera DSLR pada umumnya, dansa pada ponsel tidak bisa diganti. Beberapa jenis lensa kamera pada smartphone seperti: macro lens,  ultra-wide-angle, wide-angle-lens juga monochrome lens
  • Sensor, adalah kumpulan alat yang tergabung dengan sensor kamera yang ada pada ponsel. Dan ini akan merekam cahaya yang masuk dari lensa kemudian mengubahnya dalam format digital
  • Image signal processor, memiliki fungsi sebagai alat yang menjalankan program algoritma untuk memproses sinyal gambar secara real-time

Demikian  beberapa informasi terkait komponen penting yang ada pada ponsel atau smartphone Anda. Penting sekali untuk mengenali komponen tersebut agar anda bisa menanyakannya saat akan membeli. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Baca Juga