Tips Bagaimana Cara Mengamankan WordPress Untuk Website Anda

Cara mengamankan WordPress berikut ini bisa menjadi solusi terbaik untuk anda yang menggunakan WordPress pada blog atau website yang anda miliki. Untuk itu, langsung saja pembahasannya berikut ini.

  1. Selalu update WordPress anda

Tahukah anda bahwa sesuatu yang sederhana akan memiliki efek yang sangat besar terhadap keamanan situs. Kapanpun anda melakukan login pada dashboard, kemudian melihat banner “Update available”, maka segera klik, serta update situs anda. jika anda khawatir munculnya masalah yang baru, sebaiknya buatlah backup sebelum menginstalnya. Hal terpenting adalah anda sebaiknya melakukannya secara teratur. Selain itu, anda juga perlu meng-update tema dan plugin. Seperti halnya anda meng-update WordPress dengan teratur, maka anda juga harus meng-update tema dan plugin. Kecuali keamanannya terjamin, tema dan plugin menjadi pintu terbuka untuk informasi personal yang anda miliki.

  1. Hanya download tema dan plugin dari sumber terpercaya

Mendownload tema dan plugin dari WordPress.org sebenarnya merupakan hal yang paling baik untuk anda lakukan. Mengapa? Karena sudah melewati proses scan sebelum diterima pada Plugin Directory atau Theme Directory. Jika anda memerlukan tema atau plugin premium, maka sebaiknya anda hanya perlu mendownlodnya pada sumber terpercaya.

  1. Hapuslah tema atau plugin yang tidak anda gunakan

Saat anda menghapus tema dan plugin yang tidak dibutuhkan, tentunya dapat menurunkan risiko di-hack. Jika tidak menggunakan tema atau plugin tertentu, maka anda tidak akan meng-updatenya. Untuk itu, lebih baik anda menghapusnya saja.

  1. Batasi login

Jika dibiarkan, maka hacker akan login ke situs yang anda miliki berulang kali sampai mereka bisa melakukan crack password anda. Namun, ada juga plugin yang mengizinkan anda untuk membatasi jumlah waktu orang pada IP tertentu guna mencoba login dalam waktu yang telah ditentukan. Pengguna dibatasi ketika mencoba melakukan login kembali untuk waktu yang telah ditentukan.

  1. Sering ganti password

Cara terbaik yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah sering mengganti password. Password dengan kombinasi angka dan huruf acak merupakan hal yang paling baik untuk anda lakukan. Anda dapat menggunakan password generator misalnya saja seperti Strong Password Generator atau Norton Password Generator untuk melakukan tugas ini.

  1. Update komputer anda

Terkadang, hacker dapat mengakses situs yang anda miliki dengan mudah dikarenakan keamanan yang begitu rentan terhadap komputer anda. Maka dari itu, cara terbaik melawan hal ini adalah selalu membuat komputer update. Saat patch untuk software dirilis, maka segeralah menginstalnya. Saat sistem operasi baru dirilis, maka segeralah melakukan upgrade. Begitu juga, pastikan bahwa anda memakai software anti virus dengan teratur. Anda dapat menjalankan software antivirus gratis, misalnya saja seperti Comodo, AVG, Panda Free Antivirus, atau Avast, guna mengetahui keberadaan malware atau virus pada komputer dan menghapusnya.

  1. Samarkan halaman login

Ketika anda menyembunyikan elemen tertentu yang terdapat pada situs, maka anda dapat mencegah hacker mengaksesnya, namun akan membuat hacker kesulitan untuk mencapainya. Dengan melakukan rename di halaman login menjadi cara terbaik untuk mempersulit hacker. Sehingga, ketika halaman login yang anda miliki berbeda dengan yang biasanya, tentunya hacker akan membutuhkan waktu yang lebih lama juga untuk menyerang situs yang anda miliki. Ada banyak plugin yang tersedia guna melakukan perubahan yang sederhana ini, yang tentunya akan memudahkan anda bagaimana cara mengamankan WordPress.

Tinggalkan Komentar