fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Sudah Tau Perbedaan E Business dan E Commarce?

Wiliam

Pengetahuan lebih dalam mengenai suatu bisnis sangat penting agar usaha bisa berjalan lancar. Termasuk tahu membedakan e-business dan e-commerce. Orang mungkin menganggap keduanya serupa karena bertujuan sebagai wadah untuk menjual dan membeli, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan dan harus Anda ketahui. 

Apa Itu E Business?

Agar tidak  salah kaprah,  ada baiknya untuk membahas pengertian keduanya. Yang pertama mengenai e business, di mana istilah ini merupakan kegiatan bisnis yang fokus aktivitasnya meliputi penyediaan produk, pengadaan bahan baku, Edukasi pelanggan, melakukan transaksi, dan banyak lagi lainnya.

E business Seluruh kegiatan nya melalui layanan internet, intranet, hingga Extranet. Komponen pendukung meliputi situs Web, ERP (enterprise resource planning),  CRM (customer relationship management),berbagai macam aplikasi pendukung lainnya.

contoh ibu snis yang bisa anda lihat yakni perusahaan dengan semua kegiatannya menggunakan sistem digital, baik itu e-commerce maupun perusahaan jenis lainnya. Sebenarnya, jika ingin dikaji lagi perbedaan antara e-commerce dan e-business ini  keduanya serupa dan perbedaanya terletak pada bagaimana bisnis tersebut dijalankan.

Contoh nyata, apabila anda merupakan sebuah perusahaan penasehat design, maka itu berarti dikategorikan sebagai bisnis. Sebaliknya, jika Anda menjalankan situs website di mana orang bisa melakukan transaksi seputar design atau membandingkan interior design maka itu dikategorikan sebagai e-commerce.

Sebagai pembanding yang lebih nyata lagi antara e-commerce dan e-Business, Berikut ini contoh untuk memahami lebih dalam penerapan e-business:

1. Sistem Online Internal Perusahaan

Pada dasarnya, perusahaan e-business menjual dengan sistem online untuk internal perusahaan mereka. Meliputi pelacakan inventaris, pergudangan,dan lainnya. Jika semua komponen serta kegiatan dalam kekuasaan ini dijalankan secara elektronik, maka itu berarti menjadi bagian dari e-business.

2. Email Marketing 

Selanjutnya, dari segi email marketing perusahaan dengan sistem e-Business ini Biasanya menjalankan pemasarannya melalui email kepada calon pelanggan, hingga klien yang belum menyepakati kerjasama. Semua hal mengenai promosi dan kegiatan yang dilakukan perusahaan ini melibatkan elektronik.

3. Sistem Manajemen Konten

Komponen berikutnya yang cukup signifikan dan bisa dilihat pada e-business terkait sistem manajemen kontennya. Perusahaan berbasis digital ini biasanya memerlukan tools digital sendiri seperti contohnya CMS yang didapatkan dari IT Developer.

Pengguna CMS Mempermudah aktivitas dan bisa disetel otomatis serta lebih efektif dan efisien.

Apa itu E Commerce?

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait e-business, selanjutnya penting juga untuk menggali lebih jauh terkait apa  itu e-commerce dan komponen apa yang membedakannya dengan e-business. Informasi lebih lengkapnya:

1. Fokus Kegiatan E Commerce

Disadari atau tidak, sebenarnya anda hampir setiap hari berhubungan dengan yang namanya e-commerce. entah itu sekedar melihat katalog produk, hingga melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Sebenarnya, pengertian e-commerce ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara online, dengan bantuan internet.

Kegiatan yang ada di dalam E Commerce meliputi jual beli produk, melakukan transaksi, mencari informasi, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan e-commerce ini, anda bisa mengakses situs Web dari perusahaan tertentu.

Contoh e-commerce yang paling sering dijumpai dan digunakan yakni marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Traveloka, lazada, dan banyak lagi lainnya.

Antara e-business dan e-Commerce Beberapa orang lebih mudah mengenali e-commerce sebagai marketplace yang paling banyak digunakan setiap harinya. Ternyata, e-Commerce juga terbagi atas beberapa jenis diantaranya dan salah satu paling populer yakni e-commerce B2C atau business to consumer. Merupakan kegiatan jual beli produk maupun layanan jasa melalui situs Web.

Jika ingin dikaji lagi, penjualan e-commerce ini mencakup banyak sekali komponen, mulai pemesanan produk secara online, membayar produk online, hingga melakukan pengiriman tanpa harus keluar rumah. Namun, ada juga pelanggan yang hanya melakukan pemasaran secara online dan mengambil barangnya langsung di toko.

Perbedaan E Business dan E Commerce

Dalam mengulas satu persatu perbedaan dan komponen yang ada dalam setiap jenis bisnis dan penjualan di atas, sekarang saatnya mengulas mengenai perbedaan signifikan dari e-business dan e-commerce, simak selengkapnya:

  • Fokus kegiatan

Fokus kegiatan e-Commerce dikenal sebagai wadah menjual serta membeli barang atau jasa dengan perantara internet. Sedangkan e-business  merupakan bisnis berbasis elektronik, di mana semua aktivitasnya menggunakan internet tetapi tidak wajib di dalamnya harus ada jual beli.

  • Komponen

E-commerce merupakan komponen utama e-Business. Segala kegiatan e-business sangat menunjang e-commerce. Katanya ada dalam bisnis berbasis elektronik mencakup keseluruhan baik itu internal maupun eksternal.

  • Kebutuhan terhadap situs web

E-commerce bisa berjalan meski hanya mengandalkan situs web saja. Berbeda dengan e-business yang memerlukan situs web dan banyak lagi faktor pendukung lainnya seperti perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen SDM, keuangan dan lainnya.

  • Kebutuhan terhadap internet

E-Commerce membutuhkan internet agar bisa terhubung dengan pelanggan sedangkan e-Business membutuhkan lebih dari itu. Tak hanya internet tapi juga intranet dan ekstranet. Semuanya diperlukan untuk menunjang segala aktivitas yang dilakukan perusahaan berbasis elektronik ini.

Kesimpulannya, e-commerce merupakan bagian dari e-business jika ingin diperhatikan secara detail terdapat banyak perbedaan yang signifikan dari segi peran dan juga komponen yang ada di dalamnya.

Terlepas dari itu, keduanya sama sama membutuhkan internet sebagai penunjang agar seluruh kegiatan yang ada di dalam bisa berjalan lancar.

Yang lain informasi terkait perbedaan e-business dan e-commerce sebaiknya anda ketahui dari sekarang apabila ingin terjun ke dunia bisnis. Iyan dan semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Baca Juga