fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Strategi Promosi Agar Produk Laris Manis

Wiliam

Promosi penjualan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan produk Anda kedepannya. Konsumen mampu membeli produk yang sudah diincar saat ada promosi. Pastinya bagi penjual akan mendapatkan keuntungan berupa meningkatnya pendapatan.

Inilah mengapa bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusahan, sangat penting untuk melakukan strategi promosi. Melalui promosi produk akan dikenalkan khalayak ramai. Jadi produk tidak akan asing di masyarakat. Selain itu peluang terjualnya produk juga akan semakin bertambah seiring dikenalnya produk di masyarakat.

Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk melakukan promosi bisnis? pastinya Anda harus menerapkan beberapa langkah dan cara untuk membuat strategi yang efektif dalam kepentingan promosi.

Pengertian Promosi Penjualan

Promosi penjualan merupakan sebuah promosi yang dilakukan guna meningkatkan angka penjualan.  Promosi juga bisa diartikan sebagai suatu cara yang dilakukan dalam pemasaran untuk mengenalkan produk ke masyarakat. Promosi berusaha menerapkan sifat persuasive agar masyarakat mau membeli produk yang diiklankan.

Suatu bisnis harus mempunyai strategi penjualan. Anda harus meriset terlebih dahulu terhadap sebuah data terkait konsumen Anda. Agar nantinya strategi promosi yang diterapkan tepat sasaran dalam menarik konsumen.

Sebagai pengusaha Anda terlebih dahulu harus meneliti demografi konsumen Anda. Bagaimana selera barang yang diinginkan dan apa kebutuhan konsumen. Setelah itu baru Anda bisa  menyusun promosi untuk menarik minat pelanggan agar mau membeli produk yang Anda pasarkan.

Strategi Promosi Agar Produk Laris Manis

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan promosi agar produk laris manis. Anda harus berinovasi sebaik mungkin untuk menemukan cara promosi produk yang efektif. Berikut beberapa cara yang bisa Anda tiru untuk mempromosikan produk secara online agar menarik perhatian pelanggan:

1. Memberikan Diskon

Salah satu trik promosi yang bisa Anda coba adalah memberikan diskon kepada konsumen. Diskon merupakan sesuatu yang sangat menarik bagi pembeli. Biasanya para pembeli selalu menunggu ada promo atau potongan harga ketika hendak membeli barang yang telah mereka incar.

Potongan harga memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Selain itu dalam memberikan potongan harga Anda juga tidak perlu memilih-milih barang. Maksudnya potongan harga bisa diberikan untuk barang apa saja missal baju, gamis, sepatu, lemari dan lainnya.

2. Memberikan Gratis Ongkir 

Cara kedua yang bisa digunakan dalam membuat strategi promosi yang menarik adalah dengan memberikan gratis ongkir. Para pembeli pastinya selalu menantikan gratis ongkir untuk membeli sebuah barang atau produk.

Oleh karena itu jika Anda menginginkan produk Anda memiliki penawaran promosi yang menarik. Tidak ada salahnya memberikan gratis ongkir kepada para pembeli. Cara ini memang terbukti efektif untuk memikat pembeli berbelanja di toko Anda.

3. Menawarkan Cashback

Cashback juga tidak kalah dengan gratis ongkir dan diskon. Cashback memang turut menjadi incaran para pembeli untuk membeli produk yang diinginkan. Cashback sendiri merupakan pengembalian uang dalam jumlah tertentu.

Cara mendapatkan cashback yakni konsumen membeli produk dengan mencapai jumlah tertentu. Meskipun penggunaan cashback tidak dilakukan secara cuma-cuma layaknya gratis ongkir dan diskon. Namun cashback tetap menjadi incaran para pembeli.

4. Mengadakan Flash Sale

Bagi Anda yang sudah sering mengunjungi toko online atau membuka marketplace. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya flash sale. Cara ini memang sudah terbukti efektif dalam menarik minat pembeli.

Flash sale sendiri merupakan sebuah metode penjualan live yang dilakukan di waktu yang singkat. Barang yang dijual dalam flash sale terbatas dengan harga yang murah. Jadi sistem yang digunakan adalah siapa cepat dia dapat.

Maka dari itu banyak konsumen yang tidak ingin melewatkan momen ini. Jadi biasanya para konsumen akan menonton siaran flash sale dan memperhatikan barang apa saja yang disebutkan disana.

5. Buy One Get One

Strategi selanjutnya adalah buy one get one. Strategi ini diartikan sebagai membeli satu dapat satu. Pastinya para pembeli akan merasa senang jika hanya membeli satu lalu mendapatkan satu.

Sebagai pebisnis yang baru saja terjun ke dalam dunia pemasaran. Tidak masalah jika Anda menggunakan cara ini untuk belajar ke tahap selanjutnya. Anggap saja strategi ini adalah cara untuk memperkenalkan produk ke masyarakat banyak.

6. Memberikan Hadiah

Pastinya Anda akan jika seandainya membeli suatu produk lalu mendapatkan hadiah. Begitu juga dengan konsumen Anda. Para pelanggan juga akan senang jika mereka membeli barang dan mendapatkan hadiah karena telah membeli barang tersebut.

Caranya yakni dengan memberikan hadiah sebagai gandengan produk yang dijual. Cara ini terbukti efektif dan bisa ditiru. Banyak sekali para pengusaha yang menerapkan cara ini sebagai bagian promosi penjualan.

Misalnya saja Anda membeli HP Baru. Biasanya para penjual akan memberikan hadiah berupa softcase gratis atau justru kartu internet. Ini merupakan bagian dari strategi dalam menarik minat  pembeli.

7. Mengumpulkan Poin Reward

Selanjutnya strategi promosi bisa dilakukan melalui pengumpulan poin rewards. Jadi para konsumen yang loyal dan sering membeli produk Anda akan mendapatkan banyak rewards. Nantinya reward tersebut akan ditukarkan dengan bonus atau voucher gratis.

Banyak sekali para pengusaha yang sudah menerapkan promosi ini. Misalnya dalam mencukur atau mencuci motor. Biasanya para pelanggan mendapatkan kartu promo. Sehingga pada setiap kali pelanggan datang mereka akan mendapatkan stiker. Jadi stiker inilah kalau sudah mencapai jumlah tertentu bisa ditura dengan bonus.

Itulah beberapa strategi promosi supaya produk laris manis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan kegiatan promosi. Pastinya Anda tidak bisa menerapkan semuanya. Pilih saja beberapa yang sekira bisa Anda lakukan dan cocok dengan bisnis Anda.

Baca Juga