fbpx

Software Untuk Membuat Website

Sebagian orang menganggap jika membuat bukanlah perkara yang gampang. Bahkan terdapat stigma jika hanya orang yang pandai codinglah yang hanya bisa membuat website. Mereka memang terkenal jenius sehingga bisa memahami barisan angka untuk membuat website.

Namun, sekarang banyak aplikasi canggih yang bisa ditemui untuk membantu Anda membuat website. Bahkan beberapa aplikasi tersebut menyediakan fitur yang bisa diolah sesuai dengan kebutuhan. Contohnya adalah CMS, desain online maupun offline, bahkan aplikasi pembuat .

Bagi Anda yang baru belajar website, pastinya akan bingung mengenai aplikasi mana yang dapat digunakan untuk membuat website. Sebab inilah penulis merangkum beberapa aplikasi software yang bisa digunakan untuk website. Simak penjelasannya dibawah ini.

WordPress

dikenal sebagai aplikasi pembuat website yang palik baik. Tidak hanya itu wordpress juga sangat mudah digunakan dan pastinya gratis. Dikenal sebagai CMS, wordpress mengkombinasikan kemudahan serta fleksibilitas dalam membuat website.

Dilansir dari niagahoster sekitar 30% web yang ada di dunia menggunakan wordpress. Ini merupakan bukti betapa populernya wordpress sebagai software pembuat website. Selain itu wordpress juga mencakup beberapa seperti dan lainnya. 

Kabar baiknya, wordpress menyediakan beberapa template gratis, namun ada juga yang berbayar. Selain itu pengguna hanya perlu melakukan satu kali klik untuk menginstal template. Pilihan template pun ada banyak, kurang lebih 700 template disediakan. 

Namun, sayangnya ada beberapa kelemahan jika Anda menggunakan wordpress. Salah satunya adalah terjadinya peretasan yang marak dikarenakan software nya yang memang mudah dikenal. Maka dari itu Anda harus melindungi dari peretasan yang ada. 

Guna mengantisipasi terjadinya peretasan, ternyata wordpress juga menyediakan fitur plugin security. Fitur ini sangat mudah dipasang dan dapat menjaga keamanan situs website Anda. Wodpress memang dikenal mudah dan cepat dalam membangun website.

Baca Juga :  Apa Itu Backlink dan Jenis-Jenisnya?

Adobe Dreamweaver

Software kedua yang disarankan untuk membuat wordpress adalah dreamweaver. Aplikasi satu ini sangat terkenal di kalangan website developer. Dreamweaver sangat baik jika digunakan untuk proses coding, editing, serta maintaining.

Keunikan dari aplikasi ini adalah mampu mengkombinasikan visual editing dan HTML editing untuk membuat kode desain website. Yakni Anda akan melihat layar khusus untuk menuliskan kode sekaligus mendesain template suatu website.

Kelebihan dari dreamweaver adalah kustomisasi dapat dilakukan dengan menarik, tidak hanya itu desain yang dibuat juga responsive. Sehingga pengguna desktop atau mobile tidak akan merasa dibatasi untuk memperoleh pengalaman lebih.

Kelebihan lain dari dreamweaver adalah dukungan HTML5. Meskipun penggunaan aplikasi dreamweaver tidak semudah wordpress, namun pengguna dapat mendesain template sesuai dengan keinginannya. Sayangnya aplikasi ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal. 

InVision Studio

Aplikasi satu ini cocok sekali digunakan bagi Anda yang hobi bekerja tim. InVision menawarkan layanan berbasis yang terhubung langsung dengan aplikasi desain Sketchup dan Photoshop. 

Keunggulan dari InVision adalah mempunyai fitur utama untuk membuat animasi motion yang mudah dan dinamis. Inilah yang menjadikan aplikasi InVision sangat sulit disaingi dengan aplikasi lain. Selain itu terdapat fitur kolaborasi yang bisa digunakan untuk tim.

Kelebihan lain yang dimiliki InVision adalah memiliki UI yang sangat mudah digunakan. Artboard yang sangat responsif membuat satu prototipe cukup dimuat untuk beberapa perangkat sekaligus. Tentunya ini akan menghemat waktu dalam pembuatan website. 

Adobe XD

Aplikasi selanjutnya dalam membuat website adalah Adobe XD. Contoh dari aplikasi Adobe adalah photoshop dan illustrator. Bisa dibilang aplikasi ini adalah saingan ketat dari aplikasi InVision.

Adobe XD memang terkenal dalam mengedit file untuk sketch. Selain itu dalam mengembangkan website, Adobe XD membuat propotipe dan Ios. Beberapa kelebihan juga dimiliki oleh aplikasi Adobe XD.

Baca Juga :  Panduan Lengkap tentang Cara Menambahkan Meta Tag di WordPress

Diantaranya adalah desain multi platform, terintegrasi dengan Adobe Library, dan  membuka beberapa artboard dalam satu waktu. Sayangnya Adobe XD masih memiliki kekurangan yakni kemampuan dalam animasi masih sangat terbatas. 

Bluefish

Bluefish merupakan aplikasi pembuat website dengan ukuran yang paling kecil. Aplikasi ini memfokuskan pada HTML, dan desain antarmuka. Meskipun ukurannya yang terbilang mini, bluefish memiliki cara yang baik terutama di pencarian.

Hal ini memungkinkan Anda menemukan banyak teks dan project sekaligus. Beberapa kelebihan yang dimiliki bluefish adalah ukurannya yang ringan dan cepat. Selain itu bluefish juga menggunakan kode lanjut via wizards. Namun aplikasi memiliki kekurangan pada antarmuka visual.

Bootstrap

Boostrap adalah salah satu aplikasi pembuat website yang dikenal sangat cepat dalam memberikan respon. Dilansir dari niagahoster bootstrap juga dikenal sebagai aplikasi framework yang paling populer.

Bootstrap mampu menyederhanakan proses coding mulai dari awal website. Selain itu aplikasi yang satu ini juga memiliki banyak fitur seperti sistem grid dan perpustakaan komponen. Bootstrap juga memiliki kelengkapan fitur untuk kustomisasi. 

Kelebihan dari aplikasi bootstrap adalah mendukung hampir semua browser, ukurangannya yang ringan dan dukungan dari komunitas yang besar. Bootstrap juga memiliki template pre-build yang bekerja sangat baik di framework. Kekurangannya desain yang dimiliki bootstrap sangat rendah.

Weebly 

Aplikasi selanjutnya untuk membuat website  adalah weebly. Sama seperti wordpress, weebly termasuk dalam aplikasi CMS yang sangat popular. Kredibilitasnya dalam membangun website khusus toko online tidak dapat diragukan lagi. 

Aplikasi satu ini sangat ramah bagi Anda yang pengguna mobile. Selain itu weebly juga memiliki tampilan professional. Kekurangannya aplikasi weebly tidak menyediakan fitur yang banyak layaknya aplikasi CMS lainnya.

Itulah beberapa platform yang bisa Bizzie gunakan untuk buat website. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya. Jadi, sebelum memutuskan akan menggunakan yang mana, sesuaikan dengan kebutuhan ya.