fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Media Sosial

Apa Itu Social Media Handle? dan Bagaimana Cara Membuatnya

Yanti puspita

Saat ini, akun media sosial sudah menjadi kebutuhan bisnis. Nah, salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam membuat akun media sosial adalah social media handle. Apa itu social media handle? Ini sama halnya dengan nama penguna yang di gunakan di sosial media itu nantinya.

Dengan social media handle yang tepat, konsumen dan prospek akan semakin mengenal bisnis kamu di media sosial. Ini di sebabkan karena penanganan media sosial membantu membangun presence di media sosial.

Jadi, kamu tidak bisa asal-asalan saja saat membuat nya. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan di berikan gambaran singkat tentang apa itu social media handle, cara membuat tips dan manfaat nya.

Mengenal Apa Itu Social Media Handle

Apa itu social media handle? Social media handle merupakan nama pengguna umum yang bisa di gunakan pada akun media sosial. SMH bisa berupa nama perusahaan atau singkatan nya.

Untuk beberapa platform media sosial seperti Instagram atau Twitter, SMH adalah nama pengguna yang di ikuti simbol @ (at). Social media handle akan mencerminkan kehadiran bisnis kamu di media sosial dan akan memberikan kesan kepada audiens tentang merek yang kamu miliki.

Memiliki SMH yang berkesan akan membuat audiens kamu ingin mengunjungi akun media sosial kamu berulang kali untuk melihat konten yang kamu sajikan. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat SMH yang mudah di ingat karena dapat meningkatkan retensi pelanggan kamu nantinya.

Cara Membuat Social Media Handle

Jika kamu ingin membuat akun media sosial untuk bisnis, beberapa hal yang perlu di perhatikan saat membuat SMH ini adalah:

Gunakan Bahasa Evergreen

Bahasa evergreen adalah bahasa yang tidak akan luntur seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini, kamu bisa menghindari penggunaan nama atau tanggal tertentu dan nama orang lain untuk SMH ini.

Selain itu, beberapa platform media sosial tidak mengizinkan pengguna mengubah nama pengguna media sosial mereka setelah di buat. Untuk itu, pastikan kamu berpikir matang-matang untuk nama ini terlebih dahulu.

Pastikan Social Media Handle Mudah Di Ucapkan

Hal penting lain nya yang perlu di ingat saat membuat apa itu social media handle adalah memastikan nama pengguna tersebut mudah di ucapkan. Akun SMH yang lebih mudah di ucapkan akan membuat akun tersebut lebih menarik dan mudah di ingat oleh audiens.

Audiens juga tidak akan bingung saat mencari akun kamu. Jadi, engagement di akun media sosial akan meningkat.

Buatlah Sesingkat Mungkin

Pelajari tentang karakter SMH dan batasan keterbacaan. Beberapa platform media sosial umumnya akan menerapkan batasan karakter ini. Juga, pastikan kamu membuat SMH seringkas mungkin.

Sebab, hal ini akan membuat akun tersebut lebih mudah di ingat. Jika akun kamu mudah di ingat, maka audiens kamu akan lebih mudah merekomendasikan brand kamu kepada teman, saudara, atau keluarga nya.

Hanya Gunakan Huruf

Beberapa platform media sosial melarang penggunaan karakter selain huruf, seperti simbol atau angka. Jadi pastikan kamu hanya menggunakan huruf saat membuatsocial media handle ini.

Tujuannya adalah untuk menjaga konsistensi akun kamu di semua platform media sosial. Selain itu SMH yang hanya menggunakan huruf akan lebih mudah di baca, di ingat dan di ucapkan.

Selaraskan Nama dengan Merek Dagang

Hal lain yang perlu di pertimbangkan saat membuat social media handle adalah seberapa cocoknya dengan nama bisnis atau sasaran merek kamu. Jadi akan ada keterkaitan antara SMH dengan nama perusahaan atau apa yang di lakukan perusahaan tersebut.

Jika memungkinkan, kamu bisa membuat nama perusahaan dan akun social media handle sama. Dengan cara ini, audiens di media sosial dapat lebih mudah mengidentifikasi perusahaan kamu.

Periksa Ketersediaan

Sebelum membuat akun SMH, cek dulu ketersediaan SMH-nya. Jika sebuah nama sudah tersedia di satu platform tetapi tidak di platform media sosial lain, kamu tidak akan dapat menyinkronkan SMH kamu nanti.

Tips Memilih Social Media Handle

Dari penjelasan di atas dapat di pahami bahwa pemilihan media sosial harus di perhatikan. Nah,untuk itu masih ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih social media handle ini nanti.

Pastikan Handle Sama Pada Setiap Platform

Ketika kamu sudah mengenal apa itu social media handle serta sudah tahu cara membuatnya, pastikan handle tersebut sama di setiap platform yang kamu gunakan. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah menemukan bisnis kamu di berbagai perangkat dan media sosial.

Tak hanya itu, brand kamu juga akan lebih mudah di temukan pengguna di mesin pencari. Semakin banyak media sosial yang kamu gunakan, maka akan semakin mudah kamu memasarkan bisnis ke calon konsumen.

Jangan Gunakan Angka

Tidak menggunakan nomor di akun media sosial menjadi tips selanjutnya yang perlu di perhatikan. Karena penggunaan angka akan membuat bisnis kamu terlihat kurang profesional. Menghindari penggunaan angka juga membuat akun media sosial kamu lebih mudah di ingat saat berkomunikasi dengan audiens.

Buatlah Beberapa Pilihan

Saat memilih nama yang akan di gunakan untuk social media handle, pastikan kamu memiliki beberapa pilihan untuk di gunakan. Memiliki beberapa opsi untuk di pilih dapat berguna jika akun media sosial kamu sudah familiar dengan media sosial tertentu.

Manfaat Membuat Social Media Handle

Dalam praktiknya, upaya pemasaran sosial sering kali digunakan bersamaan dengan upaya pemasaran digital lain nya. Misalnya saja menggunakan blog, email dan lain sebagainya. Lalu sudah tahukah kamu apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan dari social media handle ini? Berikut ini daftar beberapa manfaatnya.

Hemat Biaya

Manfaat social media handle yang pertama adalah kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan apa itu social media handle ini, lho. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Tidak percaya? Kamu bisa membuat akun media sosial gratis, memposting gambar atau video gratis, dan juga membuat grup secara gratis. Biaya hanya di kenakan jika kamu membeli iklan berbayar di media sosial.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Sekarang ini ada sekitar 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Artinya, jika kamu menerapkan social media handle dengan benar, maka ada 160 juta orang yang berpotensi mengetahui bisnis kamu melalui media sosial.

Bagaimana jika kamu bisa membuat postingan menarik yang menjadi viral di kalangan netizen. Bisa di pastikan brand kamu akan segera di kenal oleh masyarakat luas.

Memperluas Pangsa Pasar Bisnis

Social media handle bisa di gunakan oleh siapa saja dan di mana saja. Dengan kata lain, target konsumen tidak terbatas pada tempat tinggal kamu saja. Melainkan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan kalau kamu beruntung bisnis kamu bisa menjangkau pasar internasional, lho.

Ini bisa kamu dapatkan dengan menerapkan social media handle yang baik. Misalnya dengan menggunakan hashtag yang tepat, sehingga semua orang bisa menemukan bisnis kamu dengan mudah.

Kesimpulan

Itulah dia beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang social media handle. Pada dasarnya, usahakan untuk menggunakan nama pengguna akun bisnis kamu di semua saluran media sosial yang mudah di ingat oleh audiens.

Dengan begitu, aktivitas pemasaran brand dan media sosial kamu akan membuahkan hasil yang maksimal. Semoga penjelasan mengenai apa itu social media handle, cara membuat, tips dan manfaatnya di atas bisa membantu kamu dalam memperluas jangkauan bisnis kamu, ya!

Baca Juga