fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Tutorial Cara Menyimpan File di Google Drive

Wiliam

Tutorial cara menyimpan file di Google Drive bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan adanya Google Drive bisa mempermudah bizzie di saat ingin menyimpan sebuah file seperti, dokumen, foto, audio, video dan masih banyak lainnya.

Untuk cara menyimpan file di Google Drive juga terbilang mudah dan bisa digunakan oleh semua para penggunanya. Ada keuntungan tersendiri bagi bizzie yang menyimpan file di dalam Google Drive.

Bagi bizzie yang ingin menyimpan file pada Google Drive tidak perlu membutuhkan keahlian secara khusus. Bahkan, semua file yang sudah disimpan pada Google Drive tidak akan bisa hilang kecuali dihapus oleh para penggunanya.

Dengan adanya Google Drive, bizzie bisa mengunggah, melihat, membagikan dan mengedit beberapa file. Selain itu, pada saat bizzie mengunggah file ke dalam Google Drive maka ruangan penyimpanan akan berkurang sedikit demi sedikit.

Lebih menariknya lagi adalah ada saat menggunakan Google Drive tetap bisa mengedit, meski file tersebut di upload pada folder pengguna lain. Ada satu permasalahan yang sampai dengan saat ini masih sering terjadi yaitu belum banyak yang paham dengan cara menyimpan file pada Google Drive.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas mengenai tutorial cara menyimpan file di Google Drive. Bagi bizzie yang penasaran dengan cara menyimpan file bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Google Drive Sebelum Masuk Dalam Tutorial Cara Menyimpan File di Google Drive

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tutorial cara menyimpan file di Google Drive, akan lebih baik dimulai dari segi pengertian Google Drive terlebih dahulu. Untuk pengertian dari Google Drive adalah tempat penyimpanan yang dikeluarkan oleh pihak Google.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Google Drive dan semuanya bisa digunakan secara gratis oleh para penggunanya. Untuk salah satu keuntungan dan kelebihan dari Google Drive adalah semua bentuk file bisa disimpan dengan jangka waktu yang panjang.

Sekalipun file aslinya sudah dihapus dari smartphone, akan tetapi untuk penyimpanan yang ada di Google Drive tidak bisa terhapus sampai kapan pun. Maka dari itu, dengan adanya Google Drive disambut baik oleh beberapa kalangan masyarakat.

Para pengguna Google Drive diberikan ruang penyimpanan sampai dengan 15GB. Sedangkan, untuk bizzie yang ingin menaikkan ruangan penyimpanan juga bisa melakukan upgrade atau berbayar untuk mendapatkan ruang penyimpanan mencapai dengan 50GB.

Tutorial Cara Menyimpan File di Google Drive

Ada beberapa tutorial cara menyimpan file di Google Drive yang bisa diterapkan oleh bizzie. Untuk beberapa langkah atau cara yang dilakukan oleh pengguna Google Drive adalah:

1. Melakukan upload file dan folder

Langkah pertama, bizzie bisa membuka link Google Drive pada laptop maupun komputer. Selain itu, bizzie juga bisa membuka dengan menggunakan link drive.google.com. Pada tutorial cara menyimpan file di Google Drive satu ini adalah:

●      Buka terlebih dahulu link drive.google.com dengan menggunakan perangkat komputer maupun laptop.

●      Perhatikan pada bagian kiri atas dari Google Drive tersebut. Klik pada kolom yang bertuliskan “baru”. Lalu lakukan unggah file atau unggah folder.

●  Pilih beberapa file atau folder yang ingin di unggah pada Google Drive.

2. Seret file atau folder pada Google Drive

Untuk tutorial cara menyimpan file di Google Drive selanjutnya adalah menyeret file atau folder. Untuk langkah yang bisa bizzie lakukan pada tahap kali ini adalah:

●      Pastikan, bizzie sudah berada di halaman Google Drive terlebih dahulu.

●      Setelah itu, buka  atau buat folder Google Drive. Untuk pilihan menu tersebut biasanya berada di bawah pojok kanan bawah.

●  Ketika bizzie ingin melakukan upload bisa langsung saja memilih kolom yang bertuliskan “upload”. Pilih beberapa file yang ingin di unggah pada Google Drive.

3. Menggunakan Backup & Sync

Paling akhir adalah bizzie bisa menggunakan backup & sync pada halaman Google Drive. Tutorial cara menyimpan file di Google Drive yang bisa dilakukan oleh bizzie pada tahap kali ini adalah:

●      Install aplikasi Google Drive terlebih dahulu pada perangkat komputer atau laptop yang bizzie gunkan.

●      Setelah itu, cari di perangkat laptop atau komputer yang ingin diunggah. Supaya lebih mudah, bizzie bisa memberikan nama file tersebut dengan nama “Google Drive”.

●  Tarik beberapa file atau folder tersebut pada aplikasi Google Drive. Ketika proses penarikan sudah selesai, bizzie tinggal menunggu sampai dengan proses upload sudah benar-benar selesai.

Untuk waktu yang dibutuhkan pada saat menerapkan tutorial cara menyimpan di Google Drive akan disesuaikan lagi dengan ukuran memori. Artinya, semakin besar ukuran file dan dokumen maka untuk proses upload di Google Drive semakin lama.

Ada satu hal yang harus diingat oleh bizzie, ketika menggunakan tutorial cara menyimpan di Google Drive. Untuk satu hal tersebut adalah di saat bizzie melakukan upload dengan nama file atau dokumen yang sama, maka untuk sistem Google Drive bisa memasukkan pada bagian revisi.

Meski masuk pada folder revisi, untuk kedua file tersebut masih sama-sama bisa dibuka. Sehingga, untuk bizzie yang mengalami hal seperti itu tidak perlu merasa khawatir lagi jika file nya tidak bisa dibuka.

Sampai dengan saat ini banyak tutorial cara menyimpan di Google Drive yang ada di halaman-halaman internet. Akan tetapi, tidak semua tutorial cara di halaman tersebut bisa digunakan secara mudah dan berhasil.

Bagi bizzie yang ingin menyimpan file di Google Drive bisa langsung saja menggunakan cara diatas. Semoga dengan menggunakan tutorial cara menyimpan di Google Drive diatas bisa berhasil dan membantu. 

Baca Juga