fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Tutorial Cara Mengatasi Windows Gagal Booting Tanpa Instal Ulang Secara Cepat dan Mudah

Wiliam

Gagal melakukan booting adalah kondisi dimana perangkat komputer atau laptop dinyalakan, namun sistem tidak bisa masuk ke dalam boot screen Windows. Pada permasalahan gagal booting pada Windows sampai dengan saat ini masih sering dialami oleh para pengguna komputer atau laptop.

Istilah booting juga sering disebut dengan bootloop. Untuk masalah yang satu ini tidak hanya terjadi pada perangkat komputer atau laptop saja. Akan tetapi, untuk beberapa smartphone juga bisa mengalami permasalahan tersebut.

Namun, untuk bizzie yang sedang mengalami permasalahan gagal booting tidak perlu merasa khawatir lagi. Saat ini ada banyak tutorial cara mengatasi gagal booting tanpa install ulang yang bisa bizzie lakukan. Bagi bizzie yang penasaran dengan pembahasan mengenai hal gagal booting bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Tutorial Cara Mengatasi Windows Gagal Booting Tanpa Install Ulang

Pada saat bizzie sedang mengalami permasalahan gagal booting, maka bisa menggunakan beberapa langkah perbaikan. Untuk tutorial cara mengatasi gagal booting tanpa install ulang adalah:

1. Menggunakan system restore

Cara yang pertama bizzie bisa dengan menggunakan system restore. Bisa jadi dengan menggunakan cara tersebut bisa mengembalikan sistem komputer yang sebelumnya permasalahan ini terjadi.

Akan tetapi, sebelum bizzie menggunakan tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang harus memastikan sudah mempunyai restore point terlebih dahulu. Beberapa langkah yang harus dilakukan pada cara atau tutorial satu ini yaitu:

●      Langkah pertama, bizzie bisa langsung saja menekan tombol power untuk menghidupkan komputer atau laptop terlebih dahulu.

●      Pada saat proses booting dilakukan, maka bizzie bisa memilih tombol “F8” dan “repair your computer”.

●      Di bagian menu selanjutnya bizzie bisa memilih menu “select a keyboard input..” dan lalu pilih “us”.

●      Ketika komputer atau laptop yang bizzie mempunyai password, maka bizzie inputkan terlebih dahulu.

●      Setelah selesai, maka di layar laptop atau komputer muncul “system recovery option”.

●  Ikuti beberapa langkah atau instruksi selanjutnya yang ada di bagian layar komputer atau laptop.

2. Menjalankan repair computer

Tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang selanjutnya adalah menggunakan repair computer. Dengan menggunakan repair computer, maka semua bugs yang ada di sistem komputer atau laptop bisa diperbaiki.

Untuk metode atau cara kali ini dirasa ampuh dalam mengatasi gagal booting tanpa install ulang. Beberapa langkah atau tahapan yang bisa bizzie lakukan pada cara yang kedua adalah:

●      Pastikan terlebih dahulu perangkat komputer atau laptop sudah kondisi menyala.

●      Pada saat proses booting, bizzie bisa menekan tombol menu F8” dan lalu pilih menu “repair your computer”.

●      Di halaman tersebut akan muncul kolom yang bertuliskan “select a keyboard a input ..”.

●      Ketika sudah memilih menu tersebut, langkah selanjutnya memilih menu “startup repair”.

●  Tunggu beberapa menit sampai dengan proses booting sudah benar-benar selesai.

3. Membuat ulang konfigurasi BCD

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa rusaknya file BCD bisa menjadi salah salah satu alasan kenapa Windows gagal booting. Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa mengikuti tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang sebagai berikut:

●      Pastikan perangkat komputer atau laptop sudah menyala terlebih dahulu.

●      Pada saat proses booting bisa menekan tombol “F8” dan memilih menu “repair your computer”.

●      Ketika sudah memilih menu tersebut, maka layar komputer atau laptop secara otomatis muncul ,”system recovery options” dan “command prompt”.

●      Tunggu beberapa menit sampai dengan jendela command prompt sudah terbuka.

●  Kemudian ikuti langkah atau perintah selanjutnya yang ada di layar sampai dengan selesai.

4. Melakukan scan menggunakan antivirus

Gagal booting Windows bisa saja terjadi, karena perangkat komputer atau laptop terkena serangan virus. Virus yang ada di perangkat komputer dan laptop bisa merusak semua bagian file yang ada di dalam sistem operasi tersebut. Untuk tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang permasalahan tersebut adalah:

●      Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat komputer dan laptop sudah benar-benar nyala.

●      Ketika proses booting sudah berlangsung bisa memilih tombol “F8” dan memberikan klik menu pada “safe mode”.

●      Selanjutnya, bizzie bisa membuka aplikasi antivirus yang ada di perangkat komputer dan laptop.

●  Tunggu beberapa saat sampai dengan proses sudah benar-benar selesai.

Bagi bizzie yang ingin menggunakan tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang perangkat komputer atau laptop sudah terinstall aplikasi antivirus terlebih dahulu. Artinya, untuk bizzie yang belum melakukan install aplikasi antivirus tidak bisa menggunakan tutorial cara tersebut.

5. Menggunakan advanced

Permasalahan Windows gagal booting bisa saja terjadi, karena ada perubahan pada bagian perangkat keras atau lunak. Pada tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang mempunyai fungsi untuk melakukan pengaturan ulang pada opsi “konfigurasi yang baik”. Untuk beberapa tutorial cara untuk mengatasi Windows gagal booting kali ini adalah:

●      Pastikan terlebih dahulu, bahwa perangkat komputer atau laptop sudah benar-benar nyala.

●      Kemudian, bizzie bisa melakukan proses booting dengan menekan tombol “F8”. Lakukan langkah yang satu ini secara berulang.

●      Setelah beberapa menit kemudian, akan muncul menu “advanced boot options”.

●  Tunggu beberapa menit sampai dengan proses booting Windows sudah benar-benar selesai.

Itulah 5 tutorial cara mengatasi Windows gagal booting tanpa install ulang yang bisa bizzie pilih. Pilih saja salah satu tutorial cara yang menurut bizzie mempunyai cara booting mudah dan tidak ribet. 

Baca Juga