fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Tutorial Aktivasi Windows 10 Secara Lengkap dan Mudah!

Wiliam

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi komputer atau laptop yang banyak dikenal dan digunakan oleh kalangan masyarakat. Secara rutin pihak perusahaan dari Microsoft sering melakukan update sistem yang baru.

Pada tahun 2015 pihak perusahaan Microsoft berhasil mengeluarkan sistem Windows 10. Supaya Windows 10 bisa berjalan secara maksimal. maka untuk menggunakan sistem tersebut harus melalui aktivasi terlebih dahulu.

Aktivasi Microsoft 10 mempunyai tujuan supaya para pengguna mendapatkan lisensi dan mempunyai hak yang sah. Sayangnya, sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum paham dengan proses aktivasi Windows 10.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai tutorial aktivasi Windows 10. Bagi, Bizzie yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan Lengkap Mengenai Tutorial Aktivasi Windows 10

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa bizzie yang ingin menggunakan Windows 10 harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Untuk tutorial aktivasi Windows 10 yang harus bizzie lakukan adalah:

1. Mengecek aktivasi Windows 10 pada komputer atau laptop

Langkah pertama, bizzie bisa pastikan terlebih dahulu bahwa laptop atau komputer sudah terhubung dengan jaringan internet. Ketika sudah terhubung, bizzie bisa langsung saja membuka menu “start” dan “tab settings”.

Setelah itu, tunggu beberapa menit sampai dengan muncul jendela “settings” yang berisikan macam-macam menu. Berikan klik lagi pada menu yang bertuliskan “update & security”.

Pilih saja langsung menu “activation”. Ketika laptop atau komputer sudah muncul tulisan aktivasi “windows is not activated” berarti tbizzienya perangkat Bizzie belum melakukan aktivasi.

2. Melakukan aktivasi Windows 10

Tutorial aktivasi Windows 10 selanjutnya adalah memastikan bahwa sudah mempunyai product key. Pengertian dari Product Key adalah lisensi yang diberikan secara digital dan mempunyai 25 karakter.

Biasanya untuk Product Key pada Windows 10 bisa dilihat pada box kemasan yang sudah bizzie beli. Sedangkan, untuk bizzie yang membelinya via online untuk product key akan langsung dikirimkan melalui email.

Bagi bizzie yang ingin melakukan aktivasi Windows 10 jangan lupa pakai lisensi digital dari product key resmi dan original. Nantinya, untuk beberapa kode yang ada di product key ini bisa dijadikan salah satu syarat untuk melakukan aktivasi Windows 10.

3. Memasukkan product key

Pada saat bizzie sudah mendapatkan product key, maka untuk tutorial aktivasi Windows 10 bisa melakukan tahapan selanjutnya seperti di saat mengecek aktivasi. Untuk perbedaan dari kedua langkah tersebut berada di bagian menu “activation” dan klik pada kolom “change product key”.

Setelah itu, akan muncul beberapa jendela dan kolom yang harus diisikan dengan kode product key. Proses pengisian kode sudah selesai, bizzie bisa langsung pilih menu “next”.

Tunggu beberapa saat sampai dengan proses aktivasi sudah selesai. Pada saat proses aktivasi sudah selesai, maka komputer atau laptop akan muncul tulisan “windows is activated”.

Tutorial Aktivasi Windows 10 Pada Bawaan Laptop

Bagi bizzie yang sudah membeli laptop dan di dalamnya tertanam menggunakan sistem Windows 10, maka untuk cara aktivasinya lebih mudah. Akan tetapi, sebelum melanjutkan ke tutorial aktivasi Windows 10 bisa memastikan sudah terinstall sistem tersebut.

Lalu, hubungkan laptop atau komputer dengan jaringan internet. Tunggu sampai dengan beberapa saat sampai dengan laptop atau komputer benar-benar sudah menyala.

Pada saat laptop sudah menyala secara otomatis, maka Windows 10 sudah terpasang dan  langsung aktif. Akan tetapi, untuk bizzie yang ingin mengecek berhasil atau tidaknya tutorial aktivasi Windows 10 tersebut bisa dengan menggunakan 1 cara.

Untuk langkah atau cara yang bisa dilakukan adalah melihat pada menu “activation”. Ketika di bagian menu tersebut sudah muncul tulisan “Windows is activated” maka tutorial aktivasi Windows 10 sudah berhasil.

Kekurangan Menggunakan Tutorial Aktivasi Windows 10

Meski banyak pengguna yang ingin menggunakan sistem tersebut, akan tetapi ada beberapa kekurangan dari Windows 10. Untuk beberapa kekurangan yang harus dipahami di saat melakukan tutorial aktivasi Windows 10 adalah:

1. Pada saat bizzie menggunakan Windows 10 akan muncul watermark yang dirasa sangat mengganggu. Notifikasi tersebut akan muncul terus aktif sampai dengan proses aktivasi Windows 10 berlangsung.

2. Tidak bisa merubah beberapa hal seperti background dan mode warna. Tentunya, dengan tidak bisa merubah bagian tersebut membuat bizzie merasa bosan dengan tampilan yang hanya itu-itu saja.

3. Tidak mendapatkan jatah update terbaru. Aktivasi Windows 10 dirasa sudah ketinggalan zaman dan kemungkinan besar semua tools yang ada di dalam sistem tersebut tidak bisa berfungsi di beberapa hari selanjutnya.

4. Tema pada laptop dan komputer tidak bisa diganti.

Salah satu fitur yang paling menarik diberikan oleh Windows 10 adalah bizzie bisa memilih banyak tema sesuai dengan keinginan. Maksud dari beberapa tema tersebut adalah bisa menambah tampilan estetika pada bagian layar laptop atau komputer.

Pada saat bizzie tidak melakukan tutorial aktivasi Windows 10, maka tidak bisa menggunakan beberapa tema menarik tersebut. Maka dari itu, bizzie yang belum menggunakan Windows 10 bisa melakukan aktivasi terlebih dahulu.

5. Ada beberapa tipe komputer atau laptop yang tidak melakukan aktivasi Windows 10. Artinya, untuk bizzie yang tidak menggunakan Windows 10 tidak bisa menggunakan beberapa fitur menarik tersebut.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai tutorial aktivasi Windows 10. Diharapkan dengan adanya informasi di atas bisa membantu bizzie yang ingin melakukan aktivasi Windows 10. 

Baca Juga