SEO YouTube: Panduan Utama untuk Memulai Pemasaran Video (2)

Pembahasan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang SEO Youtube yang membahasa hanya 2 langkah. Oleh sebab itu, kami memberikan 3 langkah lagi untuk Anda yang ingin mengoptimalkan SEO Youtube.

Langkah 3: Tingkatkan Retensi dan Keterlibatan Pengguna

Karena waktu tontonan dan retensi pemirsa telah menjadi sinyal peringkat utama, YouTube memberikan penghargaan video yang membuat orang untuk jangka waktu yang lebih lama karena mereka memenuhi kriteria untuk kualitas konten yang lebih baik. Selain itu, beberapa indikator keterlibatan seperti komentar juga memiliki korelasi kuat dengan peringkat YouTube . Jadi, inilah cara Anda dapat meningkatkan waktu tontonan, retensi pengguna, dan keterlibatan video Anda.

1. Optimalkan untuk Waktu Tonton

Hal terbaik untuk memulai pengoptimalan waktu tontonan adalah menganalisis laporan Waktu Tontonan Anda , yang dapat memberi Anda wawasan tak ternilai tentang durasi tampilan rata-rata, persentase rata-rata yang dilihat, dan retensi pemirsa. Metrik ini akan membantu Anda memahami seberapa terlibat pemirsa Anda dan mengidentifikasi titik-titik lemah dalam strategi Anda.

Jika Anda melihat bahwa pemirsa tidak melewati intro Anda, itu mungkin menandakan terlalu lama. Jika itu masalahnya, cobalah untuk memotong semua konteks yang tidak perlu dan lompat langsung ke titik.

Untuk meningkatkan sesi saluran secara keseluruhan, pertimbangkan untuk mempromosikan video Anda lainnya langsung dalam video atau deskripsi. Ini juga merupakan ide bagus untuk menggabungkan video yang mencakup topik serupa dalam satu daftar putar – mereka akan diputar secara otomatis setiap kali seseorang menonton video dari seri.

2. Mendorong Keterlibatan

Sama seperti waktu menonton, suka, langganan, dan komentar memiliki korelasi yang sangat kuat dengan peringkat. Langkah pertama untuk mendorong pemirsa untuk berinteraksi dengan video Anda adalah mengidentifikasi area-area peningkatan. Dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain dengan bantuan YouTube Analytics – ini memungkinkan Anda untuk melihat video apa saja yang mendorong pelanggan dan berhenti berlangganan serta tempat-tempat di mana konten video tertentu paling populer.

Untuk mendorong pemirsa Anda berkomentar, pikirkan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada mereka di akhir video Anda. Dan tentu saja, pastikan untuk menanggapi mereka untuk memancing diskusi lebih lanjut dan membuat audiens Anda merasa didengar.

Strategi lain yang mulai populer, terutama di kalangan blogger, adalah menjalankan kontes yang mengharuskan pemirsa menyukai, berlangganan, dan menulis komentar di bawah video. Tentu saja, banyak dari mereka akan berhenti berlangganan segera setelah giveaway berakhir tetapi, sejumlah besar pelanggan baru dapat memberikan video Anda peningkatan peringkat yang signifikan.

3. Tingkatkan Saluran Anda

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan saluran Anda dan menambahkan interaktivitas ke video Anda adalah dengan menerapkan Kartu . Mereka dapat terdiri dari 6 jenis berdasarkan apa yang ingin Anda promosikan: saluran, tautan, jajak pendapat, video atau daftar putar, dan kartu donasi.

Layar akhir juga dapat banyak membantu jika Anda ingin mengarahkan pemirsa ke beberapa video Anda yang lain serta memenangkan waktu menonton tambahan. Tambahkan layar akhir ke 5-20 detik terakhir dan promosikan video / daftar putar atau saluran lain, dorong pemirsa untuk berlangganan, dan tautkan ke situs web yang disetujui.

Dengan 85% video Facebook dilihat dengan volume tidak aktif, menambahkan subtitle dan teks tertutup telah menjadi lebih penting daripada sekadar hal yang menyenangkan untuk dimiliki. Terlebih lagi, ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk membuat video Anda dapat dipahami oleh pemirsa yang memiliki keterbatasan pendengaran atau orang-orang yang berbicara bahasa lain, pertimbangkan untuk menerapkan subtitle dan teks tertutup .

Dan hal terakhir yang tidak kalah penting yang saya ingin menarik perhatian Anda adalah kualitas video Anda. Faktanya adalah, video dalam format HD jauh lebih dihargai oleh pemirsa dan YouTube – 68,2% dari video halaman pertama di YouTube dalam format HD . Jadi pastikan untuk beralih ke format video HD jika Anda belum melakukannya.

Langkah 4: Promosikan Video Anda

Meskipun penelitian kata kunci, optimasi metadata, dan meningkatkan retensi pengguna adalah kegiatan yang sangat penting, mereka tidak akan menghasilkan keuntungan bagi Anda jika video Anda tidak terlihat. Jadi, inilah cara Anda dapat mempromosikan video Anda dan memenangkan pandangan ekstra.

Tentu saja, hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kita berpikir tentang promosi konten adalah jejaring sosial. Dan memang, ini adalah tempat yang sangat baik untuk memulai rutinitas promosi video Anda. Pada 2018, 500 juta orang menonton video di Facebook setiap hari . Sejauh menyangkut Twitter, Tweet video di-retweet 6 kali lebih sering daripada yang foto.

Dengan begitu, jejaring sosial masih merupakan platform yang sangat kuat untuk promosi video. Dan jika Anda ingin melacak buzz seperti apa yang dikelilingi oleh video Anda, pertimbangkan untuk menggunakan alat pemantauan media sosial seperti Awario, Mention, atau Brandwatch. Dengan menyiapkan lansiran di Awario , Anda dapat melacak dan menganalisis keberadaan media sosial Anda serta mendapatkan wawasan tak ternilai tentang strategi promosi video pesaing Anda.

Strategi promosi video lain yang terbukti efektif adalah menyematkan video dalam posting blog. Ini adalah cara Anda mendapatkan beberapa tautan serta berjuang untuk tampil di hasil pencarian organik. Konten Video + adalah win-win.

Tempat terbaik untuk mempromosikan video Anda adalah tempat orang-orang secara aktif mencari jawaban. Jadi pikirkan untuk menempatkan video Anda di situs Q&A seperti Quora. Temukan saja pertanyaan yang menurut Anda dapat diliput video Anda dan letakkan di akhir jawaban Anda. Namun, saya juga perlu memperingatkan Anda bahwa Quora cerdas dalam mendeteksi spammer – jadi berhati-hatilah dan cobalah bertujuan membantu komunitas Quora sejak awal.

Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan video Anda di forum atau blog yang relevan sebagai jawaban atas pertanyaan seseorang di komentar.

Langkah 5: Bekali Diri Sendiri dengan Alat yang Kuat untuk SEO YouTube

Tentu saja, dengan alat-alat canggih untuk SEO SEO di pihak Anda, banyak tugas yang memakan waktu dapat diselesaikan hampir dalam waktu singkat. Jadi di sini adalah pilihan alat SEO YouTube terbaik untuk Anda periksa.

1. YouTube Analytics

YouTube Analytics : Terbaik untuk keseluruhan analisis kinerja saluran YouTube.

2. Pelacak Peringkat

Rank Tracker : terbaik c Hecking peringkat YouTube, penelitian kata kunci, analisis kata kunci

3. Awario

Awario : Terbaik untuk melacak penyebutan media sosial.

4. Canva

Canva : Terbaik untuk merancang seni saluran YouTube dan gambar mini.

5. TubeBuddy

TubeBuddy : Terbaik untuk manajemen saluran YouTube dan pengoptimalan video.

Hal terbaik tentang alat ini adalah ia menunjukkan data yang disebutkan di atas untuk semua video di YouTube. Jadi, Anda dapat melihat bagaimana pesaing Anda mengoptimalkan video mereka dan menganalisis bagaimana video Anda menumpuk terhadap pesaing Anda.