SEO YouTube: Panduan Utama untuk Memulai Pemasaran Video (1)

Dalam melakukan pemasaran, video menjadi cara efektif yang harus Anda lakukan dan pelajari. SEO Youtube yang dioptimalkan akan mendapatkan peringkat teratas dan mendapatkan konsumen yang terarah.

Berikut ini adalah 2 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO Youtube .

Langkah 1: Melakukan Penelitian Kata Kunci YouTube

1. Temukan Kata Kunci Terkait

Sama seperti banyak hal lain dalam SEO , pengoptimalan video dimulai dengan penelitian kata kunci yang menyeluruh. Pada langkah ini, Anda perlu menemukan kata kunci yang paling relevan untuk niche Anda dan kata kunci yang cenderung digunakan pengguna saat mencari produk atau layanan yang serupa dengan Anda.

Salah satu alat yang paling dapat diandalkan untuk kegiatan ini adalah Perencana Kata Kunci Google . Alat ini memberi Anda banyak variasi kata kunci bersama dengan tingkat daya saing mereka berdasarkan pada ketentuan benih yang Anda ketik.

2. Menganalisis Tren Pencarian

Cara lain untuk memperkaya daftar kata kunci Anda dengan frasa target yang kuat dan mendapatkan ide tren pencarian di industri Anda adalah dengan memanfaatkan fitur autocomplete YouTube . Metode ini sangat berguna karena memungkinkan Anda mengumpulkan kata kunci yang sebenarnya diketik orang di YouTube.

Anda juga dapat menuju ke video paling populer yang mirip dengan Anda dan menyalin kata kunci yang dioptimalkan untuknya. Terlebih lagi, dengan bantuan fitur pelengkapan otomatis YouTube, Anda dapat mengumpulkan banyak ide untuk video mendatang.

Google Trends juga merupakan alat yang brilian untuk menganalisis tren pencarian dan membandingkan kata kunci berdasarkan popularitasnya. Untuk membuat alat memberi Anda data spesifik YouTube, Anda hanya perlu beralih dari opsi Pencarian Web ke Pencarian YouTube.

Selain memberi Anda pemahaman tentang apa yang sedang tren di ceruk pasar Anda saat ini, alat ini menunjukkan kepada Anda bagaimana jumlah pencarian bulanan berubah dari waktu ke waktu dan memperkirakan popularitas kata kunci di area geografis tertentu. Google Trends juga sangat berguna ketika Anda membuat daftar kata kunci dan ingin membandingkannya dengan popularitas lainnya.

3. Kumpulkan Kata Kunci Video

Saya yakin Anda cukup sering melihat video YouTube yang muncul di antara halaman hasil Google untuk kata kunci tertentu. Bahkan, sekitar 20-40% lalu lintas YouTube akan dihasilkan dari pencarian organik. Itulah sebabnya mengumpulkan dan mengoptimalkan video untuk kata kunci semacam itu dapat secara signifikan meningkatkan peluang mereka untuk memperjuangkan tempat dalam hasil pencarian organik Google.

Cara terbaik untuk mengumpulkan istilah tersebut adalah dengan memasukkan kata kunci target Anda ke dalam Pelacak Peringkat dan melihat apakah halaman hasil menyertakan video, ini adalah bagaimana Anda dapat menemukan kata kunci yang lebih mungkin menghasilkan video dalam hasil pencarian organik.

Langkah 2: Optimalkan Metadata Video

Suka atau tidak, tetapi karena Google dan YouTube menerapkan pembelajaran mesin untuk pengenalan objek, YouTube sekarang dapat mengidentifikasi objek dalam video Anda sambil memperkirakan relevansinya dengan permintaan pencarian tertentu. Pada dasarnya, metadata video telah kehilangan kekuatannya sedikit, yang tidak berarti tidak seharusnya dioptimalkan.

Faktanya, ini sangat penting bagi kami karena itulah yang dipertimbangkan pengguna saat memutuskan apakah akan mengklik atau tidak mengklik video Anda. Terlebih lagi, disarankan untuk mengunggah video dengan metadata-nya yang sudah dioptimalkan daripada 48 jam setelah ditayangkan karena jika tidak, algoritme akan menandainya sebagai tidak layak .

Jadi di sini adalah bagaimana Anda dapat mengoptimalkan metadata video Anda untuk memuaskan pencari dan YouTube.

1. Buat Judul Kata Kunci-Kaya

Saya kira itu tidak mengherankan bahwa judul video adalah yang pertama dan kadang-kadang satu-satunya hal yang dilihat oleh pencari ketika memperkirakan relevansi video. Untuk nada itu, judul yang sempurna harus mencakup kata kunci yang ingin Anda peringkat untuk serta meringkas topik video Anda. Cobalah untuk membuatnya menarik perhatian tetapi jangan membuat janji palsu atau overhype (jangan sengaja clickbait). Ini juga merupakan ide bagus untuk melihat judul video pesaing Anda untuk mendapatkan inspirasi.

Sebagai aturan, video dengan kata kunci pencocokan tepat dalam judul memiliki peringkat yang jauh lebih baik. Penjelasannya agak sederhana – pengguna melihat persis apa yang mereka ketikkan di bilah pencarian, karena itu video seperti itu tampaknya lebih relevan.

Selain itu, judul Anda tidak boleh melebihi batas 60 karakter karena jika tidak, judulnya akan terpotong.

2. Optimalkan deskripsi

Walaupun deskripsi video dapat panjang hingga 1.000 karakter, 100 karakter pertama (2-3 baris teks) adalah yang paling penting karena ini adalah jumlah pengguna teks yang melihat sebelum mereka harus mengklik “Show more”. Itulah mengapa penting untuk menempatkan kata kunci target, CTA, dan tautan ke akun sosial Anda lebih dekat ke awal.

Pilihan lain yang harus dicari adalah memasukkan transkrip ke dalam deskripsi Anda. Namun, saya tidak akan merekomendasikan bergantung sepenuhnya pada transkripsi otomatis YouTube. Pastikan untuk mengoreksi mereka dengan benar atau pertimbangkan untuk menggunakan layanan transkripsi seperti TranscribeMe untuk melakukan semua pekerjaan untuk Anda.

3. Buat Gambar Mini Kustom

Thumbnail adalah hal pertama yang masuk ke otak pencari karena informasi visual dirasakan jauh lebih cepat daripada tekstual. Dan cukup sering terjadi bahwa orang menilai buku dari sampulnya dan memutuskan apakah akan menonton atau mengabaikan video Anda berdasarkan kualitas, nilai informasi, dan tampilan estetika dari thumbnail Anda. Itu sebabnya saya tidak akan menyarankan memilih dari pilihan thumbnail yang dihasilkan secara otomatis oleh YouTube – pikirkan untuk membuat sendiri.

Pertama dan terutama, untuk membuat thumbnail Anda terlihat sama baiknya di semua perangkat, pastikan itu memenuhi persyaratan teknis yang tercantum di bawah ini:

1280 × 720 piksel
Rasio 16: 9
<2 MB
format .jpg, .gif, .bmp, atau .png.

Cukup jelas, thumbnail Anda harus menarik untuk membuat pencari ingin mengklik video Anda. Ini juga merupakan ide bagus untuk menambahkan beberapa teks ke thumbnail Anda untuk membuatnya lebih informatif.

4. Tambahkan Tag Video

Mengoptimalkan tag video Anda membantu pencari menemukan video Anda – mereka bahkan muncul sebagai “kata kunci” dalam kode sumber Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan ide tentang tag apa yang akan ditambahkan ke video Anda adalah untuk melihat apa yang digunakan pesaing Anda – cukup instal TubeBuddy , dan alat ini akan menunjukkan kepada Anda tag yang tepat dioptimalkan dengan video.

Ketika Anda mendapatkan optimasi sendiri, lebih baik mulai dengan tag yang lebih panjang dan lebih spesifik (seperti “cara melatih anak anjing labrador”) dan kemudian persempit ke frasa yang lebih luas (seperti “pelatihan anjing”). Dan jangan lupa untuk menyertakan orang-orang yang ditampilkan dalam video Anda serta nama merek Anda dalam tag.

5. Tambahkan Hashtags

Menggunakan tagar adalah cara lain untuk meningkatkan kemampuan penelusuran video Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkannya ke deskripsi video Anda, dan mereka akan muncul di atas judul video. Karena fakta bahwa tagar telah ditambahkan baru-baru ini ke platform, beberapa video Anda yang lebih lama mungkin tidak dioptimalkan dengan mereka – jadi pastikan untuk mengunjungi mereka dan memperbaikinya.

Itulah 2 langkah untuk mengoptimalkan SEO Youtube yang bisa Anda lakukan. Untuk selanjutnya silahkan pelajari di artikel SEO Youtube bagian kedua.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Tinggalkan Komentar