Scan Virus Di Cpanel, Virus bye!

Ternyata tidak hanya laptop atau komputer saja yang bisa terkena serangn virus. Website pun tidak luput dari serangan virus ini. Namun jangan khawatir akan serangan virus di website ini. Sekarang pada cpanel sudah dilengkapi dengan fitur antivirus yang berguna untuk memproteksi website anda agar terhindar dari serangan virus. Proteksi ini perlu dilakukan pada file – file website yang penting seperti database, ataupun email penting.  Untuk melakukan scan virus di cpanel inipun sangat mudah. Seperti halnya dengan menscan virus biasa pada antivirus komputer anda. Bedanya proses ini dilakukan pada Cpanel.

Cpanel merupakan sebuah control panel online yang berfungsi untuk mengatur website. Website yang berjalan dengan sistem online pastinya sangat rentan dengan serangan virus yang menyebar pada sistem online. Untuk itu anda perlu menggunakan antivirus pada cpanel untuk memproteksi website anda dari serangan virus. Bagaimana caranya? Berikut ini akan kami sajikan cara scan virus di cpanel yang mudah dilakukan.

Langkah – langkah Scan Virus Di Cpanel

1. Login Cpanel

Login melalui http://namadomain/cpanel setelah itu masukan username dan password anda. Jika sudah login, pada kolom pencarian ketikkan virus scanner. Lalu klik pada menu Virus Scanner.

2. Jalankan Virus Scanner

Pada langkah ini anda akan diarahkan ke halaman virus scanner. Pada halaman virus scanner ini terdapat beberapa pilihan fitur yaitu :

Scan Mail yang berfungsi untuk scanning mail direktori pada akun anda. Serta mengecek email – email baik yang ada di inbox, spam ataupun outbox.

– Scan Entire Home Directory berfungsi untuk melakukan scanning secara global semua file yang ada di cpanel.

– Scan Public Web Space melakukan scanning folder public_html. Scanning ini berfungsi untuk mengecek beberapa file website yang terinfeksi virus.

– Scan Public FTP Space melakukan scanning pada folder public_ftp. Fungsi scanning ini adalah untuk mendekteksi virus pada saat anda melakukan sharing file menggunakan FTP.

3. Tunggu Proses Scan Sampai Selesai

Pada saat proses scanning ini akan tersaji beberapa informasi mengenai file – file yang terinfeksi virus. Informasi itu mencakup nama file, progress scanning, jumlah ukuran data dan kolom file yang terinfeksi virus.\

4. Hasil Scan

Apabila proses scan sudah selesai, maka akan tertampil hasilnya yaitu file – file yang terinfeksi virus. Jika pada akun anda tidak ditemukan adanya virus maka hasil scannya akan bertuliskan demikian “Virus Scan Complete. No Virus Found”. Jika terinfeksi virus ada 3 pilihan action yang bisa dilakukan yaitu Quarantine, Destroy dan Ignore.

Kesimpulannya, proteksi website dari serangan virus penting untuk dilakukan mengingat tidak ada sistem yang 100% aman dari serangan virus.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *