fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Ruang Lingkup Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web dan Manfaatnya

Wiliam

Penerapan pendidikan berbasis digital bukan lagi menjadi rahasia umum.  Selain untuk memanfaatkan teknologi, pusat informasi sekolah berbasis Web sangat mempermudah banyak pihak, terutama pihak sekolah itu sendiri. Ini merupakan solusi guna meringankan segala administrasi pengurus yang ada di sekolah termasuk dalamnya guru dan staf.

Lalu bagaimana ruang lingkup sistem informasi sekolah berbasis Web dan apa saja manfaatnya? Pada artikel kali ini akan diulas lebih jauh seputar informasi tersebut dan segala hal menyangkut pemanfaatan platform digital.

Apa Saja Ruang Lingkup Sistem Informasi Sekolah?

Sebelum membahas sejumlah manfaat menerapkan sistem informasi berbasis Web pada sekolah, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu apa saja ruang lingkup yang ada di platform ini. Berikut ini informasi lebih lengkapnya:

1. Situs Web

Komponen pertama yang ada di sistem informasi sekolah tentunya situs Web. Ini hal paling dasar yang harus ada dalam platform karena pihak sekolah melalui fitur ini bisa mempromosikan institusi nya kepada publik. Situs Web, juga bisa mencantumkan informasi penting lainnya terkait kegiatan atau perkembangan yang ada di sekolah.

2. Sistem Informasi Akademik

Komponen selanjutnya yang tak kalah penting dihadirkan dalam website adalah informasi akademik para guru dan staf yang bekerja di sekolah. Adanya info ini akan memudahkan pengunjung atau pembaca melihat informasi pribadi, status, riwayat pendidikan, jabatan, serta beberapa prestasi ataupun pelatihan yang pernah diikuti oleh guru yang terdata.

3. Informasi seputar Alumni

Yang tak kalah penting adalah sistem manajemen sekolah seputar informasi penelusuran alumni. Ini cukup penting untuk dihadirkan agar masyarakat bisa memiliki insight positif terhadap sekolah dan seberapa berhasil sekolah tersebut melahirkan alumni terbaik. Persebaran Alumi ini bisa menjadi penilaian pembaca bagaimana sekolah tersebut menghasilkan lulusan, apakah sesuai dengan yang diharapkan atau sebaliknya.

4. E-Learning

Berikutnya yang harus ada dalam situs Web sekolah adalah sistem e-learning. Pembelajaran secara digital amat penting di Era sekarang mengingat ada beberapa kondisi di mana siswa atau guru berhalangan untuk bertatap muka. Pembelajaran online bisa menjadi solusi apabila hal tersebut terjadi. 

Sistem e-learning ini bisa berisikan konten atau dokumen yang bisa di akses kapan saja oleh siswa, bahkan di luar jam sekolah. Bahan ajar ini bisa berupa tugas, modul, ataupun kuis berupa fitur tanya jawab di antara guru dan siswa.

5. Raport Digital

Ruang lingkup sistem informasi sekolah selanjutnya yang harus di per adakan adalah raport digital atau penilaian akhir bagi siswa setelah ujian atau ulangan dilaksanakan. Rapor ini dimodifikasi dalam bentuk digital guna memanfaatkan dan memaksimalkan website sekolah. Tentunya, secara akses jadi lebih mudah dibandingkan raport yang dibagikan secara fisik kepada siswa.

Selain itu, raport digital lebih awet karena bertahan dalam sistem tanpa ada kerusakan seperti misalnya basah, lecet, kotor, atau yang lainnya.  Jadi kalau ditanya lebih efektif mana, ada baiknya sekolah memperadakan dua versi yakni raport  fisik dan juga digital.

6. Informasi Terkait Poin Siswa

Komponen yang terakhir adalah sistem informasi poin siswa, yakni sebuah metode yang dipakai oleh sekolah dalam peningkatan sikap dan penilaian sikap disiplin setiap muridnya. Terutama dalam hal taat peraturan,  di mana siswa akan dicatat poinnya apabila melanggar peraturan yang sudah disepakati bersama.

Pentingnya Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web

Sistem informasi sekolah berbasis Web bisa menjadi alat penghubung orang tua dengan anaknya yang berada di sekolah. Komunikasi bisa dengan mudah terjadi antara tiga pihak, yakni guru, wali siswa, dan siswa itu sendiri. Adapun manfaat keberadaan sistem informasi model Web bisa disimak melalui poin berikut ini:

  • Membantu untuk menyederhanakan laporan kehadiran siswa. Jika sekolah menggunakan sistem informasi berbasis Web, lebih mudah untuk mengatur kategori berdasarkan kelas, tingkatan, jenis kelamin, dan berbagai kategori lainnya.
  • Pengelolaan ujian akan lebih efektif dan lebih baik. Penilaian bisa langsung disimpan ataupun dicatat secara otomatis. Begitupun apabila mengerjakan soal, tentu guru ataupun staf bisa mengerjakannya tanpa menggunakan kertas.
  • kemudahan pembayaran SPP dan beberapa pengurusan lainnya karena wali murid bisa berurusan langsung dengan sistem yang sudah terintegrasi dengan data keuangan sekolah. Proses menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Siswa akan dipermudah saat mengerjakan tugas karena penerapan sistem informasi berbasis Web menyajikan pula sistem e-learning. Platform ini bisa di akses kapanpun dan di mana saja, tanpa harus mendatangi guru yang bersangkutan pada mata pelajaran tersebut.
  • Komunikasi menjadi lebih efektif karena ruang lingkup serta beberapa fitur dalam aplikasi Web ini menyediakan kolom tanya jawab antara pengajar dan pelajar
  • Memudahkan proses penerimaan siswa siswi baru. Para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya bisa langsung melakukan administrasi melalui sistem informasi sekolah berbasis Web ini.
  • Informasi jadi lebih mudah diakses oleh publik yang ingin mengetahui info lebih jauh mengenai sekolah
  • Pengelolaan sekolah oleh staf menjadi lebih efektif termasuk di dalamnya pencatatan gaji yang bisa dikalkulasi secara otomatis berdasarkan pengambilan cuti dan kehadiran selama periode semester.
  • Mengelola Inventaris sekolah lebih praktis karena sistem berbasis Web ini akan bekerja lebih efisien dalam mengelola koperasi sekolah dalam hal ini meliputi item yang masih tersedia atau stoknya hampir habis.

Dari beberapa manfaat di atas, yang jika disimpulkan ada banyak sekali keuntungan dari penerapan pusat informasi berbasis Web di sekolah. Tentunya,  sekolah terkesan lebih maju karena sistem informasinya pun sudah otomatis.

Baca Juga