fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Rekomendasi Tools Untuk Cek Traffic Website Terbaik 2022

Wiliam

Memiliki website pribadi bertujuan untuk memperoleh traffic atau jumlah pengunjung. Untuk mengecek traffic yang diperoleh, Anda bisa menggunakan rekomendasi tools untuk cek traffic website. Banyak rekomendasi tools yang disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap traffic website tersebut. Cara mengeceknya pun cukup  mudah dilakukan.

Perlu diketahui, jika tools yang ditawarkan berikut menjadi media untuk melakukan pengecekan yang bisa dinikmati secara  gratis. Meskipun ada juga tools yang berbasis berbayar, dimana  pengguna harus mengeluarkan sedikit biaya untuk mengeceknya.

 Adapun rekomendasi tools tersebut yang bisa dimanfaatkan akan dijelaskan pada pembahasan berikut:

1. Google Analytics

Untuk tools yang satu ini memang sangat recomended digunakan dalam melakukan pengecekan traffic website. Tools buatan Google ini membantu dalam melihat jumlah traffic website yang disertai dengan data yang lengkap. 

Selain itu, dalam Google Analytics pun disediakan beragam fitur yang dapat digunakan nantinya saat proses pengecekan berlangsung. Fitur yang dimaksud ini seperti Real Time, Audience, Acquisition, Behavior, dan juga Conversion.

 Cara menggunakan tools ini dengan membuka menu Admin dan memilih Create Property. Selanjutnya, klik menu Web – Continue – dan isi data dari website yang dimiliki. Apabila sudah selesai, langsung saja memilih opsi Create dan membuka themes website.

2. Google Search Console

Masih merupakan tools buatan Google, anda bisa mencoba Google Search Console untuk mengecek traffic website. Keunggulan yang dimiliki oleh tools yang satu ini bukan hanya untuk memeriksa traffic web saja. 

Namun, pemilik website dapat memanfaatkan tools ini untuk mengetahui keyword yang bisa mendatangkan pengunjung yang bersifat organik.

Bahkan tools yang satu ini pun dapat melakukan pengoptimalan terhadap visibilitas website yang dimiliki. Tidak heran jika banyak yang merekomendasikan tools yang satu ini untuk digunakan pemilik website. 

Olehnya itu, sebelum menggunakan tools ini untuk mengecek traffic, anda harus mendaftarkan website pada Google Search Console terlebih dahulu. 

3. Alexa Ranking

Tools yang satu ini tentunya sudah kerap terdengar untuk dimanfaatkan dalam mengecek ranking website yang dimiliki saat ini. Ternyata Alexa Ranking juga dapat digunakan untuk mengecek jumlah pengunjung website dengan mudah. Perlu diketahui, jika penggunaan dari tools yang satu ini dapat dilakukan dengan gratis atau tidak memakan biaya apa pun.

Cara menggunakannya yakni dengan membuka mesin pencarian internet dan mengetik alexa.com/siteinfo. Apabila halaman utama sudah ditampilkan, anda bisa langsung mengklik Run Analysis dan akan ditampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Informasi yang dimaksud seperti jumlah pengunjung, ranking website, dan lain sebagainya.

4. Ahrefs

Dijadikan juga sebagai rekomendasi tools untuk cek traffic website ini, Ahrefs pun menyediakan berbagai fitur. Terkait dengan fitur yang ada seperti domain check, rank tracker, keyword explorer, dan lain-lain.

 Fitur tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan seperti melihat jumlah pengunjung dari website yang dimiliki, namun tools ini berbayar.

Harga termurah yang ditawarkan oleh tools ini yakni 99$ yang dibayar dalam setiap bulannya. Adapun cara yang harus dilakukan jika memilih tools ini yakni dengan membuat akun dan login ke akun tersebut. 

Pilih menu Site Explorer dan masukkan nama domain website yang dimiliki. Kemudian lakukan analisis untuk melihat berapa traffic website.

5. Ubersuggest

Mempunyai Neil Patel, tools SEO Ubersuggest menjadi rekomendasi untuk digunakan. Bagaimana tidak, banyak fitur yang dimiliki untuk melakukan berbagai riset keyword dan mengecek traffic website yang dimiliki. 

Selain itu, tools ini pun sudah mengakomodir berbagai keperluan SEO yang biasanya dibutuhkan oleh pemilik website.

Sama seperti tools sebelumnya, Ubersuggest pun bersifat berbayar namun harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Adapun cara menggunakan tools ini yakni dengan membuka website Ubersuggest terlebih dahulu. Setelah itu, langsung smaja memasukkan domain dan mengubah negara tempat tinggal pemilik web. Tunggu hingga proses analisa dilakukan.

6. Siteprice

Tools yang tidak kalah direkomendasikan adalah Siteprice untuk digunakan dalam melakukan pengecekan jumlah pengunjung. Selain mengecek jumlah pengunjung, anda bisa juga mengetahui berapa penghasilan website yang diperoleh. 

Namun, perlu diketahui jika angka penghasilan yang ditampilkan nantinya hanya sebuah perkiraan saja bukan penghasilan yang pasti.

Olehnya itu, Anda bisa menggunakan tools ini dengan cara membuka web Siteprice terlebih dahulu melalui mesin pencarian. Setelah itu, langsung saja memasukkan nama domain website yang dimiliki. 

Jika sudah, anda bisa mengklik Calculate dan tunggu hingga hasil analisa ditampilkan. Anda bisa melihat berapa jumlah traffic dari website yang dimiliki.

7. SimilarWeb

Rekomendasi tools yang tidak kalah mudahnya untuk digunakan dalam mengecek jumlah pengunjung adalah SimilarWeb. Perlu diketahui jika SimilarWeb ini bukan hanya untuk mengecek jumlah pengunjung saja namun juga untuk membuat keputusan bisnis yang tepat. 

Anda tidak perlu melakukan pendaftaran untuk menggunakan situs pengecek traffic web ini. Cara menggunakannya yakni dengan membuka halaman utama dari SimilarWeb ini dan memasukkan domain name. 

Anda bisa memasukkan domain name pada Analyze any Website or App yang terdapat di samping logi. Tunggu hingga hasil pengecekan ditampilkan dan anda bisa langsung melihat jumlah pengunjung yang mengunjungi website yang dimiliki tersebut.

Demikian penjelasan terkait dengan rekomendasi tools untuk cek traffic website yang dapat dimanfaatkan. Sebenarnya, ada banyak bisa dimanfaatkan. Beberapa diantaranya yang sudah dijelasakan di atas.

Baca Juga