fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Rekomendasi 11 Aplikasi Bisnis Online Terbaik

Dhian rama

Saat ini, untuk memulai bisnis sudah sangat mudah karena bisa dilakukan dirumah saja menggunakan aplikasi bisnis online terbaik.

Bisnis online merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau bahkan menjadi sumber utama pendapatan. Namun, bisnis online tidak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari produk, pemasaran, hingga manajemen.

Untungnya, ada beberapa aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda mengelola bisnis online dengan lebih mudah dan efektif. Apa saja aplikasi bisnis online terbaik itu? Simak daftarnya di bawah ini!

Rekomendasi 11 Aplikasi Bisnis Online Terbaik

1. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: WhatsApp for Business

WhatsApp for Business adalah aplikasi bisnis online terbaik yang wajib dimiliki oleh pebisnis online. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, cepat, dan personal. Anda bisa mengirimkan pesan teks, gambar, video, audio, dokumen, dan lain-lain.

Anda juga bisa membuat profil bisnis Anda dengan menambahkan informasi penting seperti alamat, jam operasional, katalog produk, dan link website. Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur label untuk mengelompokkan pelanggan sesuai dengan statusnya, misalnya baru, menunggu pembayaran, atau selesai. Dengan WhatsApp for Business, Anda bisa meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan Anda.

2. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Google My Business

Google My Business adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis Anda di Google. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola profil bisnis Anda di Google, sehingga pelanggan bisa menemukan Anda dengan mudah saat mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Anda bisa menambahkan informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, foto, ulasan, dan lain-lain. Anda juga bisa memantau statistik seperti jumlah kunjungan, panggilan, pesan, dan klik. Dengan Google My Business, Anda bisa menjangkau pelanggan potensial yang sedang mencari solusi untuk masalah mereka.

3. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Moka POS

Moka POS adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda mengelola transaksi bisnis Anda dengan mudah dan efisien. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirimkan invoice, menerima pembayaran, mengelola stok, melacak penjualan, dan membuat laporan keuangan.

Anda juga bisa mengintegrasikan Moka POS dengan berbagai aplikasi lain seperti GoPay, OVO, ShopeePay, DANA, LinkAja, Xendit, Midtrans, dan lain-lain. Dengan Moka POS, Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga dalam mengurus administrasi bisnis Anda.

4. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Canva

Canva adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda membuat desain grafis yang menarik dan profesional. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai jenis desain, seperti logo, banner, poster, flyer, kartu nama, brosur, undangan, dan lain-lain.

Anda bisa memilih dari ribuan template yang sudah tersedia, atau membuat desain Anda sendiri dari awal. Anda juga bisa menambahkan elemen seperti teks, gambar, ikon, bentuk, warna, dan efek. Dengan Canva, Anda bisa membuat desain yang sesuai dengan identitas dan tujuan bisnis Anda.

5. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Hootsuite

Hootsuite adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda mengelola media sosial bisnis Anda dengan mudah dan efektif. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain-lain.

Anda bisa membuat dan menjadwalkan postingan, memantau interaksi, mengukur performa, dan mendapatkan insight. Anda juga bisa menggunakan fitur analitik untuk mengetahui siapa saja yang mengikuti, menyukai, dan berkomentar pada postingan Anda. Dengan Hootsuite, Anda bisa meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek Anda di media sosial.

6. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: RajaOngkir

RajaOngkir adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda menghitung ongkos kirim barang Anda dengan mudah dan akurat. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai jasa pengiriman, seperti JNE, TIKI, POS, J&T, SiCepat, Ninja Xpress, Anteraja, dan lain-lain.

Anda bisa memasukkan asal, tujuan, berat, dan dimensi barang Anda, dan aplikasi ini akan menampilkan ongkos kirim, estimasi waktu, dan layanan yang tersedia. Anda juga bisa melacak status pengiriman barang Anda dengan memasukkan nomor resi. Dengan RajaOngkir, Anda bisa menghemat biaya dan waktu dalam mengurus pengiriman barang Anda.

7. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda membuat dan mengelola spreadsheet secara online. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat tabel, grafik, rumus, dan fungsi yang bisa membantu Anda menganalisis data dan membuat keputusan. Anda juga bisa berkolaborasi dengan tim Anda dengan cara berbagi,

mengomentari, dan menyunting spreadsheet bersama-sama. Selain itu, Anda bisa mengakses spreadsheet Anda dari mana saja dan kapan saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet. Dengan Google Spreadsheet, Anda bisa mengelola data bisnis Anda dengan lebih mudah dan efektif.

8. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Inshot

Inshot adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda membuat video yang menarik dan profesional. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan berbagai fitur, seperti memotong, menggabung, memutar, mempercepat, memperlambat, menambahkan musik, suara, teks, stiker, filter, transisi, dan lain-lain.

Anda juga bisa memilih dari berbagai rasio aspek, seperti 1:1, 16:9, 9:16, dan lain-lain. Dengan Inshot, Anda bisa membuat video yang sesuai dengan tujuan dan target bisnis Anda.

9. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda membuat dan mengelola website bisnis Anda secara gratis. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat website yang responsif, mudah digunakan, dan SEO-friendly.

Anda bisa menyesuaikan tampilan website Anda dengan memilih dari berbagai tema, warna, dan font. Anda juga bisa menambahkan konten seperti teks, gambar, video, peta, dan lain-lain. Dengan Google Bisnisku, Anda bisa membuat website yang bisa menarik dan mempertahankan pelanggan Anda.

10. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Mekari Qontak

Mekari Qontak adalah aplikasi bisnis online terbaik yang bisa membantu Anda mengelola hubungan dengan pelanggan secara efektif. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola database pelanggan, mengirimkan email dan SMS marketing, mengotomatiskan proses penjualan, melacak performa tim, dan membuat laporan analitik.

Anda juga bisa mengintegrasikan Mekari Qontak dengan WhatsApp Business API, yang bisa membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dan personal. Dengan Mekari Qontak, Anda bisa meningkatkan konversi dan retensi pelanggan Anda.

11. Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Evernote

Evernote adalah aplikasi pendukung bisnis online untuk mencatat informasi saat melakukan penjualan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat catatan teks, gambar, audio, video, dan dokumen. Anda juga bisa menyimpan catatan Anda di cloud, sehingga bisa diakses dari berbagai perangkat.

Selain itu, Anda bisa berkolaborasi dengan tim Anda dengan cara berbagi, mengomentari, dan menyunting catatan bersama-sama. Dengan Evernote, Anda bisa mengatur catatan Anda dengan lebih rapi dan efisien.

Itulah rekomendasi 11 aplikasi bisnis online terbaik yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda bisa mengelola bisnis online Anda dengan lebih mudah, efisien, dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat dan menghibur. Selamat mencoba!

Baca Juga