fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

Pengetahuan

Rahasia Hitung Biaya Iklan Di Google Ads, Begini Caranya!

Wiliam

Iklan di platform digital seperti Google Ads ini menjadi salah satu strategi yang sukses di dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness. Iklan menggunakan Google Ads ini sebenarnya hampir sama dengan cara beriklan di media sosial Instagram maupun Facebook.

Beberapa platform tersebut adalah layanan iklan berbayar yang memungut biaya dari pihak pengiklan. Perhitungan biaya iklan di Google Ads ini bisa dibilang sangat efisien, karena bisa menyesuaikan budget yang dimiliki.

Sebenarnya, untuk biaya iklan di Google Ads tidak bisa ditentukan secara mutlak. Seperti per iklan bizzie harus melakukan pembayaran Rp200.000,00. Google Ads juga cenderung memberikan kebebasan kepada pihak pengiklan untuk menentukan seberapa banyak yang ingin dibayarkan.

Apa Itu Google Ads ?

Sebagai seorang pebisnis yang sering melakukan iklan, pasti bizzie sudah sangat familiar sekali dengan Google Ads dan beberapa lainnya. Bagi bizzie yang belum tahu Google Ads, Google Ads merupakan layanan iklan berbayar online.

Jadi, ketika bizzie bertanya apakah Google Ads berbayar? Tentu saja, untuk jawabannya iya. Dengan menggunakan Google Ads, bizzie bisa membuat iklan dan menampilkannya secara online guna menjangkau orang-orang yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Iklan bizzie juga akan ditampilkan kepada orang-orang tepat di saat mempunyai minat yang tinggi terhadap produk dan layanan sudah disediakan. Selain Google Ads, ada juga layanan iklan Google Adsense.

Layanan satu ini hampir mirip dengan Google Ads. Akan tetapi, Google Adsense ini sangat menguntungkan juga bagi para pemilik website yang ingin dipasangkan iklan oleh Google dan pengiklan yang melakukan pemasangan iklan di Google.

Berapa Biaya Iklan di Google Ads?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk biaya iklan di Google Ads ini tidak bisa ditentukan secara mutlak karena memberikan kebebasan bagi para pengiklan untuk menentukan biaya sendiri. Nantinya, harga Google Ads 2022 dari iklan yang bizzie pasang akan bergantung pada jumlah klik di campaign tersebut.

Meski demikian, bizzie juga masih bisa menghitung berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk iklan di Google Ads. Simak penjelasan dibawah ini untuk menghitung biaya iklan di Google Ads.

Misalnya, untuk kata kunci “totebag custom” CPC nya adalah Rp1.319.160,00. Maka dari itu, perhitungannya akan menjadi Rp27.100,00 x Rp1.319.160,00 x 10% : Rp3.574/924,00.

Jadi, untuk biaya iklan di Google Ads yang harus dipersiapkan adalah Rp3.574.924,00. Biaya tersebut merupakan estimasi untuk iklan per satu bulan. Sedangkan, untuk per satu harinya bisa menyiapkan Rp119.116,00.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghitung Biaya Iklan di Google Ads

Sebelum bizzie memulai iklan di Google Ads, untuk hal terpenting adalah sudah menentukan anggaran yang akan dikeluarkan. Selain itu, di dalam menentukan budget iklan bizzie dengan benar dan tepat bisa memperhatikan beberapa hal penting terlebih dahulu sebagai berikut :

1. Pemilihan Kata Kunci

Kata kunci merupakan salah satu hal yang sangat penting di dalam melakukan iklan di Google Ads. Pasalnya, di setiap kata kunci ini mempunyai harga klik yang berbeda-beda. Semakin besar volume pencarian kata kunci, maka semakin mahal juga biaya yang harus dibayarkan.

2. Pencarian Kata Kunci

Intensitas dan relevansi dari pencarian kata kunci di dalam mesin pencarian Google juga mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap biaya Google Ads. Semakin banyak kata kunci yang ditentukan dan dicari oleh orang-orang Google, maka semakin besar juga harga per klik harus dibayarkan nantinya.

3. Harga Per Klik

Sistem perhitungan biaya iklan di Google Ads adalah biaya per klik. Bizzie juga harus menyiapkan harga per klik dari kata kunci yang sudah disarankan oleh pihak Google.

Hal tersebut harus dilakukan, supaya biaya yang dikeluarkan tidak melampaui budget. Gunakan juga salah satu tools yang bisa mencari kata kunci yang tepat dari sebuah produk yang dijual. Misalnya, hasil penelusuran kata kunci “totebag customer” yang mempunyai CPC sebanyak Rp1.319.160,00.

4. Ekspektasi CTR

Pada tahap yang satu ini, untuk biaya iklan di Google Ads masih belum bisa ditetapkan karena harus melihat ekspektasi click through rate sebagai perbandingan antara jumlah klik terhadap tayangan jumlah iklan yang bizzie pasang. Jadi, iklan yang sudah tayang adalah 100.

Akan tetapi, yang melakukan hanya 10 orang saja. Maka dari itu, CTR nya adalah (1/100) x 100 = 10%. Dengan begitu, bizzie harus mematok ekspektasi CTR sebesar 10%.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Apakah bizzie sudah iklan menggunakan Google Ads? Akan tetapi, apakah biaya Google Ads ini sebanding dengan keuntungan bisnis yang didapatkan. Temukan jawabannya di bawah ini :

1. Mempunyai jangkauan yang sangat luas.

Pada saat melakukan pemasangan iklan di Google Ads, hanya akan menampilkan kepada audiens tingkat relevansinya dengan produk maupun jasa yang ditawarkan. Selain itu, pengguna Google bisa mencari sesuai dengan kebutuhan.

2. Mempunyai iklan yang sangat amat relevan.

Ketika bizzie berjualan, pastinya sudah tahu siapa saja yang akan menjadi target pasar.

3. Pembayaran per klik.

Keuntungannya, yaitu bizzie hanya perlu melakukan pembayaran di saat ada orang melakukan klik iklan. Semakin banyak orang yang melakukan klik iklan, maka semakin besar juga harga harus dibayarkan.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai biaya iklan di Google Ads. Semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin melakukan pemasangan iklan di Google Ads.

Baca Juga