fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Promosi Di Facebook Dan Google, Biaya Rendah Namun Efektif 

Wiliam

Menjalankan bisnis di era digital ini tentu memiliki cara-cara tersendiri agar bisnis tersebut bisa bertahan dan bersaing dengan para kompetitor. Memanfaatkan segala tools-tools digital perlu dilakukan sebagai bentuk adaptasi dari perkembangan teknologi tersebut. 

Membuat bisnis dikenal oleh banyak orang adalah suatu keharusan agar bisnis yang dijalankan tetap eksis dan mendatangkan keuntungan. Media-media promosi perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk dan membangun branding. Beberapa media promosi yang banyak digunakan di era digital ini adalah Facebook dan Google. Yang mana kedua media tersebut menyediakan fitur periklanan untuk para penggunanya. 

Untuk lebih detailnya terkait promosi di Facebook dan Google, baca artikel ini sampai selesai agar mendapatkan informasi lengkapnya. 

Promosi di Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang sangat populer digunakan di seluruh dunia titik platform ini digunakan untuk berbagi aktivitas harian baik dalam bentuk teks, foto, maupun video. Facebook tak hanya digunakan untuk saling berinteraksi dan menjalin pertemanan satu sama lain, namun aplikasi ini juga banyak digunakan untuk melakukan promosi usaha yang sedang dijalankan.

Facebook mengeluarkan layanan baru yaitu periklanan Facebook atau Facebook Ads. Karena banyaknya pengguna yang aktif setiap hari di aplikasi ini, maka tak dapat dipungkiri bahwa Facebook menjadi media yang efektif untuk melakukan promosi. Apalagi Facebook ads menargetkan pengunjung berdasarkan apa yang mereka sukai. 

Selain itu, biaya yang dipatok oleh Facebook Ads juga dapat dikatakan terjangkau. Anda bisa menentukan sendiri biaya yang ingin dikeluarkan dengan mengatur berbagai aspek yang berhubungan dengan konten iklan tersebut.

Iya, biaya Facebook Ads pada dasarnya tidak ada patokan titik Hal ini karena harga iklan tersebut sangat bergantung pada apa yang Anda pilih untuk konten iklan. Misalnya, Anda ingin meningkatkan traffic website dengan memilih cost per click maka anda perlu membayar sekian biaya sesuai dengan banyaknya klik nantinya. 

Namun Meski demikian, berdasarkan hasil rilis dari Facebook business, biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang iklan di Facebook mulai dari 10 ribu rupiah per harinya. Tak hanya biayanya yang murah Cara pembayarannya pun bisa anda sesuaikan, baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.

Faktor biaya Facebook Ads

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu dari besar tidaknya biaya yang perlu Anda keluarkan untuk Facebook ads. Pertama, tujuan dari iklan yang ingin dipasang. Umumnya tujuan dari Facebook Ads ini terbagi menjadi 3, yaitu kesadaran, pertimbangan dan konversi.

Kesadaran, jika tujuan anda untuk meningkatkan kesadaran akan merek yang dimiliki. Pertimbangan jika tujuan anda untuk meningkatkan feedback dari pengunjung.  Konversi jika tujuan Anda adalah ingin meningkatkan penjualan lewat website.

Kedua, jenis iklan yang ingin anda tampilkan di Facebook ads umumnya Facebook Ads ini mempunyai beberapa tipe dan jenis, diantaranya Cost Per Mille (CVM), Cost Per Click (CPC),  Cost Per View (CPV), serta Cost Per Like (CPL).

Ketiga, format iklan yang akan anda pada Facebook ads. Format iklannya bisa berupa foto, slide show, atau video. Dan keempat, target iklan yang akan anda tujuh titik semakin besar jangkauan pasar yang ingin anda dapatkan semakin besar pula biaya yang harus anda keluarkan. Anda juga dapat mempersempit kategori target tersebut, misalnya berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, minat dan hobi. 

Promosi di Google

Google adalah mesin pencarian paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Google memiliki berbagai fitur yang dapat membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan jualannya salah satu yang sering digunakan oleh pebisnis adalah Google Ads atau Google adwords. Dengan fitur ini, Anda bisa menjangkau banyak audiens mengingat penggunanya yang sangat banyak.  Yang mana Google akan mempertemukan iklan dan audience berdasarkan keyword yang dicari oleh audiens.

Dalam mengiklankan bisnis di Google anda tentu penasaran dengan biaya yang dibutuhkan dan bagaimana sistemnya.

Biaya yang perlu dikeluarkan saat ingin memasang iklan di Google pada dasarnya bervariasi karena menggunakan sistem auction. Biaya iklan sesuai dengan optimasi iklan yang Anda lakukan. Di Indonesia sendiri, umumnya biaya Klik di Google Ads mulai dari 800 rupiah per pencarian, 150 rupiah pada display serta 30 rupiah per view di pada video. 

Beriklan di Facebook, Anda bisa mengontrol biaya iklan harian yang ingin anda bayarkan. Namun tentu saja jika anda memasang patokan yang terlalu rendah maka meskipun sistem Google menerima penawaran tersebut, tentu saja hasil yang didapatkan tidak akan terlalu berdampak. Apalagi ada kemungkinan bahwa jika patokan yang Anda berikan terlalu kecil maka iklan Anda tidak akan ditampilkan sebab dianggap memiliki ranking yang terlalu rendah.

Faktor Biaya Iklan Google

Dalam menentukan biaya pada sistem lelang Google, terdapat tiga parameter yang digunakan, yaitu, Cost Per Click (CPC), Quality Score (QS) dan Ad format. Dalam proses perhitungannya terdapat dua bagian yaitu menghitung rangking iklan lalu menghitung klik yang harus dibayarkan. 

Pertama, Cost Per Click (CPC) yaitu banyaknya klik yang ingin anda dapatkan dari iklan yang anda tampilkan. Kedua, quality score yaitu berkaitan dengan ketepatan kata kunci yang digunakan. Dan ketiga, ad format yaitu format yang ingin ditampilkan pada iklan yang ingin dipasang misalnya berbentuk foto atau video.

Itulah beberapa hal terkait promosi di Facebook dan Google kedua platform ini merupakan platform yang sangat besar di dunia digital sehingga bagus digunakan sebagai media promosi untuk memperkenalkan brand dan produk Anda ke khalayak umum.

Baca Juga