fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPengetahuanTechnology

Cara Menggunakan Platform Penyingkat Tautan S.Id

Yanti puspita

Salah satu platform gratis yang bisa kamu gunakan untuk menyingkat sebuah tautan adalah platform penyingkat tautan s.id. Platform ini memiliki tools serupa untuk mengonversi tautan panjang menjadi tautan pendek dengan mudah dan gratis.

Bukan hanya itu s.id ini juga lebih mudah di gunakan karena semua fiturnya tersedia gratis. Selain itu kamu juga bisa mengkustomisasi tautan atau nama tautan yang bisa di ganti sesuai dengan kemauanmu.

Untuk membuat link yang pendek menggunakan layanan seperti yang di tawarkan oleh S.id ini kamu tidak akan di kenakan biaya apapun.

Cara Memperpendek Tautan Dengan Platform Penyingkat Tautan S.Id

Selain memperpendek tautan platform penyingkat tautan s.id juga bisa di gunakan untuk membuat microsite, sebuah website kecil untuk menampilkan portofolio kamu dan meletakkan tautan yang ingin kamu bagikan.

Kamu juga bisa meletakkan link ini di bio media sosial kamu. Selain itu, platform s.id juga telah terdaftar sebagai slah satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia.

Sehingga tautan yang di hasilkan S.id di jamin tidak akan terblokir saat di akses oleh siapapun yang membuk tautan yang kamu bagikan. Berikut ini adalah cara menggunakan platform penyingkat tautan s.id untuk menyingkat tautan.

Akses Website

Untuk menyingkat tautan dengan platform s.id ini, pertama buka terlebih dahulu website s.id di perangkat yang kamu gunakan.

Paste URL

Setelah sampai di halaman utama, kemudian Paste atau tempelkan URL yang ingin di singkat ke kolom yang tersedia.

S.id Akan Bekerja

Setelah memasukkan tautan ke kolom yang di sediakan kemudian s.id akan secara otomatis menampilkan URL yang telah di singkat tersebut.

Salin Tautan

Setelah selesai kamu bisa menekan tombol salin tautan atau membagikannya di media sosial. Namun untuk menggunakan semua fitur yang tersedia, kamu harus masuk ke akun s.id kamu terlebih dahulu.

Kelebihan Platform Penyingkat Tautan

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan platform penyingkat tautan ini yang telah di jelaskan di atas, kamu juga perlu mengetahui kelebihan  yang di miliki platform ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Gratis tanpa perlu berlangganan
  • Nama tautan bisa di sesuaikan
  • Tautan dapat di kontrol secara independen
  • URL terpendek dengan domain s.id
  • Banyak fitur yang akan mendukung pengguna

Tiga Fitur yang Hanya Ada Di Platform Penyingkat Tautan S.Id

Bukan hanya untuk mempersingkat tautan, platform penyingkat tautan juga memiliki fitur lain yang tidak akan kamu dapatkan di platform lainnya.

Time Based Link

Tautan berbasis waktu atau Time Based Link adalah jenis tautan yang hanya bertahan untuk jangka waktu tertentu. Apabila waktu yang di tentukan habis, maka tautan akan kedaluwarsa dan tidak dapat di akses kembali.

Untuk mengaktifkannya kembali, maka mereka perlu menghubungi pemilik tautan agar pemilik segera menggantinya.

Fitur Rahasia – Linkplus+

Fitur link plus merupakan fitur rahasia yang ada di platform penyingkat tautan s.id dan umumnya di gunakan untuk mencari tujuan tautan yang asli dengan alamat link S.id. Linkplus akan menemukan jenis link yang kamu cari, microsite dan link shortener.

Ini akan sangat membantu kamu jika kamu ingin membuka tautan tetapi takut terkena phising atau scam. Ini semua karena fitur ini akan memberi tahu kamu dari mana asal tautan yang ingin kamu buka.

Protected Link

Sekarang sudah ada sistem untuk melindungi link kamu dari pihak luar, salah satu fitur terbaru platform penyingkat tautan s.id adalah link terproteksi. Dengan Protected Links ini kamu bisa menggunakan fitur keamanan tautan secara gratis dengan mengunjungi situs resmi s.id.

Tautan terlindungi atau Protected Link adalah tautan yang memiliki pasword rahasia sebelum nantinya di alihkan ke tautan asli. Jadi, ketika orang ingin mengakses link kamu, mereka harus mengetahui password yang kamu buat dulu.

Platform Penyingkat Tautan Selain Platform S.Id

Bukan hanya platform penyingkat tautan s.id, kamu juga bisa menggunakan platform lain jika ingin menyingkat tautan yang kamu miliki. Berikut adalah rekomendasi platform selain s.id untuk menyingkat tautan kamu.

Bit.ly

Platform pemendek tautan pertama yang bisa kamu coba adalah Bit.ly. Pastinya kamu juga sudah tidak asing lagi dengan shortlink yang di tulis oleh Bit.ly kan? Saat ini Bit.ly benar-benar salah satu pemendek tautan paling populer karena sangat mudah di gunakan.

Tidak hanya mudah di gunakan, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, seperti memantau kinerja tautan yang telah di buat. Informasi geografis orang yang mengklik tautan tersebut hingga status tautan yang di bagikan dapat di pantau dengan mudah menggunakan Bit.ly ini.

Ow.ly

Ow.ly juga merupakan situs pemendek tautan selain platform penyingkat tautan s.id yang patut kamu coba. Pasalnya, memperpendek tautan di sini juga sangat mudah.

Bukan hanya itu, namun Ow.ly juga merupakan salah satu penyingkat URL paling populer di masa sekarang. Jika kamu memiliki akun Hootsuite, maka kamu bisa mengakses Ow.ly dan menggunakan semua fiturnya secara gratis.

TinyURL

Jika kamu hanya perlu sesekali membagikan tautan di media sosial, maka kamu bisa mencoba menggunakan pemendek di platform ini. Setelah masuk ke halaman TinyURL, sebagai pengguna kamu akan langsung di sambut dengan kotak yang di gunakan untuk memendekkan tautan yang kamu inginkan.

Jadi, kamu tinggal memasukkan tautan langsung ke dalam kotak agar tautan bisa di persingkat dengan lebih rapi. mudah di gunakan dan tidak ribet, itulah daya tarik TinyURL ini. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Cuttly

Seperti platform penyingkat tautan s.id, pemendek tautan situs web ini juga bisa membantu kamu mempersingkat tautan tautan dengan cepat. Pasalnya, kamu tidak perlu login terlebih dahulu.

Cara penggunaannya juga sangat mudah karena kamu hanya tinggal memasukkan tautan yang akan di singkat pada kotak di halaman muka situs ini. Selain itu semua orang juga bisa memanfaatkan Cuttly karena situs ini tersedia secara gratis.

Walaupun begitu, website ini juga memiliki beberapa fitur yang tidak kalah dengan pemendek URL lain nya.

Rebrand.ly

Rekomendasi situs pemendek tautan lainnya selain platform penyingkat tautan s.id adalah Rebrand.ly. Situs web ini juga cukup populer karena menawarkan banyak fitur canggih di dalamnya. Selain dapat mempersingkat link tautan dengan mudah, Rebrand.ly juga menawarkan custom domain sesuai keinginan kamu.

Penutup

Nah, itulah di ulasan mengenai platform penyingkat tautan s.id dan beberapa platform penyingkat tautan alternatif lain yang bisa kamu coba. Selain itu, untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas pengguna S.Id juga menyediakan layanan 24/7.

Tidak hanya itu, setiap tautan yang di buat pengguna di platform penyingkat tautan S.id juga akan aktif selamanya dan tidak akan pernah kedaluwarsa. Ini semua karena sistem S.id akan menghapus semua hal negatif untuk menjaga platform tetap sehat dan bertahan di era dimana teknologi terus berkembang dengan pesat ini.

Baca Juga