fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Wiliam

Perkembangan e-commerce di Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan yang sangat amat pesat. Bahkan, sampai dengan saat ini untuk jumlah e-commerce jumlahnya tidak bisa dihitung lagi dengan tangan.

Dengan adanya perkembangan e-commerce di Indonesia disambut baik oleh kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, e-commerce juga bisa mempermudah kalangan masyarakat dalam membeli suatu barang.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas perihal perkembangan e-commerce di Indonesia. Bagi bizie yang penasaran mengenai dunia e-commerce bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian E-Commerce

E-commerce merupakan salah satu kegiatan berdagang yang dilakukan dengan memanfaatkan media elektronik. Adanya perkembangan teknologi, khususnya internet bisa memberikan banyak pengaruh terhadap suatu kehidupan masyarakat.

Dunia perdagangan dan pemasaran sebuah produk kini mengalami perubahan yang sangat amat pesat. E-commerce kini memberikan banyak penawaran perubahan yang berhubungan dengan perdagangan.

Sebelum adanya perkembangan e-commerce di Indonesia, untuk proses berdagang mengharuskan pembeli dan penjual bertatap muka. Akan tetapi, dengan adanya e-commerce di saat ingin membeli barang tidak perlu lagi yang namanya tatap muka.

Semua pembeli bisa lebih menghemat biaya dan waktu, ketika menggunakan e-commerce. Tidak hanya kelebihan saja, e-commerce juga mempunyai kekurangan yaitu para pembeli tidak bisa melihat dan memegang barang yang diinginkan.

Manfaat Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Perkembangan e-commerce di Indonesia kini terus mengalami perubahan yang sangat amat besar. Apalagi, untuk saat ini banyak sekali pebisnis online yang bermunculan dan menggunakan e-commerce. Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan pada saat e-commerce mengalami perkembangan yaitu:

1. Mempunyai Jangkauan yang Luas

Manfaat pertama dari perkembangan e-commerce adalah mempunyai jangkauan yang luas. Selain itu, dengan adanya jangkauan yang luas ini bisa membuat kalangan masyarakat di luar negeri tetap bisa berdagang pada toko bizzie.

2. Tidak Terbatas Oleh Waktu

Bisnis secara online mempunyai layanan selama 24 jam non stop. Artinya, untuk semua para pembeli bisa saja melakukan order atau membeli beberapa produk tanpa memandang waktu lagi.

3. Mempunyai Biaya yang Lebih Rendah

Untuk biaya operasional melakukan instalasi jualan online lebih rendah dibandingkan harus membuka toko secara fisik. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena para bizzie tidak perlu lagi memikirkan gaji, karyawan dan juga sewa gedung.

Sehingga, untuk beberapa alokasi biaya tersebut bisa dipergunakan tambahan modal. Dampak lainnya lagi toko online bizzie mempunyai produk yang lebih kompleks dibandingkan lainnya.

4. Tidak Perlu Melakukan Stok Barang Sendiri

Pada saat bizzie memilih menjadi seorang dropshipper, maka untuk kemungkinan kehabisan barang atau produk sangat amat kecil. Ketiak pesanan telah tiba, bizzie cukup melakukan transfer kepada produsen sesuai dengan produk yang diinginkan.

5. Mempunyai Transaksi dan Pengiriman yang Lebih Mudah

Dengan adanya tools yang satu ini bisa membuat bizzie tidak perlu khawatir perihal proses pengiriman barang. Saat ini terdapat juga beberapa layanan pembayaran elektronik yang dapat dipilih oleh kalangan masyarakat.

Lebih menariknya lagi adalah semua jenis layanan pembayaran langsung terhubung dengan jaringan internet. Untuk proses pengiriman juga sama-sama bisa dilacak oleh para pembeli secara online.

6. Bisa Belajar Mengenai Kebiasaan Dari Para Pelanggan

Ketika menjalankan sebuah bisnis online harus mengerti kebiasaan dari para pelanggan. Saat ini sudah banyak alat yang mempunyai fungsi untuk melakukan analisis atau memeriksa data dari toko online tersebut. Nama dari alat tersebut adalah Google Analitik.

7. Dapat Belanja Tanpa Memandang Tempat dan Waktu

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, salah satu manfaat e-commerce mempunyai layanan online secara terus menerus. Artinya, untuk bizzie tidak perlu lagi memandang tempat dan waktu.

Selagi smartphone yang bizzie gunakan masih terhubung dengan internet, maka masih tetap bisa melakukan belanja secara online. Pada intinya, untuk belanja di e-commerce hanya bergantung dengan jaringan internet saja.

Perkembangan e-commerce di Indonesia akhir-akhir ini terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Faktanya, untuk Negara Indonesia menjadi salah satu dari 10 Negara dengan pertumbuhan e-commerce yang amat pesat.

Pada tahun 2018 yang lalu, e-commerce Indonesia sudah mengalami pertumbuhan sampai dengan 78%. Dari jumlah 17% tersebut disumbang oleh pembelian tiket dan juga reservasi hotel.

Selain itu, untuk pembelian pakaian dan sepatu hanya berada di 11,9%. Kosmetik dan beberapa produk kesehatan sebesar 10%. Berdasarkan statistik tersebut bisa mempermudah bizzie yang ingin memulai jualan secara online.

Contoh Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Saat ini banyak sekali e-commerce yang dapat dipilih dan digunakan oleh kalangan masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya macam-macam jenis e-commerce ini justru membuat kalangan masyarakat menjadi bingung harus memilih yang mana. Untuk beberapa contoh dari perkembangan e-commerce di Indonesia adalah:

1. Lazada

Lazada merupakan salah satu e-commerce yang mempunyai banyak jenis produk sangat komplit. Sampai dengan saat ini juga sudah banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan e-commerce Lazada.

2. Blibli

Pada e-commerce yang satu ini hampir sama seperti sebelumnya. Sayangnya, untuk perbedaan dari kedua e-commerce tersebut adalah pada jenis produk yang dijual. Blibli hanya menjual beberapa produk perlengkapan anak dan olahraga.

3. OLX

OLX merupakan e-commerce yang menjual berbagai jenis barang atau produk. Pada e-commerce yang satu ini menjual beberapa barang baru dan bekas. Bahkan, semua jenis peralatan rumah tangga juga disediakan oleh e-commerce OLX.

Sekian penjelasan mengenai perkembangan e-commerce di Indonesia. Semoga, dengan adanya informasi diatas bisa membantu bizzie yang ingin mempunyai usaha di dunia e-commerce. 

Baca Juga