fbpx

Perbedaan VPS dan Hosting, Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan dan perlu Anda pahami sebelum memutuskan terbaik untuk website kita. 

Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai tempat untuk menyimpan web. Namun terdapat faktor-faktor yang membedakan keduanya. 

Simak penjelasan perbedaan beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam ini.

Definisi VPS

Apa Itu VPS hosting

Apa itu VPS hosting? Ada banyak jenis hosting yang bisa Anda sewa untuk mengembangkan server web, salah satunya virtual private server

Pengguna web saat ini telah banyak menggunakan layanan hosting virtual private server untuk web dengan traffic tinggi menengah. Pengguna membutuhkan pengelolaan fasilitas server secara mandiri atau tidak berbagi dengan pengguna lain.

Ruang penyimpanan VPS saat ini telah menggunakan virtual berupa sehingga Anda tidak akan terganggu dengan kehadiran pengguna lain. 

Pengertian dan Jenis Hosting

perbedaan cloud hosting dan VPS

Selain VPS, terdapat beberapa jenis web hosting lainnya yang memiliki kemiripan spesifikasi dengan layanan virtual private server yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Namun yang paling mirip dengan VPS adalah tipe dan shared hosting. Perbandingan ketiganya terlihat pada jumlah pengguna dalam suatu server.

Sebelum membandingkan ketiga hosting tersebut, berikut penjelasan singkat tentang cloud hosting dan shared hosting

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang di dalamnya terdapat banyak server yang beroperasi secara bersamaan dan menyimpan salinan file website Anda di teknologi cloud.

Cluster server akan secara otomatis memindahkan web ketika suatu server sibuk atau mengalami down. Namun Anda tidak perlu khawatir karena data pengguna web tidak akan hilang.

Baca Juga :  3 Manfaat Artikel SEO untuk Bisnis Online

Yang menarik, banyak provider yang kini menawarkan jasa VPS di infrastruktur cloud sehingga secara sekilas dua hosting ini serupa. 

Shared Hosting

Jenis hosting lainnya yang memiliki kesamaan dengan VPS adalah shared hosting. VPS dan shared hosting sama-sama membagi sumber daya ruang penyimpanan, RAM, atau CPU ke setiap pengguna di server mereka. 

Banyak pemula yang menggunakan shared hosting untuk membangun web mereka karena harga yang terjangkau dan kemudahan dalam mengoperasikannya.   

Perbedaan VPS dan Hosting

Perbedaan VPS dan Hosting

Beda VPS dan hosting dapat terlihat dalam 3 poin berikut ini, simak perbandingannya:

1. Memori Penyimpanan

Keunggulan VPS yang pertama adalah kapasitas memori penyimpanan. Memori penyimpanan VPS lebih besar daripada shared hosting dan cloud hosting karena server tidak membagi sumber daya penyimpanan dengan pengguna lain. 

Memori penyimpanan VPS yang lebih besar dapat meningkatkan performa dan kecepatan website sehingga cocok untuk Anda yang sedang membangun web dengan traffic tinggi.

2. Keamanan

Keamanan VPS lebih terjamin daripada cloud hosting dan shared hosting karena dalam satu server virtual Anda tidak akan menemukan pengguna lain. Sementara di cloud hosting, meski sama-sama virtual, namun server Anda tetap saling terhubung dengan server lain. 

Hal ini akan berpengaruh juga kepada performa web saat server mengalami downtime atau crash akibat penggunaan berlebih dari pengguna lain. Namun untuk mendapatkan keamanan di atas, Anda harus dengan tepat melakukan pengaturan keamanan pada server. 

3. Biaya Server

Perbedaan cloud hosting dan VPS berikutnya terletak dari segi biaya server. Biaya cloud hosting maupun shared hosting jauh lebih murah daripada virtual private server.

Itulah perbedaan VPS dan hosting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih jenis hosting yang tepat untuk server website. Jenis hosting apa pun yang telah kami jelaskan di atas bisa Anda dapatkan di DewaBiz dengan harga khusus. Yuk segera order di provider tepercaya dan terbaik di Indonesia.

Baca Juga :  Aplikasi Terbaik Download Lagu Gratis yang Wajib Dicoba