fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Perbedaan SSD dan NVMe, Lebih Bagus Yang Mana?

Yodik Prastya

Dalam dunia komputasi, penggunaan SSD (Solid State Drive) telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, sekarang ada teknologi baru yang muncul dan semakin diminati oleh para pengguna, yaitu NVMe (Non-Volatile Memory Express).

Keduanya digunakan sebagai pengganti hard disk drive (HDD) pada laptop atau desktop, namun apa perbedaan antara SSD dan NVMe? Mari kita lihat lebih dalam untuk memahami perbedaan keduanya dan menentukan mana yang lebih baik untuk kebutuhan kita.

Perbedaan SSD dan NVMe

SSD (Solid State Drive) dan NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah dua jenis teknologi penyimpanan data yang sangat populer di kalangan pengguna komputer dan laptop.

Meskipun keduanya bertujuan untuk mempercepat kinerja sistem dan mempercepat waktu akses data, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara SSD dan NVMe:

1. Koneksi

Salah satu perbedaan utama antara SSD dan NVMe adalah koneksi yang digunakan. SSD menggunakan SATA (Serial Advanced Technology Attachment) yang dapat menghasilkan transfer data maksimum hingga 6 Gbps. Sedangkan NVMe menggunakan koneksi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang jauh lebih cepat dan dapat menghasilkan transfer data hingga 32 Gbps.

2. Kecepatan

Karena menggunakan koneksi yang lebih cepat, NVMe jauh lebih cepat dalam hal kecepatan akses data daripada SSD. NVMe dapat membaca data hingga 7 kali lebih cepat daripada SSD, memastikan sistem berjalan dengan lebih cepat dan responsif.

3. Latensi

Latensi adalah waktu yang dibutuhkan untuk sistem menyimpan dan mengambil data. NVMe memiliki latensi yang jauh lebih rendah daripada SSD. Dalam hal ini, NVMe lebih unggul karena dapat mengambil dan menyimpan data secara lebih cepat.

4. Kapasitas

SSD dan NVMe tersedia dalam berbagai kapasitas, namun harga NVMe lebih mahal. Karena teknologi NVMe yang lebih baru dan lebih cepat, harga per gigabyte cenderung lebih tinggi daripada SSD.

5. Kompatibilitas

SSD lebih mudah digunakan dan kompatibel dengan hampir semua sistem. NVMe memerlukan dukungan driver yang tepat dan koneksi PCIe yang sesuai, sehingga dapat membatasi penggunaan pada sistem tertentu.

6. Penggunaan Daya

NVMe memerlukan daya yang lebih rendah daripada SSD. Hal ini memungkinkan penghematan daya yang signifikan pada laptop dan perangkat seluler yang menggunakan NVMe.

Lebih Bagus Mana Antara Keduanya?

Kedua jenis storage SSD dan NVMe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga sulit untuk menentukan mana yang lebih baik secara mutlak.

Namun, dalam kebanyakan kasus, NVMe dianggap sebagai pilihan yang lebih baik karena memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latency yang lebih rendah dibandingkan dengan SSD.

Kecepatan transfer data NVMe dapat mencapai 32 Gbps atau bahkan lebih, sedangkan SSD hanya sekitar 6 Gbps.

Selain itu, NVMe juga menggunakan antarmuka PCI Express, yang memungkinkan pengiriman data secara langsung antara CPU dan storage tanpa melalui perantara. Ini dapat mengurangi beban CPU dan meningkatkan efisiensi kinerja sistem secara keseluruhan.

Penutup

Itulah sejumlah perbedaan SSD dan NVMe yang bisa diketahui. Semoga membantu, ya!

Baca Juga