fbpx

Perbedaan Shared Hosting dan VPS: Lebih Untung Mana?

Perbedaan shared dan seringkali membuat bingung pengguna karena kemiripan karakteristik keduanya.

Anda mungkin akan kesulitan menentukan apakah hosting yang Anda sewa adalah jenis hosting bersama atau virtual private system karena banyaknya pengguna di dalam satu .

Untuk memahami perbedaan keduanya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian VPS

VPS adalah

Virtual Private System atau VPS adalah jenis hosting dengan sumber daya yang berasal dari satu server fisik. Dari satu server tersebut kemudian akan terbagi kembali menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil. 

Masing-masing server virtual tersebut hanya akan dipakai oleh satu pengguna dan tidak akan sharing sumber daya.

Tipe hosting ini sangat cocok bagi Anda pengelola website yang telah memiliki pengunjung puluhan ribu setiap harinya. Hal ini menandakan Anda sedang tumbuh besar.

Definisi Shared Hosting

shared hosting adalah

Layanan hosting yang masih begitu digemari oleh website-website pemula adalah shared hosting.

Shared hosting adalah tipe layanan hosting yang berasal dari satu server fisik namun sumber daya server dan ruang penyimpanannya dibagi untuk banyak pengguna website atau dipakai secara bersama.

Tipe hosting ini tepat untuk Anda yang merupakan seorang pemula, yang baru menjalankan . Anda tidak perlu memikirkan bagaimana pengoperasian website ini karena memang sangat mudah dan telah disediakan oleh pihak provider.

Perbandingan Shared Hosting dan VPS

Perbedaan shared hosting dan VPS

Berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan shared hosting dengan VPS yang perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan website:

Baca Juga :  SEO Kunci Bisnis Online

1. Biaya

Hal pertama yang mungkin akan jadi pertimbangan Anda adalah besarnya biaya. 

Biaya yang Anda akan keluarkan jauh lebih murah jika berlangganan shared hosting, bahkan beberapa gratis sehingga cocok untuk kantong pengelola website pemula.

Sementara di layanan hosting VPS, biayanya sedikit lebih mahal. Ada harga ada kualitas. VPS jelas akan menawarkan lebih banyak fitur-fitur premium seperti peningkatan performa website hingga kapasitas penyimpanan file di server.

2. Performa

Faktor berikutnya adalah soal performa hosting. Performa VPS jauh lebih baik. Pengunjung website tidak tidak perlu menunggu lama ketika membuka website Anda karena tidak adanya antrian bersama pengunjung di lain. 

Bagi Anda dengan kunjungan traffic website puluhan ribu, tipe VPS hosting lebih cocok. Performa shared hosting tidak lebih baik karena adanya keterbatasan pada bandwidth server.

3. Keamanan

Keamanan akan disimpan lebih aman di VPS. Hosting tipe ini pun aman dari dari kemungkinan pencurian data oleh pengguna hosting lain yang tidak bertanggung jawab.

4. Skalabilitas

Faktor ini sering menjadi faktor penentu. Skalabilitas berkaitan dengan kemampuan penyimpanan dan kecepatan server dari hosting yang Anda pilih.

Jangkauan VPS jauh lebih luas dan cocok bagi website-website yang telah tumbuh besar. Fitur yang lebih terbatas tersedia pada layanan hosting bersama baik dari segi kapasitas penyimpanan maupun skalabilitas yang lebih terbatas.  

5. Keandalan dan Stabilitas

Risiko website mengalami down akan lebih terasa pada pengguna shared hosting. Beberapa penyebabnya mungkin seperti server yang tiba-tiba mengalami gangguan atau ulah dari pengguna lain yang memakai sumber daya secara berlebihan.

Meski begitu, Anda dapat juga mengecek angka atau seberapa sering server aktif pada hosting yang Anda pilih.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Aplikasi Remote Server yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Di Dewabiz, Anda akan mendapatkan sejumlah fitur keamanan yang dapat membantu website Anda mengalami gangguan.

Jaminan uptime 99% pada website Anda agar terus dan customer service yang standby selama 24 jam nonstop adalah alasan pertama.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan shared hosting dan VPS yang perlu Anda ketahui ketika menjalankan bisnis website atau . Selamat mencoba!