fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Perbedaan Domain dan Hosting? Serta Perannya untuk Website

Yanti puspita

Istilah domain dan hosting pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu jika pernah membaca artikel dan pedoman tentang membuat website. Keduanya adalah elemen yang cukup penting dari suatu website, dan ada baiknya kamu tahu perbedaan domain dan hosting terlebih dahulu sebelum membuat website. Selain itu, kamu juga harus tahu tentang  perbedaan domain dan hosting dan bagaimana cara kerjanya?

Dalam artikel ini, kami akan membahas selengkapnya tentang perbedaan hosting dan domain dengan citra yang mudah di mengerti, dan juga bagaimana kedua hal itu saling bekerja sama untuk mengonlinekan website. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan artikel berikut ini.

Perbedaan Hosting dan Domain

Hosting adalah tanah tempat kamu membangun rumah, sedangkan nama domain ibarat alamat lengkap rumah Kamu. Di sini, rumah kamu yaitu situs yang nantinya akan di kunjungi oleh orang-orang. Nah, dengan domain dan hosting, Kamu pun bisa membangun website.Cukup mudah kan untuk memahami perbedaan hosting dan domain? Apabila masih ingin mencari tahu lebih lanjut, berikut ini kami uraikan pengertiannya masing-masing.

Layanan website hosting sangat mungkin bagi kamu untuk memublikasikan website ke Internet. Penyedia situs hosting menyimpan data situs Kamu di servernya, lalu mengirimkan informasi itu ke website browser pengunjung saat mereka mengetikkan nama domain Kamu ke address bar.

Ada banyak tool mudah bagi pemula, jadi kamu tetap bisa mengelola website meskipun bukan seorang profesional IT. Hampir semua penyedia hosting memberi tambahan customer support, maintenance server, installer otomatis, dan web site builder atau aplikasi pembuat situs untuk memudahkan kamu mengelola website.

Kemudian, sebaiknya kamu juga melakukan riset mendalam terlebih dahulu saat memilih layanan hosting. Di dalam hal ini, ada beberapa faktor yang harus di pertimbangkan di dalam memilih website hosting.

Pertama, layanan hosting harus memiliki layanan customer support yang baik. Mereka juga harus bisa menjamin loading yang cepat, uptime server yang optimal, dan harganya pun tetap terjangkau. Kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari karena Dewabiz memiliki semua ini.

Cara pembelian hosting di Dewabiz juga sangat mudah. Cukup daftar menggunakan email kamu, kemudian pilih paket hosting yang di sediakan. Apalagi, Dewabiz menyediakan jaminan uang kembali di dalam 30 hari apabila kamu tidak senang dengan layanan yang disediakan. Atau, kamu bisa mencoba mendaftar hosting gratis jika masih ragu dengan layanan kami.

Tipe Website Hosting dan Harganya

Setelah mempelajari apa itu hosting, sekarang saatnya mencari tahu lebih jauh tentang tipe website hosting.

Dewabiz menawarkan berbagai paket hosting yang cocok bagi siapapun yang ingin membuat website, baik untuk blog traveling maupun website perusahaan. Berikut ringkasannya:

  • Shared hosting — mulai dari Rp13900 hingga Rp93900, shared hosting adalah hosting bersama dengan untuk beberapa website yang berada di satu server fisik dan juga mempunyai penyimpanan dan resource didalam jumlah eksklusif. Opsi ini adalah yang termurah, dan juga paling cocok untuk web site usaha kecil dan personal.
  • VPS hosting — untuk type hosting ini, seluruh pengguna masih menggunakan server fisik, tetapi mendapatkan ruang server khusus yang berarti situs kamu tidak akan terpengaruh oleh orang lain. Harga hosting VPS murah, mulai dari Rp57900 hingga Rp579900 per bulan.
  • Cloud hosting — hosting ini bekerja sebagai server virtual pribadi yang terdiri dari beberapa server yang berbeda. Kamu akan mendapatkan resource dan alamat IP khusus, dan juga bisa sepenuhnya mengontrol hal-hal berkaitan backend. Range harganya antara Rp150000 hingga Rp1390000 per bulan.
  • WordPress hosting — layanan ini dikhususkan bagi pengguna WordPress. Di sini kamu akan mendapatkan berbagai fitur canggih dan tool optimasi. Dewabiz akan memudahkanmu yang ingin berlangganan hosting WordPress murah, karena harganya mulai dari Rp13900/Bulan saja.
  • Email hosting — Dengan layanan ini, Kamu bisa membuat email menggunakan nama domain (Misalnya, [email protected]). Kami menawarkan paket email bisnis murah mulai dari Rp14.129/Bulan.

Jika baru saja memulai, kami merekomendasikan agar Kamu mencoba shared hosting karena terkelola sepenuhnya dan mudah di gunakan. Kamu tidak harus memahami hal-hal perihal teknisnya karena semua urusan backend akan di kelola oleh team Dewabiz. Selain itu, harga hosting per bulan cukup murah.

Di sisi lain, kecuali kamu sudah mengetahui hal tekhnis dan ingin mengelola server sendiri, VPS atau cloud hosting bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau kamu juga bisa menggunakan layanan hosting server Minecraft di Dewabiz jika ingin membuat server game sendiri. Layanan ini pun menggunakan sistem VPS. Pilihlah hosting sesuai dengan budget dan website yang akan di buat.

Nama Domain dan Pendaftarannya

Nama domain ibarat alamat yang di gunakan untuk menemukan situs kamu di Internet. Orang-Orang menuliskannya di kolom alamat browser untuk membuka website kamu. Sebenarnya, setiap situs dan server di Internet di beri rangkaian angka yang di sebut alamat Ip. Tetapi, karena angka ini sulit di ingat, nama domain pun selanjutannya di ciptakan.

Nama domain terdiri dari domain second-level dan top-level (TLD). Domain second-level adalah kata atau frasa pilihan Kamu, sedangkan domain top-level adalah ekstensinya. Misalnya, untuk  google.com, domain second-levelnya adalah google, dan .Com adalah Tld-Nya. Nah, agar bisa mempunyai nama domain, Kamu harus mendaftarkannya ke registrar nama domain, yaitu perusahaan atau organisasi yang menjual dan mengelola pendaftaran nama domain.

Registrar domain ini terdaftar pada suatu organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dan harus melapor kembali ke organisasi itu setiap kali ada pengguna yang membeli domain. Mereka harus mengedit database untuk mengisi informasi berkenaan kepemilikan domain.

Untuk mengecek ketersediaan domain, Kamu bisa menggunakan tool cek domain. Di Dewabiz, tool ini ada gratis dan dapat langsung di akses di situs. Kamu tinggal ketikkan nama domain pada kolom pencarian tool. Setelah itu, akan muncul informasi ketersediaan dan harga domain per tahun dengan beserta pilihan ekstensi lainnya. Jika domain sudah di gunakan, akan ada opsi alternatif untuk nama yang Kamu menginginkan.

Apabila sudah menemukan nama yang diinginkan, cukup klik tambahkan ke cart lalu pilih durasi registrasi. Di Dewabiz, kami menawarkan layanan domain mulai dari satu tahun sampai tiga tahun.

Kesimpulan

Meskipun konsepnya benar-benar berbeda, banyak orang yang masih belum sadar perbedaan domain dengan hosting. Keduanya adalah elemen yang tak terpisahkan didalam membuat website, juga miliki fungsi yang berbeda. Nah, lewat artikel ini, Kamu pun mengetahui perbedaan hosting dan domain beserta definisi, jenis, dan harganya.

Kamu juga mempelajari cara keduanya bekerja sama untuk membuat situs. Selanjutannya, jika masih memiliki pertanyaan seputar hosting dan domain, silakan beri tahu kami di kolom komentar di bawah ini. Semoga dengan penjeasan diatas dapat membantu kamu di daam mengetahui perbedaan hosting dan domain.

Baca Juga